oleh

Buah Penurun Darah Tinggi Dan Kolesterol Yang Bisa Anda Konsumsi

Buah Penurun Darah Tinggi Dan Kolesterol Yang Bisa Anda Konsumsi – Tubuh yang tidak dijaga dengan baik, akan mudah diserang berbagai permasalahan. Jika masalah atau penyakit tersebut dibiarkan, bisa menyebabkan hal – hal yang lebih berbahaya bahkan mengancam nyawa.

Ada banyak masalah tubuh yang bisa hinggap seperti tekanan darah tinggi dan tingginya kadar kolesterol dalam darah. Kedua jenis masalah tubuh ini sebenarnya bisa ditangani dengan makanan alami seperti buah – buahan. Dan kali ini kita akan membahas buah penurun darah tinggi dan kolesterol.

Darah tinggi adalah sebuah kondisi di mana darah dalam tubuh memiliki tekanan yang cukup tinggi. Sehingga membuat kondisi tubuh menjadi tidak stabil dan hasilnya keseimbangan tubuh menjadi berkurang.

Sedangkan kolesterol, sangat berhubungan dengan saluran darah yang bisa baik dan buruk bagi kesehatan. Ada dua jenis kolesterol, ada yang baik dan jahat. Jika kolesterol jahat-lah yang paling banyak, maka bisa berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan nyawa. Kadar kolesterol tinggi bisa memicu datangnya penyakit stroke dan serangan jantung.

Buah Penurun Darah Tinggi Dan Kolesterol

Karena dampak yang diberikan dari kedua kondisi tersebut berbahaya, maka anda harus mengambil tindakan untuk mengurangi kadarnya. Dengan begitu, tubuh bisa kembali terbebas dari kondisi tersebut dan kembali normal lagi.

Tekanan darah tinggi serta kolesterol yang tinggi pula, bila dibiarkan berlarut – larut akan menyebabkan hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, anda harus melakukan cara untuk mengurangi hal tersebut, salah satunya mengkonsumsi buah – buahan. Berikut ini adalah beberapa buah penurun darah tinggi dan kolesterol dengan cepat.

1. Buah Berry

Yang pertama, adalah buah yang tergolong dalam buah berry – berry-an. Buah berry itu ada seperti strawberry, blueberry, blackberry, rasberry dan lainnya. Kadar antioksidan yang cukup tinggi bisa berdampak baik terhadap tekanan darah. Dengan konsumsi buah ini secara teratur, maka tekanan darah anda bisa terpelihara dengan baik.

Sedangkan untuk kolesterol, buah berry bisa membantu mengikat dan melarutkan-nya dari dalam darah. Ini karena, kandungan serat larut air yaitu pektin yang baik membersihkan kolesterol dalam usus halus dan menjaga kadar kolesterol. Bahkan, kolesterol jahat yang sudah larut akan bergantu menjadi kolesterol baik.

Baca Juga : Pengertian Penyakit Kolesterol, Penyebab dan Gejala.

2. Buah Alpukat

alpukat

Selanjutnya datang dari pemilih buah daging berwarna hijau yaitu buah alpukat. Kandungan buah alpukat seperti kalium yang tinggi bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, alpukat juga terkenal dengan buah pemilik lemak paling tinggi. Namun, lemak ini bukan lemak jahat melainkan lemak baik yang baik untuk tubuh.

Lemak ini untuk kadar kolesterol dalam tubuh tidak akan meningkatkan pada kolesterol jenis jahat. Malah akan menurunkan, dan meningkatkan kesehatan jantung dengan menjauhkan dari adanya kolesterol dalam darah. Bila dikonsumsi dengan rutin dan cara yang baik, maka bisa memelihara kesehatan jantung serta mencegah kanker.

3. Buah Penurun Darah Tinggi Dan Kolesterol – Buah Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang begitu tinggi, namun apa hubungannya dengan tekanan darah dan kadar kolesterol?. Ternyata kandungan vitamin tersebut bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan cepat. Dengan bantuan vitamin lain, jeruk terbukti ampuh dalam menangani tekanan darah seperti ini.

Untuk kolesterol, jeruk mengandung banyak serat yang larut dalam air dan ini sangat baik dalam melarutkan kolesterol. Serat – serta jeruk bekerja dengan cara mengikat kolesterol pada usus halus, serta senyawa kimia pada jeruk yaitu limone juga bekerja dengan sistem seperti itu. Dengan rutin mengkonsumsi jeruk ini, anda juga bisa mencegah terjadinya kanker dalam tubuh.

4. Buah Pepaya

pepaya

Buah berwarna merah seperti pepaya, biasanya mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Selain vitamin A, buah pepaya mengandung senyawa potassium atau kalium yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Bahkan kandungan ini bisa dikatakan lebih tinggi dari pada buah penurun darah tinggi seperti melon.

Pada masalah kolesterol, buah pepaya akan memberikan manfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dengan kandungan antioksidan-nya. Plak pada pembuluh, disebabkan karena adanya oksidasi pada bagian kolesterol. Namun, dengan konsumsi pepaya maka vitamin E dan C akan bekerja menghambat proses oksidasi tersebut.

Kelihatannya itulah beberapa buah yang bisa bekerja dan memberikan manfaat langsung 2 untuk tubuh. Tak hanya menurunkan tekanan darah tinggi atau kadar kolesterol saja, namun dengan konsumsi buah di atas anda bisa mendapatkan keduanya secara bersama – sama.

Dengan anda mengkonsumsi buah – buahan di atas secara rutin, anda bisa membantu memelihara kesehatan tubuh. Selain konsumsi buah diatas, anda juga perlu mengkontrol pola makan dan aktivitas yang anda kerjakan. Nah, sekianlah artikel kali ini tentang buah penurun darah tinggi dan kolesterol semoga bisa bermanfaat buat anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *