√ Cara Kerja BIOS Lengkap : Pengertian Dan Cara Kerjanya

Kayeols

cara kerja BIOS

Cara Kerja BIOS Lengkap : Pengertian Dan Cara Kerjanya – Seseorang yang sudah kenal komputer atau laptop, pastinya sudah sering mendengar istilah BIOS. Namun mungkin hanya sekilas saja dan banyak orang awam mengetahui bahwa BIOS sendiri adalah suatu sistem yang ada di komputer ataupun laptop.

Biar lebih lurus lagi mengetahui tentang apa itu BIOS?, maka disini akan dijelaskan lagi biar lebih gamblang.

A. Apa Itu BIOS?

BIOS

Jadi begini teman-teman, BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System, yang merupakan suatu software yang berfungsi untuk mengatur fungsi dasarannya pada suatu perangkat keras pada komputer ataupun laptop. Jadi perkiraan anda mengenai apa itu bios, sudah lumayan tepat karena memang pada dasarnya melakukan pengaturan pada sistem komputer/laptop.

Setelah mengetahui apa itu bios, tak lupa juga kita harus mengetahui tentang manfaat dari bios. Kira kira apa saja sih manfaat dari bios itu? berikut lebih jelasnya silahkan simak di bawah ini.

B. Manfaat Bios Yang Perlu Kalian Ketahui

  1. Mampu mengenali hardware yang terplugin pada PC/Komputer.
  2. Mampu mengeksekusi MBR , MBR sendiri kepanjangan dari Master Boot Record. Dimana ini memiliki fungsi sebagai alat pemanggil sistem operasi yang mengoperasikannya.
  3. Berikutya bios juga bisa membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses setting perangkat keras dengan menggunakan bios Run Time Services.
  4. Bisa mensetting konfigurasi dasaran yang terdapat pada komputer/laptop.
  5. dan masih banyak lagi.

Bagaimana, peranannya penting sekali bukan?, terutama dalam input ataupun output pada pengaturan komputer. Sampai disini mungkin masih sudah paham?, semoga paham ya, hehehe.

Selanjutnya, kira kira bagaimana sih cara kerja dari bios itu sendiri?, gimana sih pengoperasiannya dan sebagainya. Maka biar lebih jelas dan mudah dipahami saya akan memberikan gambarannya saja mengenai cara kerja bios.

Baca Juga :

C. Cara Kerja

Oke langsung saja kita mulai bahas secara seksama, mulai dari proses inisialisasi dan dalam proses tersebut kita bisa mengetahui secara detail mengenai informasi memory yang terinstal pada suatu perangkat.

Bahkan sampai-sampai dari jenis hardisk beserta kapasitasnya pun juga kita bisa mengetahui dengan lengkap. Berikutnya BIOS juga akan mencari, menginialisasi serta menampilkan berbagai informasi penting lainnya dari kartu grafik.

Setelah itu, BIOS akan mengecek device rom lain seperti hardisk dan bahkan juga bisa melakukan pengetesan RAM dengan sistem memory count up test. Apabila semua komponen telah sukses dilaksanakan, berikutnya Bios akan mencari lokasi booting device beserta OSnya atau kita kenal dengan operasi sistem. Seperti windows, linux, dan sebagainya.

Mungkin anda banyak juga yang bertanya-tanya kira kira masuk bios di pc atau di laptop itu bagaimana sih?, itu semua tergantung bios yang digunakan pada laptop. Karena jenis BIOS sangat bervariasi pada berbagai jenis laptop. Ada yang tekan f1 hingga f12, dan bahkan ada juga yang menekan tombol keyboard escape. Setiap bios juga terkadang memiliki tampilan yang berbeda-beda pula.

Jadi itulah yang dimaksud dengan BIOS , semoga saja sudah paham ya. Intinya bios ini memiliki manfaat yang begitu besar terutama pada saat ada troubleshooting ataupun masalah yang muncul pada sistem dasar pc, selain itu juga bisa mengkonfigurasi sistem lainnya dengan bios ini.

Dengan demikian pengguna pun akan begitu terbantu dengan adanya BIOS tersebut. Untuk jenis-jenis BIOS, mungkin anda ingin tahu juga jenis-jenisnya?, berikut daftarnya.

D. Komponen – Komponen BIOS

Ada beberapa komponen penting agar BIOS ini dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Berikut beberapa komponen tersebut :

  • Program BIOS Setup : Adalah sebuah program yang berfungsi untuk mengubah konfigurasi suatu komputer sesuai dengan keinginan pengguna. Contohnya misal : tipe hardisk, manajemen daya, disk drive, dan lain sebagainya.
  • Driver : Ini merupakan sebuah software yang berfungsi sebagai suatu perantara antara komputer dengan hardware supaya hardware tersebut bisa digunakan. Contohnya seperti : VGA, input device, processor, serta perangkat lainnya yang masih keluarga dari DOS.
  • Program Bootstraper Utama : Merupakan suatu program yang berfungsi untuk menjalankan proses booting ke dalam sistem operasi yang sudah diinstal sebelumnya

E. Jenis – Jenis Bios

jenis jenis BIOS

  1. Award Bios
  2. Phoenix Bios
  3. American Megatrends Incorporated (AMI BIOS) dan AMIWIN BIOS
  4. Microids Research

Jadi itulah pengertian BIOS, Cara kerja, manfaat dan jenis jenisnya. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, apabila ada kesalahan dan tambahan, anda bisa menambahkannya pada kolom komentar yang ada di akhir artikel. Sekian dan terima kasih.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.