2 Cara Membuka File ENC Di Android Dengan Mudah & Cepat

2 Cara Membuka File ENC Di Android Dengan Mudah & Cepat – Pada perangkat elektronik seperti laptop dan handphone, setiap file memiliki bentuk file tersendiri – sendiri. Hal ini bisa dilihat dari istilah yang ada di belakangnya menandakan file tersebut jenis file tertentu. Itu timbul ketika kita memilih suatu file ketika proses pembuatan data, sehingga istilah yang ada di belakang nama dokumen bisa berbeda – beda.

Tak hanya dihasilkan pada saat proses pembuatan suatu dokumen saja, pengiriman dengan media tertentu akan menjadikan file tertentu pula. Salah satu yang seperti ini adalah aplikasi komunikasi yang sangat sering kita gunakan yaitu Whatsapp. Aplikasi yang satu ini tidak hanya lagi untuk sekadar mengirim pesan saja, saat ini sudah seperti layanan pengiriman kayak sejenis email.

Cara Membuka File ENC Di Android

Pada aplikasi whatsapp, hasil yang diperoleh setelah melakukan transfer file seringkali dokumen berbentuk ENC. Apa itu ENC?, itu singkatan dari encryption yang berarti file tersebut dienkripsi oleh sistem whatsapp pada saat di kirim. Metode ini digunakan supaya file tersebut aman dari serangan, terutama virus yang sangat berbahaya bagi kesehatan file ataupun handphone.

Untuk bagian membuka file khusus seperti ini tidak bisa sembarang cara digunakan, apabila terjadi maka kita tidak bisa membukanya. Paling tidak kita perlu menggunakan sebuah aplikasi, pada saat kita ingin membukanya di handphone android kita. Dan kali ini kita akan sedikit membahas mengenai cara membuka file ENC di android dengan menggunakan bantuan pihak ketiga.

1. Memakai Converter Online

Salah satu tips yang bisa digunakan adalah mengconvert file tersebut supaya bisa digunakan atau dibuka dengan mudah. Untuk convert kita bisa menggunakan converter online yang memang banyak disediakan di internet dan hanya perlu menggunakannya saja. Ada beberapa situs, dan berikut ini penjelasan mengenai pemakaian layanan tersebut terhadap file berbentuk enkripsi.

  • Buka browser di handphone, pakai browser kesukaan anda
  • Terbuka, akses situs berikut ini extract.me untuk mendapatkan layanan converter
  • Klik pada Pilih File, kemudian pilih file ENC yang akan diconvertextract me
  • Setelah memilih file, kemudian tunggu proses dari convert ini hingga benar – benar selesai
  • Bila sudah selesai, maka kita bisa mendownloadnya kembali dalam bentuk zip

Baca Juga :

2. Melalui Aplikasi Z Archiver

Selain menggunakan situs online di atas, kita masih bisa menggunakan layanan pihak ketiga lainnya yaitu aplikasi yang ada di playstore atau internet. Aplikasi ini berguna untuk mengextract file yang berbentuk ENC ke bentuk file yang mudah di buka. Penggunaan aplikasi ini sangat mudah, langsung saja berikut penjelasan mengenai pemakaian dari aplikasi yang satu ini.

  • Download dan pasang di handphone anda aplikasi Z Archiver tersebutzarchiver
  • Jalankan aplikasi tersebut, untuk digunakan untuk convert file hasil kiriman whatsapp
  • Sekarang pilih file ENC yang kita terima dari kiriman whatsapp
  • Pastikan memilih folder yang memiliki akhiran .ENC
  • Sudah ketemu, ketuk file ENC tersebut baru kita lakukan ekstrak file ENC tersebut
  • Sekarang ini file tersebut sudah bisa kita buka dengan bebas

Sangat mudah bukan untuk membuka file – file hasil kiriman dari aplikasi whatsapp yang terenkripsi oleh sistem mereka. Adanya file ENC yang dihasilkan oleh aplikasi ini, tentu membuat keamanan dari sebuah file dan handphone bisa terjaga. Cobalah tips atau cara membuka file enc di android tersebut, ketika memang ada file berbentuk seperti ini. Sekianlah ulasan kali ini semoga bisa bermanfaat buat kita semuanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Terima kasih banyak gan, artikelnya bermanfaat sekali, kenalkan, saya Muhammad Munandar dari Atma Luhur.
    Jangan lupa Kunjungi website saya atmaluhur,ac,id