oleh

5 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet 100% Ampuh

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet 100% Ampuh – Salah satu komponen vital dalam laptop adalah baterainya. Dengan adanya baterai berkapasitas tinggi dan terawat dengan baik, maka laptop akan tahan lama dan baterai tidak mudah anjlok. Karena di rancang untuk di gunakan dalam mobilitas tinggi sehingga pengguna harus mengerti cara merawat baterai laptop yang baik dan benar.

Banyak orang yang memainkan laptop secara sembarangan, sehingga seiring bertambahnya hari, daya tahan akan semakin mengurang. Walaupun sekarang telah banyak muncul berbagai merk laptop dengan kasasitas besar, tak menutup kemungkinan akan terjadi hal yang serupa bila orang tersebut menggunakanya laptop over pemakaian.

Salah satu ketika baterai mulai rusak adalah adalah menurunya daya tahan baterai Laptop yang di tandai dengan baterai yang cepat habis. Bahkan, jika dibiarkan secara terus-menerus kemungkinan akan terjadi kebocoran pada baterai laptop Anda.

Sebelum masuk kedalam materi utama kali ini, kami akan memberikan beberapa catatan tentang perkara yang bisa membuat baterai cepat rusak dari kesalahan pengguna sendiri. untuk informasi lengkapnya silahkan cek di bawah ini.

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

A. Hal Buruk Yang Dapat Memicu Baterai Laptop Cepat Rusak

1. Memainkan Laptop bersamaan dengan men-Chargenya

Sebenarnya hal ini adalah perkara yang lumrah dilakukan orang yang suka bermain dengan laptopnya entah untuk  mengerjakan suatu pekerjan atau main game. Tidak hanya laptop saja, orang-orang yang menggunakan smartphone juga suka melakukan hal ini. Hal yang sering dikatakan orang sebagai alasan adalah mereka tidak mau repot kembali mengisi baterai laptop pada saat tidak digunakan.

Padahal jika di telisi dengan benar, dan pengguna coba membaca dari browsing di internet maka hal tersebut akan berdampak pada kapabilitas baterai, dimana umur baterai akan terus menerus berkurang. Selain itu, laptop juga akan cepat panas sehingga kerusakan dapat menjalar hingga di bagian komponenya.

2.Mengisi Baterai Saat Baterai Masih Menyimpan Banyak Daya

cas baterai saat baterai laptop full

Seringkali orang secara sadar men-charger laptopnya di saat baterai masih di atas 50% hal tersebut jika di lakukan keseringan mungkin akan berdampak buruk bagi kesehatan baterai. Karena penurunan nilai baterai akan berbanding lurus dengan jumlah intensitas pengisian ulang.

Pengguna bisa memikirkanya, jika kebanyakan orang menggunakan baterai Lithium pada laptopnya dan baterai tersebut hanya dapat mempertahankan daya hingga 600 kali isi ulang. Maka kalau seseorang men-chargernya melewati batas tersebut akan terjadi penurunan kualitas baterai. Jadi charger saja, kalau memang baterai dalam keadaan sangat rendah bisa di taksir 20% atau 10% kebawah.

3. Meletakkan Laptop di Atas Bahan Empuk

Seperti pada informasi ulasan yang lain, sirkulasi udara di bagian bawah laptop apabila di operasikan di atas bahan lembut, seperti karpet, sofa dan kasur maka bahan tersebut akan menyerap panas. Jika hal tersebut dibiarkan maka hal tersebut akan membebankan pada laptop.

Di mana panas yang di dapat akan bertambah dua kali lipat. Jadi sebagai alternative gunakanlah bahan yang dapat membuang panas seperti keramik atau kayu yang mempunyai bantalan yang berbahan kuat.

Baca Juga :

B. Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet Dengan Baik dan Benar

Setelah pengguna mengetahui hal yang dapat menyebabkan baterai laptop cepat panas, alangkah baiknya kita juga mengetahui bagaimana cara merawat baterai agar tidak cepat down. Untuk informasi lengkapnya silahkan check di bawah ini.

1. Menggunakan Charger Asli

original charger

Hal pertama yang kami bisa sarankan adalah menggunakan charger dengan versi asli atau bawaan laptop. Tidak disarankan untuk menggunakan charger imitasi atau KW. Karena hal tersebut akan mengakibatkan arus listrik menjadi kurang stabil dan cepat merusak baterai.

Jika memang charger asli rusak, carilah dulu orang yang menjual barang asli. Biasanya di toko online sekarang banyak yang menjualnya. Tentunya dengan harga yang bisa dibilang tidak murah.

2. Mencabut Charger jika Baterai Terisi Penuh

Kedua, segeralah mencabut baterai jika kapasitas sudah mencapai 100% full, jangan Anda biarkan aliran listrik masuk terlalu banyak pada daya baterai, selain akan masuk pada komponen-komponen dalam baterai, hal itu juga akan membuat baterai menjadi tidak stabil.

3. Menghindari Laptop Mati Total

baterai laptop habis

Penggunaan yang terlalu over akan membuat kinerja baterai semakin menurun, hal ini biasanya dipicu dengan asyiknya memainkan laptop  sampai-sampai lupa waktu. Setelah itu, pengguna jarang ada yang melihat jika baterai Anda dalam mode kritis.

Oleh sebab itu, Usahakan charger di bawah 20%, dan jangan sampai laptop mati total. Hilangkanlah kebiasaan buruk tersebut, karena akan berakibat fatal pada baterai laptop. Terutama jika kalian mau membuat laptop tetap sehat dan tetap terkontrol.

4. Mengaktifkan Mode Power Saver

Mungkin banyak orang yang tidak tahu Mode Power Saver ini, karena biasanya orang akan fokus dengan fungsinya saja, tetatpi tidak mau tahu apa yang ada di dalamnya. Kebanyakan laptop windows sudah di atur mode ketahanan.

Namun jika sahabat tidak tahu, silahkan coba aktifkan dengan cara di bawah ini :

  • Kemudian klik Icon Baterai
  • Kemudian nanti ada 2 pilihan, yakni Balanced dan Power Saver. Pilih yang Power Saver.

Dengan cara itu, pengguna dapat memperpanjang masa aktif baterai dan menghemat baterai jika masuk dalam keadaan kritis.

5. Menutup Jendela Windows Dan Aplikasi Yang Tidak Perlu

Terakhir, untuk  merawat batu baterai Anda perlu menutup beberapa jendela windows yang tidak digunakan. Kadang orang banyak melakukan hal ini, di samping mempermudah pekerjaan, pengguna juga diberikan akses cepat dalam mencari sesuatu.

Cobalah untuk menutup jendela windows atau aplikasi yang tidak terpakai pada perangkat keras Anda. Karena semakin banyak Tab aplikasi yang terbuka maka semakin banyak pula daya baterai yang akan terkuras.

Oke, Itulah beberapa cara mudah merawat batu baterai laptop. Rusaknya suatu barang bukan karena umur yang mengakibatkanya, namun seseorang yang tidak mau merawat dan menjaga barang itu dengan benar. Sekian dan semoga bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *