27+ Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula Yang Menguntungkan Modal Kecil

27+ Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula Yang Menguntungkan Modal Kecil – Pada umumnya mereka para mahasiswa/mahasiswi tidak dianjurkan bekerja, karena mereka diwajibkan untuk mendalami bidang studi mereka agar nanti mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang mereka ambil.

Namun banyak sekali mahasiswa/mahasiswi yang melakukan kerja sampingan untuk membiayai kuliah mereka dikarenakan faktor materi yang tidak mencukupi. Mereka biasanya melakukan kerja diluar jam kuliah, seperti bekerja sebelum atau sesudah kuliah.

Bahkan ada dari mereka yang bekerja di kampus seperti berjualan kue atau pulsa elektronik. Memang hidup di jaman sekarang susah-susah gampang. Bagi orang yang ber uang mungkin hidup terasa mudah, namun bagi mereka yang kekurangan pasti susah ya. Memang jalan hidup tiap orang berbeda.

Disini saya akan mengulas beberapa solusi bisnis bagi anda mahasiswa dan mahasiswi yang ingin menghasilkan uang untuk membiayai kuliah ataupun hanya untuk uang jajan. Dari sekian banyak poin, pilihlah poin yang tepat dengan spesialis anda, langsung saja berikut daftarnya.

Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan

1. Jual Pulsa Elektrik & Paket Data

Menurut saya dengan menjual pulsa elektrik dan paket data merupakan jenis usaha terbaik yang bisa dilakukan mahasiswa dan mahasiswi. Banyak sekali kelebihan yang didapatkan dari berjualan pulsa dan paket data apalagi di tempat keramaian. Lumayan kan sambil belajar berbisnis untuk bekal esok hari.

Kelebihan yang didapatkan yakni sekarang ini handphone android, iphone, ataupun lainnya pasti membutuhkan paket data, selain itu terkadang juga ada yang mencari pulsa meskipun jarang. Hanya berbekal handphone dan saldo pulsa serta saldo paketan, anda para mahasiswa dan mahasiswi sudah dapat berbisnis.

2. Bisnis Les Privat

les privat

Untuk les privat sendiri mungkin bisa dilakukan pada waktu luang sebelum atau sesudah kuliah. Anda bisa mengajar anak smp dan sma jika anda mampu, namun jika anda kewalahan mungkin anda bisa mengajari anak sd. Semakin banyak murid yang anda peroleh maka semakin banyak pula peluang pendapatan anda.

Berikan jadwal sendiri untuk anak sd, smp, dan sma. Jangan dijadikan satu karena anda sendiri yang akan repot nantinya. Jika anda tidak bisa mengulang banyak murid karena jadwal kuliah dan aktivitas anda yang padat, lebih baik mengajar beberapa saja.

3. Jualan Kue

Berjualan kue merupakan salah satu jenis bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Anda bisa mulai berjualan kue yang bisa anda buat, seiring berjalannya waktu coba buat kue yang lebih baik dan lebih enak daripada yang sebelumnya. Hari pertama, bawa kue secukupnya saja. Jika banyak yang membeli, bawa lebih banyak esoknya.

Jenis kue yang bisa anda jual bisa bermacam-macam, contohnya yang paling laris yakni gorengan. Untuk membuat gorengan cukup mudah meskipun bagi pemula, anda bisa membuat gorengan seperti ote-ote, tahu isi, pisang goreng, tahu bulat, dan masih banyak lagi.

4. Jual Beli Barang Bekas

Mungkin anda bisa memulai bisnis untuk mahasiswa yang satu ini dengan menjual barang bekas milik anda yang sudah tidak terpakai, seperti sepatu sd, buku pelajaran kurikulum lama yang masih bagus, baju yang sudah tidak terpakai dan masih banyak lagi. Anda bisa menjualnya melalui facebook ataupun toko online.

Akan lebih baik jika anda menjual barang bekas elektronik seperti handphone, laptop, mesin cuci, dan tv bekas. Harga barang bekas elektronik terbilang lebih mahal daripada barang seperti sepatu, buku, ataupun baju. Saya sarankan anda menjualnya melalui media sosial facebook.

5. Menjadi Penulis Web (Freelance Writer)

penulis online

Jika anda pintar menulis dan mengerti dunia web/blog, tidak ada salahnya mencoba jenis usaha ini. Bisnis ini merupakan bisnis yang menjanjikan belakangan ini, promosikan diri anda melalui beberapa grup facebook seperti grup blogger indonesia dan grub google+.

Untuk memulai bisnis ini, anda hanya diwajibkan memiliki laptop/komputer sebagai modal mengetik. Mengetik menggunakan handphone bisa saja namun lebih sulit untuk menyempurnakannya. Selain itu anda juga harus memiliki skill seo, belum kenal seo?. Berikut pengertian lengkap SEO.

6. Jasa Penerjemah

Peluang usaha ini mungkin cocok bagi anda yang pandai menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa lain. Dari yang pernah dilihat di tv atau di youtube, mereka para penerjemah profesional bisa menerjemahkan satu jenis bahasa ke 5 bahasa yang berbeda. Hebat sekali bukan?.

Apalagi jika bidang studi kuliah anda adalah bahasa inggris, pastinya peluang bagi anda mengambil jenis bisnis ini sangat besar. Sudah diketahui sendiri bahasa inggris adalah bahasa internasional yang digunakan hampir seluruh masyarakat dunia untuk berinteraksi dan berkomunikasi.

7. Jasa Ojek Online

Ojek dan taksi online sekarang ini merupakan jenis transportasi yang mudah, cepat, dan praktis. Semua orang bisa melakukan usaha ini tidak terkecuali bagi anda para mahasiswa. Anda bisa mengambil usaha ini diluar jam kuliah, seperti sebelum atau sesudah kuliah.

Hanya berbekal sepeda motor, handphone, paket data, dan identitas pengenal anda sudah bisa memulai usaha ini. Terlebih lagi jika anda memiliki pelanggan setia yang selalu menggunakan jasa anda, pastinya penghasilan anda akan meroket.

8. Dropshipper (Affiliasi)

Bisnis untuk mahasiswa yang satu ini merupakan bisnis favorit saya, dan mungkin favorit anda semua. Menjadi dropshipper itu sangat mudah, anda tidak perlu memiliki/membeli produk untuk dijual. Peran anda disini hanya sebagai perantara, anda hanya berkewajiban menjual produk milik orang lain.

Nah, dari penjualan barang tersebut anda akan mendapatkan komisi (imbalan) yang sudah disetujui dengan pemilik produk. Tidak ada kerugian yang akan anda peroleh dengan menjadi dropshipper, karena barang tersebut bukan milik anda. Ikuti banyak affiliasi untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi.

9. Jualan Produk Kecantikan & Fashion

fashion product

Dilansir dari beberapa sumber, produk fashion merupakan produk paling laris terjual nomor 1, tepat di bawahnya ada produk gadget (handphone, tablet, komputer, laptop). Dengan menggeluti bisnis ini, anda para mahasiswa bisa mendapatkan banyak penghasilan yang bisa digunakan membayar kuliah beberapa semester ke depan.

Produk fashion yang paling banyak terjual seperti tas, hijab, jam tangan, ikat pinggang, parfum, produk kecantikan dan masih banyak lagi. Untuk mahasiswi cocok sekali menggeluti usaha ini, anda bisa membeli produk sendiri ataupun menjual barang milik orang lain dengan sistem dropshipper.

10. Menjadi Blogger Atau Youtuber

Mungkin yang satu ini sudah pernah anda dengar pada artikel saya yang lama, namun saya terangkan lagi jika menjadi youtuber dan blogger merupakan salah satu jenis usaha yang menjanjikan untuk waktu yang lama dan bisa anda wariskan ke anak cucu.

Menjadi blogger atau youtube memang butuh perjuangan pada awalnya, namun jika blog atau channel youtube anda sudah besar, maka gaji pegawai negeri pun bisa kalah jauh dengan penghasilan kalian yang menjadi blogger atau youtuber.

Baca juga peluang usaha online yang menguntungkan dan terpercaya.

Selain 10 bisnis untuk mahasiswa pemula yang sudah saya jelaskan panjang lebar diatas, masih ada banyak sekali usaha/bisnis yang bisa anda lakukan setelah/sebelum anda kuliah. Berikut beberapa bisnis yang cocok untu mahasiswa :

  1. Bisnis online shop.
  2. Membuka jasa pengetikan dan print.
  3. Membuka bimbingan belajar (bimbel).
  4. Jasa servis barang elektronik.
  5. Menjadi montir di bengkel.
  6. Jasa pengiriman barang (kurir).
  7. Jasa desain grafis.
  8. Jasa fotografer.
  9. Menjual kerajinan tangan.
  10. Menjadi penyanyi kafe.
  11. Menjadi desainer web.
  12. Mengikuti berbagai affiliasi.
  13. Jasa event organizer.
  14. Jasa fotocopy.
  15. Menjual jus buah dan sayuran.
  16. Bisnis laundry.
  17. Membuka salon potong rambut.
  18. Dan masih banyak lagi

Mungkin itulah beberapa bisnis untuk mahasiswa dan mahasiswi dan bisa digunakan mengatasi solusi permasalahan keuangan anda, selain itu anda juga bisa mencobanya sebagai tahap untuk belajar berbisnis dari usia muda agar tidak kaget ketika memasuki dunia bisnis yang sebenarnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua para mahasiswa dan mahasiswi, dan semoga ada salah satu daftar bisnis diatas yang cocok dengan selera anda. Sekian, terima kasih atas kunjungannya. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, anda bisa memasukkan komentar di akhir postingan.

Related Posts

About The Author

Add Comment

error: Content is protected !!