oleh

6 Bahaya Sering Begadang Yang Wajib Anda Ketahui Sejak Dini

6 Bahaya Sering Begadang Yang Wajib Anda Ketahui Sejak Dini – Pada umunya sendiri manusia membutuhkan waktu tidur kurang lebih 8 jam agar mendapatkan istirahat yang pas dan tidak kurang. Namun kenyataannya saat ini banyak sekali yang kurang mencukupi waktu tidurnya, dan kebanyakan jam tidur berantakan. Hal tersebut dikarenakan berbagai macam hal kenapa waktu tidur tidak sesuai dengan kebutuhan. Salah satu penyebab kenapa seseorang jam tidur tidak kecukupan yakni begadang.

Banyak sekali orang-orang luar di sana melakukan aktivitas begadang. Padahal begadang sendiri merupakan kegiatan seseorang menjaga agar tidak tidur hingga larut malam bahkan pagi. Biasanya seringkali begadang ini dilakukan oleh para mahasiswa, bapak-bapak, dan masih banyak lainnya. Entah itu ronda, mengejar deadline, menyelesaikan tugas, ataupun proyek lainnya.

Yah jika dilihat-lihat begadang untuk sebagian orang memang wajar, karena itu sudah kebiasaan dan mungkin hampir setiap hari dilakukan. Dampak begadang pun cukup banyak, seperti mudah lemas, sering ngantuk, dan sering kali kurang fit. Namun perlu anda ketahui bahwa terdapat bahaya yang mengincar kepada seseorang yang sering begadang.

Bagaimana kira-kira ingin tahu tidak?, apa saja sih bahaya begadang?, jika ingin tahu maka silahkan simak saja uraian di bawah ini mengenai bahaya begadang yang perlu anda ketahui langsung.

Bahaya Sering Begadang Yang Perlu Anda Ketahui

1. Muka Pucat dan Terdapat Lingkaran Hitam Di Bawah Mata

mata panda kurang tidur

Dampak negatif pertama yang perlu anda ketahui apabila anda sering begadang yakni muka akan nampak lebih pucat serta tidak fresh. Selain itu jika sudah terlalu sering kemungkinan besar akan muncul lingkaran hitam di bawah mata.

Hal itu seringkali kita temui, mungkin diantara teman-teman anda ada yang sering begadang, dan coba perhatikan bagian bawah bola mata, pasti ada kaya hitam-hitam seperti itu.

2. Bahaya Sering Begadang Yakni Daya Tahan Tubuh Menurun

Bahaya terlalu sering begadang berikutnya yaitu dapat membuat daya tahan tubuh anda menurun. Apabila daya tahan tubuh sudah menurun maka secara otomatis anda mudah terkena suatu penyakit.

Coba bayangkan saja, jika pada umumnya manusia tidur 8 jam,  akan tetapi mungkin anda sering begadang, serta tidur saja cuma 1 jam seharinya. Secara otomatis waktu tidur ataupun istirahat jelas kurang. Dan pada akhirnya daya tahan tubuh menurun.

3. Pusing dan Susah Konsentrasi

susah konsentrasi

Dampak negatif yang paling menyebalkan ketika sering begadang yakni anda akan sering merasakan pusing serta susah dalam konsentrasi. Entah itu dalam memperhatikan suatu pembelajaran ataupun penjelasan dari perkataan orang akan susah dicerna. Hal tersebut dikarenakan tubuh kita kurang istirahat ataupun kurang tidur.

Baca Juga :

4. Bahaya Sering Begadang Yakni Stress dan Depresi

Apabila anda benar benar kurang tidur, maka tak jarang anda bisa mengalami gangguan aspek psikologis anda tersebut. Seperti stess dan depresi, tersebut tentu saja tidak baik dalam kesehatan. Maka dari itu anda harus kurangi jam begadangnya.

5. Terkena Penyakit Insomnia

insomnia

Bisa dibilang ini merupakan penyakit yang sering dialami oleh anak anak muda jaman sekarang ini. Insomnia secara gamblangnya saat ini disebut-sebut sebagai suatu penyakit dimana seseorang akan mengalami susah tidur. Pada akhirnya begadang terus, bahkan sampai 3 hari 4 hari tidak bisa tidur. Tentu saja jika sudah seperti ini sangat bahaya sekali bagi kesehatan.

6. Alzheimer

Dampak negatif ketika anda sering begadang yakni berikutnya adalah dapat memicu munculnya penyakit alzheimer. Mungkin diantara anda ada yang tahu apa itu alzheimer?, dimana penyakit ini secara sederhananya, penyakit mudah lupa.

Eits memang pada umumnya semua manusia bisa lupa, namun berbeda untuk yang satu ini. Dimana anda dapat mudah sekali untuk lupa. Begadang merupakan salah satu faktor yang dapat memunculkan penyakit alzheimer ini.

Jadi itulah keenam bahaya sering begadang, jadi untuk anda yang sering banget begadang mulai saat ini harus dikurangi ya, mengingat bahaya sekali untuk kesehatan jika keseringan begadang. Semoga bermanfaat untuk anda semua, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *