Cara Refund Google Play Store Setelah Beli Item & Aplikasi

Cara Refund Google Play Store Setelah Beli Item & Aplikasi – Ketidakpuasan setelah membeli barang maupun jasa sudah menjadi hal yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Dan tidak jarang kita juga pernah merasakan hal tersebut.

Ketika tidak puas, kita biasanya akan mengajukan untuk mengembalikan barang dan meminta refund atau pengembalian uang, dan ini adalah hal yang wajar.

Untuk pembelian item dan aplikasi di play store pun juga terdapat fitur refund. Sedangkan untuk permintaan refund ini bisa dikarenakan pembelian yang tidak disengaja, maupun kecewa dengan item/aplikasi tersebut.

Bagi anda yang ingin segera melakukan refund, simak tutorial di bawah ini sampai selesai!.

Cara Refund Google Play Store

Sebelum meminta refund, ada beberapa kebijakan google play store yang harus anda ketahui :

  • Jika pembelian dilakukan secara tidak sengaja oleh teman atau anggota keluarga menggunakan akun Anda, mintalah pengembalian dana di situs Google Play.
  • Jika ada pembelian Google Play yang tidak Anda lakukan dan tidak dilakukan oleh orang yang Anda kenal menggunakan kartu atau metode pembayaran Anda lainnya, laporkan tagihan tidak sah dalam waktu 120 hari setelah transaksi.
  • Dan jika permintaan pengembalian dana Anda telah diterima, lihat lama waktu yang dibutuhkan untuk pengembalian dana.

Untuk tutorial pengembalian dananya ada beberapa cara, simak artikel ini sampai selesai!.

A. Melalui Situs Google Play

  • Buka browser di komputer maupun ponsel android
  • Lalu buka situs play.google.com/store/account.
  • Klik Histori Pesanan.
  • Temukan pesanan yang ingin Anda kembalikan/refund.
  • Pilih Minta pengembalian dana atau Laporkan masalah, lalu pilih opsi yang menjelaskan masalah Anda.request a refund google play
  • Lengkapi formulir dan beri catatan bahwa Anda menginginkan pengembalian dana.
  • Terakhir klik Submit.
  • Anda akan mendapatkan pesan yang bertuliskan Terima kasih telah menyampaikan kekhawatiran Anda. Lalu, Anda akan mendapatkan email tentang keputusan pengembalian dana. Biasanya, Anda akan mendapatkan pengembalian dana dalam waktu 15 menit hingga maksimal 4 hari kerja.

Cara ini berfungsi bagi anda yang telah melakukan pembelian aplikasi dan item dalam aplikasi dalam kurun waktu 48 jam.

Jika anda membeli musik, film, buku, atau konten lainnya, Anda dapat meminta pengembalian dana setelah lebih dari 48 jam.

Baca Juga :

B. Melalui Asisten Google

Pada cara kedua ini, anda bisa menjelaskan permintaan pengembalian dana menggunakan bahasa inggris yang lancar.

C. Menghubungi Developer/Pengembang Aplikasi

Anda juga bisa menghubungi developer aplikasi jika anda melakukan pembelian dalam aplikasi, tetapi item yang dibeli tidak terkirim atau tidak berfungsi seperti yang Anda harapkan.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan cara ini jika anda menginginkan pengembalian dana dan sudah lebih dari 48 jam sejak pembelian.

Untuk menghubungi developer, anda bisa langsung menuju situs resmi developer dan mencari kontaknya, bisa melalui telepon atau nomor telepon.

Developer dapat membantu Anda terkait masalah pembelian, dan dapat memproses pengembalian dana sesuai dengan kebijakan dan undang-undang yang berlaku​.

Jadi itulah cara refund google play store lengkap untuk pembelian item dan aplikasi. Masih bingung dengan cara di atas?, anda bisa menanyakan sesuatu di kolom komentar.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *