5 Distro Linux Terpopuler dan Terbaik

5 Distro Linux Terpopuler dan Terbaik – Linux merupakan contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka. Linux juga merupakan nama yang diberikan kepada OS(Operating System) Bertipe Unix. Menurut sejarahnya, nama linux diambil dari nama sang pembuatnya, yang diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa linux merupakan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka, kode sumber linux dapat dimodifikasi, dan didistribusikan secara bebas oleh siapa saja. Mungkin banyak sudah yang tahu bahwa linux merupakan OS (Operating System) gratis yang boleh dimodifikasi oleh siapa saja, tentunya menjadikan os ini banyak digemari.

Banyak sekali perkembanganya juga, dan tampilanya pun tidak kalah dengan OS berbayar seperti windows.

Berikut Beberapa 5 Distro Linux Terpopuler dan Terbaik :

  • Ubuntu

Siapa yang tidak kenal denga Distro Linux ini. Ubuntu merupakan Distro Linux yang paling populer dan banyak digunakan dan juga paling mudah digunakan untuk pemula.

Mengapa demikian ? Karena mungkin Ubuntu ini dirancang dengan tampilan yang elegan dan modern, dan cara penggunaanya juga mudah. Kalau ada masalah tentang Distro Linux ini tinggal pergi ke forum Ubuntu, dan masalah dapat segera terselesaikan.

  • Linux Mint

Distro Linux  Terpopuler dan Terbaik selanjutnya yakni Linux Mint adalah Distro Linux yang merupakan suatu distribusi Linux berbasis Debian dan Ubuntu. Dan mengapa Distro Linux ini menjadi populer ? Karena pada distro linux ini, banyak dukungan terhadap kebutuhan multimedia yang mumpuni, serta tampilan dekstop yang modern dan mudah digunakan. Aplikasi yang dapat dijalankan di Ubuntu, bisa dijalankan di Linux Mint, karena inti dari Linux Mint adalah Ubuntu

  • Arch Linux

Arch adalah distribusi Linux untuk komputer i686 dan x84_64 yang didesain untuk menjadi ringan dan juga sederhana. Arch Linux ini juga merupakan distribusi linux berbasis binary. Untuk pemula, sebaiknya gunakan dulu OS yang sebelum Arch Linux yang sudah saya jelaskan diatas.

Mengapa ? Karena Arch Linux ini bukan untuk pemula, dan hanya bagi Linuxer yang ingin tahu seperti apa sebuah OS bekerja. Arch linux juga mengeluarkan dan menawarkan keterbukaan, modifikasi penuh, Distro Linux yang ringan dan cepat, dan banyak digemari dan sangat populer.

  • Fedora

Distro Linux Terpopuler dan Terbaik selanjutnya yaitu Fedora. Nama sebelumnya dari Distro Linux ini bernama Fedora Core, kadang kadang disebut dengan Fedora Linux. Fedora merupakan distro linux yang berbasis RPM, dan YUM yang dikembangkan oleh Fedora Project.

Serta didukung oleh komunitas pemrograman dan juga disponsori oleh REDHAT. Namun sayangnya, Fedora Linux sudah tidak gratis lagi. Bisa disebut Fedora Linux ini merupakan titisan dari REDHAT linux, dan diciptakan untuk menutupi kerinduan para Linuxer pada REDHAT.

  • Kali Linux

Terakhir, yaitu Kali Linux. Kali linux adalah distribusi dari Linux Debian yang diturunkan dan dirancang untuk keperluan digital forensik dan pengujian penetrasi hacking dan sebagainya. Tak hayal Distro linux ini menjadi paling populer untuk para komunitas undergroung atau biasa disebut dengan hacker.

Kali linux sendiri dikelola dan didanai Oleh Offensive Security Ltd, Mati Aharoni, Devon Kearns, dan Raphael Hertzog merupakan pengembang intinya. Kali linux juga seperti Arch Linux, tidak dianjurkan untuk pengguna baru kali linux.

Baca Juga Beberapa Tema Windows Keren Untuk PC dan Laptop Sobat.

Mungkin itu saja tentang 5 Distro Linux Terpopuler Dan Terbaik pada saat ini. Dan masih banyak lagi Distro Linux, tidak hanya 5 namun ada puluhan, bahkan ratusan.

Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda.

5 Comments

  1. Dayat GoogleUser Juli 13, 2017
  2. Dedi Kurniawan Juli 14, 2017
  3. banyubiru Juli 14, 2017
  4. Reza Haris Juli 14, 2017
  5. farhani nassrullah Juli 14, 2017

Add Comment

UA-101858990-1
error: Content is protected !!