2 Cara Memperbaiki Memory Card Yang Tidak Terbaca Sama Sekali

2 Cara Memperbaiki Memory Card Yang Tidak Terbaca Sama Sekali – Penyimpanan merupakan salah satu spesifikasi alat elektronik yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan pembelian. Ruang penyimpanan ini nantinya bisa anda gunakan untuk berbagai hal salah satunya adalah menyimpan data penting entah itu dokumen, foto, video, aplikasi dan lainnya.

Pada perangkat smartphone terdapat dua ruang penyimpanan yang bisa anda temukan yaitu ruang penyimpanan internal dan penyimpanan eksternal. Penyimpanan internal merupakan kapasitas yang bisa ditampung oleh perangkat smartphone yang anda miliki. Biasanya penyimpanan internal memiliki batas maksimum, antara perangkat 1 dengan perangkat lainnya memiliki kapasitas yang berbeda.

Ada perangkat smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan internal yang cukup besar. Namun ada juga perangkat smartphone yang hanya memiliki ruang penyimpanan yang kecil. Jadi, apabila memiliki penyimpanan yang kecil anda perlu memanfaatkan penyimpanan eksternal yaitu dengan menggunakan memory card. Memory card sendiri sudah sering digunakan oleh banyak perangkat elektronik seperti laptop, kamera, gadget dan lainnya.

Cara Memperbaiki Memory Card Yang Tidak Terbaca Sama Sekali

Memory card sendiri merupakan sebuah perangkat yang berfungsi menyimpan data dari mulai dokumen, foto, video dan lainnya. Memory card yang berfungsi sebagai penyimpanan eksternal sangat mudah untuk digunakan bahkan anda bisa memindahkan kartu memory tersebut dari perangkat satu dengan perangkat lainnya. Meskipun mudah dalam penggunaannya, seringkali memory card mengalami masalah atau gangguan.

Ada banyak gangguan yang sering terjadi pada kartu memori salah satunya adalah tidak terbaca oleh perangkat smartphone. Jadi, apabila anda mengalami masalah seperti ini maka anda tidak akan bisa menyimpan data pada memory card. Oleh karena itu, anda memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali agar anda bisa segera menyimpan data milik anda ke memory card tersebut.

Untuk memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali ada beberapa tips yang bisa anda gunakan. Hal ini bisa anda lakukan apabila anda tengah mengalami permasalahan ini, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali. Sudah tidak sabar mengetahui caranya, berikut ulasannya untuk anda.

1. Membersihkan Memory Card

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah membersihkan kartu memori yang ada miliki. Penyebab memory card tidak terbaca bisa disebabkan karena adanya kotoran yang mengganggu, sehingga antara memory dengan perangkat smartphone tidak terhubung dengan baik. Jadi sebelum melakukan cara yang lebih jauh, cara ini bisa anda gunakan terlebih dahulu. Berikut cara memperbaiki memory card dengan membersihkannya.

  1. Keluarkan kartu memori yang bermasalah dari slot memori handphone.
  2. Setelah itu, bersihkan dengan lap atau penghapus warna putih.
  3. Lakukan pembersihan pada lempengan berwarna kuning.kuningan memory card
  4. Apabila sudah bersih silakan pasang kembali, jika sudah dilakukan dengan benar tapi masih tidak terbaca silakan lanjut ke cara selanjutnya.

Baca juga : Cara Memperbaiki Memory Card Termudah & Terlengkap.

2. Memperbaiki dengan PC atau Laptop

Apabila anda sudah melakukan cara di atas, namun tidak berhasil juga sekarang anda bisa memperbaiki dengan bantuan PC atau laptop yang anda punya. Sebelum anda melakukan format pada kartu memori anda, sebaiknya anda melakukan beberapa cara berikut.

  1. Lepas kartu memori dan hubungkan memory card ke pc menggunakan card reader
  2. Apabila sudah terhubung silahkan buka File Explorer.
  3. Klik menu Organize pada pojok kiri atas.
  4. Lalu pilih Folder And Search Options.folder and search options
  5. Klik menu View, kemudian aktifkan cheklist pada Hide Extensions For Known File Types dan Hide Protected Operating System File (Recommended).folder view options
  6. Apabila semua sudah selesai silakan klik Ok.
  7. Kembali ke memori card anda dan hapus semua file yang ada di memori card tersebut.
  8. Setelah itu cabut memori dan pasang kembali ke smartphone anda kemudian coba memori card tersebut, setelah menggunakan cara ini, pastinya memori card anda sudah berhasil dipasang.

Itulah beberapa tahapan cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali. Dengan mengetahui caranya, anda bisa memperbaiki sendiri masalah memory yang tidak terbaca. Anda tidak perlu terburu-buru konter untuk memperbaiki atau menggantinya. Namun, apabila cara di atas tetap tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut, anda bisa membawanya ke konter atau membeli yang baru.

Sekian artikel ini, semoga bisa menambah wawasan anda dan bisa bermanfaat untuk semua orang. Jika ada yang kurang jelas, anda bisa menanyakannya pada kolom komentar di akhir artikel ini. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar