Apa itu MOD APK?, Kelebihan, Kekurangan, dan Bahaya

Apa itu MOD APK?, Kelebihan, Kekurangan, dan Bahaya – MOD Apk, kata ini memang tidak asing di telinga pengguna Android, terutama yang suka download aplikasi di luar google play store.

Meskipun banyak orang yang mendownload APK MOD, namun tidak semua orang mengetahui secara jelas apa itu, kelebihan, kekurangan, dan bahaya penggunaannya.

Pada artikel kali ini akan saya jelaskan pengertian MOD Apk, kelebihan, kekurangan, dan bahaya. Langsung saja simak artikel di bawah ini!.

A. Apa itu MOD APK

MOD APK adalah Modifikasi App, atau aplikasi modifikasi, yang awalnya adalah sebuah aplikasi resmi yang pihak ketiga modifikasi serta kembangkan dengan mengganti fitur-fitur resmi menjadi fitur-fitur lain yang developer pihak ketiga inginkan.

Bahkan beberapa aplikasi berbayar bisa diubah menjadi aplikasi MOD dengan fitur gratis. Modifikasi aplikasi tersebut berupa pengubahan beberapa file sistemnya seperti menambah, maupun mengurangi file sehingga menghasilkan versi berbeda daripada aplikasi resminya.

MOD APK terdiri dari dua macam, pertama MOD APK yang mengalami sedikit modifikasi seperti membypass limit/trial sehingga bisa kita gunakan secara terus menerus, dan yang kedua adalah aplikasi yang mengalami perubahan besar-besaran baik dari segi desain/tampilan.

Baca Juga :

B. Kelebihan

  • Gratis : Tentu saja aplikasi modifikasi ini bisa kita unduh gratis di situs-situs download mod apk. Bahkan aplikasi/game yang seharusnya gratis bisa kita dapatkan dengan mudah.
  • Fitur Lebih Lengkap dan Keren : Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa aplikasi mod memiliki fitur yang lebih lengkap, seperti contoh pada aplikasi resmi mungkin saja fiturnya berbayar, namun pada aplikasi mod, fitur-fitur tersebut bisa menjadi gratis.
  • Memiliki Resource Unlimited : Hal ini biasanya terdapat pada game, seperti contohnya pada aplikasi resmi, resource yang ada terbatas, dan kita harus melakukan pembelian untuk resource lebih, sedangkan untuk mod apk, biasanya kita mendapati unlimited resource seperti uang yang tidak terhingga.

C. Kelemahan/Bahaya

mod

  • Bukan Sumber Resmi : Karena sudah diutak atik oleh pihak ketiga, maka aplikasi mod memiliki sumber yang tidak resmi.
  • Tidak Bisa Diupdate Melalui Play Store : Kebanyakan aplikasi modif tidak bisa kita unduh melalui play store. Karena versi aplikasi sudah berubah dan tidak resmi.
  • Merugikan Developer Asli : Tentu saja merugikan developer asli, karena jika pada aplikasi resmi terdapat fitur berbayar, mungkin saja fitur tersebut bisa kita akses melalui aplikasi MOD. Yang lebih parah lagi contohnya iklan, bisa saja iklan resmi dari developer dihapus dan dipasang iklan lain dari pihak ketiga.
  • Tidak Mempunyai Garansi : Ketika ada masalah pada aplikasi MOD, anda tidak bisa mengadu pada developer resmi, karena aplikasinya juga sudah bukan resmi dan sudah berubah.
  • Rentan Disisipi Virus dan Malware : Untuk yang satu ini tergantung keperluan dari developer pihak ketiga. Jika developer ingin memasukkan virus dan malware sangat mungkin. Jadi kita sebagai pengunduh aplikasi modifikasi bisa mengakalinya dengan mengunduhnya pada situs-situs terpercaya.
  • Resiko Banned Google : Kenapa bisa mendapatkan banned dari google?, karena aplikasi yang kita gunakan bukan aplikasi resmi dan membahayakan. Ketika google sudah melakukan banned, maka anda tidak bisa mengakses seluruh fitur-fitur yang ada di ponsel android.
  • Resiko Kehilangan Banyak Data Penting : Berpikirlah kembali untuk menginstal aplikasi MOD ketika di ponsel anda terdapat M banking, internet banking, atau dokumen lainnya. Karena ada kemungkinan data-data di ponsel tersebut bisa diretas.

Setelah membaca apa itu mod apk, kelebihan, dan kelemahannya, pasti anda bisa menyimpulkan untuk menginstalnya atau tidak.

Untuk saya pribadi, saya tetap akan menggunakan mod apk pada ponsel lain yang tidak terdapat informasi penting seperti internet banking ataupun m banking, dan dokumen penting lainnya.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *