Apa itu VPN? Berikut Pengertian dan Semua Tentang VPN

Kayeols

apa itu vpn?

Apa itu VPN? Berikut Pengertian dan Semua Tentang VPN – Banyak orang berbicara mengenai VPN, mulai dari penggunaan vpn untuk internetan gratis, memblokir situs web tertentu yang diblokir. Namun mereka belum tau apa pengertian VPN sebenarnya.

Tidak begitu banyak orang yang memahami pengertiannya secara jelas dan hanya berniat menggunakannya tanpa ingin memahaminya. Teknologi ini hampir sama dengan SSH, karena bisa berfungsi untuk internetan gratis dan membuka situs web tertentu yang terblokir. Lalu apa sebenarnya VPN itu?.

A. Apa itu VPN?

what is vpn

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network dan merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi (private) melalui jaringan internet (public). Maka dari itu, jaringan ini hanya bisa diakses oleh orang tertentu saja.

Hampir sama dengan SSH dan SSL, proses pengiriman data melalui teknologi ini terenkripsi dengan cukup aman sehingga rahasia yang terkirim akan tetap aman meskipun dikirimkan melalui jaringan umum, yakni dengan menggunakan internet.

B. Fungsi

1. Menjaga Kerahasiaan Data (Confidential)

Meskipun menggunakan jaringan internet umum, melalui teknologi ini kerahasiaan data yang terkirim akan menjadi lebih aman karena vpn bekerja untuk mengenkripsi semua data yang lewat. Dengan adanya enkripsi vpn, anda tidak perlu khawatir mengirimkan data kemana saja dan ke siapa saja.

Meskipun jika suatu saat ada yang bisa menyadap data yang ada dalam Virtual Private Network, namun mereka tidak bisa begitu saja menemukan kode tersebut karena kode tersebut sudah teracak. Jika sudah demikian akan sulit bagi seseorang untuk mengetahui informasi yang terkirim dengan mudah.

2. Keutuhan Data (Integrity)

Ketika data dikirimkan ke pusat server, data tersebut melalui jarak yang sangat jauh hingga melewati beberapa negara. Saat perjalanan tersebut, data mungkin mengalami kerusakan, ada yang hilang, atau dimanipulasi oleh orang lain.

Dengan menggunakan teknologi ini, data yang kita kirim akan terjamin keutuhannya. Karena pada teknologi ini ada sebuah sistem yang menjaga keutuhan data mulai dari saat kita kirimkan hingga data tersebut sampai di tempat tujuan. Pada website, anda bisa menggunakan SSL untuk menjaga keamanan data.

3. Sumber Autentifikasi (Origin Authentication)

Teknologi ini memungkingkan data yang kita kirimkan akan mengalami proses pemeriksaan data beserta isinya. Jika proses autentikasi berhasil, maka alamat sumber data akan disetujui.

Dengan adanya hal tersebut, teknologi ini menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumber yang benar. Dengan demikian tidak ada data yang dipalsukan oleh pihak lain.

C. Jenis-Jenis VPN

1. PPTP VPN

PPTP VPN adalah sebuah teknologi jaringan yang merupakan terusan dari remote access point to point dan dikeluarkan oleh pihak IEFTF (Internet Engineering Task Force). Teknologi ini juga merupakan PPP yang bekerja dengan mengubah IP yang ditransmisikan melewati internet.

2. L2TP VPN

L2TP merupakan kepanjangan dari Layer 2 Tunneling Protocol yang berfungsi untuk mengatasi masalah protocol tunneling yang berfungsi untuk pengkapsulan terhadap frame protocol PPP (Point to Point Protocol). Setelah itu protocol tunneling akan ditransmisikan melalui jaringan TCP/IP.

3. IPSec

IPSec merupakan kepanjangan dari IP Security dan merupakan sebuah jaringan protokol yang berfungsi untuk melakukan enkripsi dan integritas data pada lapisan kedua DARPA Reference Model atau Internetwork Layer.

D. Cara Kerja VPN

  • Virtual Private Network mendukung banyak protokol jaringan seperti IPSec, L2TP, PPTP dan SOCKS. Protokol ini membantu VPN untuk memproses autentikasi.
  • Virtual Private Network klien akan membuat sambungan dan mengidentifikasi orang-orang yang diberi wewenang di jaringan.
  • Jaringan VPN juga di enkripsi untuk meningkatkan fitur keamanan. Virtual Private Network cenderung tidak terlihat pada jaringan yang lebih besar.

E. Kelebihan dan Kekurangan

Setelah mengetahui apa itu vpn, fungsi, jenis, hingga cara kerjanya, selajutnya yakni kelebihan dan kekurangannya. Semoga dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan vpn, anda bisa lebih bijak menggunakannya.

1. Kelebihan Virtual Private Network

  • Solusi untuk menekan biaya organisasi bisnis besar dan fasilitas jaringan khusus.
  • VPN dapat kita gunakan untuk internetan gratis. Ngomong-ngomong internet gratis, berikut cara internetan gratis melalui beberapa pilihan.
  • Meningkatkan mobilitas organisasi dengan cara menghubungkan jaringan ke rumah para pekerja di organisasi tersebut.
  • Fitur keamanan dapat kita sesuaikan atau kustomisasi.

2. Kekurangan Virtual Private Network

  • Dengan menyediakan akses ke pegawai secara global, maka faktor keamanan tersebut memiliki resiko tersendiri. Karena informasi sensitif perusahaan yang sifatnya pribadi berpeluang diketahui pihak-pihak tidak dikenal.
  • VPN membutuhkan perhatian ekstra untuk penetapan sistem keamanan yang jelas.

F. Manfaat Virtual Private Network

1. Remote Access

Dengan menggunakan Virtual Private Network, kita bisa mengakses komputer atau jaringan pada perkantoran dimanapun dan kapanpun selama kita mengakses jaringan internet atau publik.

2. Keamanan

Selama menggunakan vpn, kita akan aman-aman saja saat mengakses internet untuk mencari hal-hal yang bersifat pribadi. Anda bebas mencari hal apapun pada saat anda terhubung ke internet dan menggunakan akses Virtual Private Network.

3. Menghemat Biaya Setup Jaringan

Virtual Private Network merupakan salah satu alternatif yang bisa kita gunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah bahkan gratis.

Itulah ulasan lengkap mengenai apa itu vpn, fungsi, kelebihan, kekurangan, manfaat serta cara kerjanya. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenai lebih jauh tentang Virtual Private Network. Sekian artikel ini, terima kasih atas kunjungannya.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.