oleh

10+ Contoh Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

10+ Contoh Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan – Memang seorang ibu rumah tangga tidak dituntut melakukan pekerjaan utama layaknya suami sebagai kepala keluarga, namun jika bisa membantu meringankan beban suami apa salahnya?.

Banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga dari yang ringan untuk yang berat. Tetapi untuk anda para ibu rumah tangga jika memang keuangan keluarga sedang lancar, untuk membantu suami cukuplah dengan memulai usaha yang ringan.

Tetapi jika keuangan sedang tidak stabil, mungkin para ibu rumah tangga bisa melakukan pekerjaan yang lumayan berat, tetapi ini tetap tidak saya sarankan. Anda para ibu rumah tangga cukup melakukan usaha dari rumah saja, karena usaha sampingan ibu rumah tangga dirumah sangat banyak.

Ada usaha rumahan yang memiliki modal besar, dan ada juga peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta kebawah, dan pastinya halal. Untuk lebih lengkapnya berikut beberapa usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan dan menjanjikan.

Contoh Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

1. Membuka Jasa Catering

Jasa pertama ini pastinya merupakan bakat semua ibu rumah tangga, mengapa demikian?. Karena setiap ibu rumah tangga wajib memasak, jadi mustahil ibu rumah tangga tidak bisa memulai usaha ini. Untuk memulai usaha ini, anda bisa menawari tetangga yang mempunyai hajatan.

Jika sukses, anda bisa membuka usaha ini dalam skala besar dengan memasang jasa catering, untuk skala besar pastinya anda membutuhkan banyak tenaga yang nantinya akan membantu anda menjalankan usaha ini. Tambahkan nomor telepon atau akun media sosial agar pelanggan bisa menghubungi anda dengan mudah.

2. Membuat Aneka Makanan Tradisional

makanan tradisional

Memang makanan tradisional sudah berkurang peminatnya, namun tidak ada salahnya anda mencoba usaha ini karena makanan tradisional adalah makanan yang sehat. Cukup dengan uang 100 ribu anda sudah bisa memulai usaha ini, cara memasarkannya pun mudah, anda bisa menitipkannya di warung dekat rumah anda.

3. Membuat Berbagai Kerajinan Tangan

Untuk membuat kerajinan tangan dibutuhkan kreativitas, sedangkan untuk bahan yang akan dibuat menjadi kerajinan banyak sekali. Mulai dengan membeli sendiri hingga barang bekas pun bisa dijadikan kerajinan tangan. Berbicara mengenai kerajinan tangan, berikut beberapa usaha kerajinan tangan dari barang bekas.

4. Membuka Online Shop

online shopToko online atau yang sering disebut online shop merupakan jenis contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan. Untuk membuka online shop sangatlah mudah, selain web kita bisa membukanya di facebook, messenger, whatsapp, dan jejaring sosial lainnya. Bisnis ini pun sangat cocok untuk para ibu sekalian.

5. Jasa Order Jahitan

Selain memasak, menjahit adalah suatu aktivitas yang tidak lepas dari para ibu rumah tangga. Jadi tidak mungkin jika anda tidak bisa membuka usaha ini. Untuk memulai usaha ini, anda bisa menawarkan jasa menjahit pakaian dan celana tetangga, dan jika anda membukanya dalam skala besar, rekrut setidaknya 1 sampai 2 orang pekerja.

6. Menjadi Blogger/Penulis Lepas

freelance writer

Menjadi blogger sangatlah mudah, berbekal laptop dan teknik mengetik artikel dengan cepat anda sudah bisa memulai usaha ini. Namun pada awalnya blogger tidak akan bisa mendapatkan uang dengan instan, anda harus membuat web tersebut terkenal dan besar seperti web dewailmu ini.

Sedangkan jika anda ingin mendapatkan uang dengan cepat, jadilah penulis artikel lepas, karena dengan menjadi penulis artikel lepas anda akan mendapatkan uang dari setiap artikel yang anda terbitkan di web orang lain. Harga artikel pun bervariatif mulai dari 5000 hingga puluhan ribu rupiah.

7. Menjadi Youtuber

Sama seperti blogger, menjadi youtuber juga merupakan salah satu contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga, berbekal kamera anda sudah bisa merekam berbagai peristiwa yang ada di sekitar. Usahakan merekam video yang memberikan manfaat untuk orang banyak seperti tutorial dan berbagai cara-cara yang mendidik.

8. Bisnis Trading Bitcoin

bitcoin trade

Mengapa saya mengikutsertakan trading bitcoin dalam daftar ini?, karena bisnis/usaha ini benar-benar menjanjikan. Tidak hanya pria, bahkan wanita pun bisa memulai bisnis ini. Dengan modal yang lumayan sekitar 1 juta anda sudah bisa memulai bisnis ini.

Jika anda orang indonesia dan ingin memulai bisnis trading bitcoin ini anda bisa mendaftar di salah satu situs tarding bitcoin ternama yakni Bitcoin.co.id (sekarang Indodax.com). Untuk memulainya, anda bisa register di Halaman Pendaftaran Indodax.com.

9. Jual Pulsa Dan Paket Data Internet

Kebutuhan untuk menggunakan ponsel semakin meningkat dari hari ke hari, semakin banyak pengguna ponsel jadi semakin banyak pula kebutuhan internet dan pulsa. Mungkin pulsa tidak sepopuler dulu, justru paket data internet yang sekarang banyak digunakan pengguna ponsel karena lebih murah dan cepat.

Daripada menganggur di rumah, para ibu sekalian bisa menjual pulsa dan paket internet. Selain untuk membantu ekonomi suami, hasilnya pun bisa dinikmati sendiri, enak bukan?. Untuk memulai usaha ini tidaklah dibutuhkan modal yang besar, hanya dengan uang 500 ribu rupiah anda sudah bisa membeli saldo pulsa dan paket data.

10. Jasa Laundry

jasa laundry

Jenis usaha yang terbaik bagi ibu rumah tangga adalah membuka laundry. Mencuci pakaian adalah pekerjaan umum yang wajib dilakukan oleh wanita/istri entah itu secara manual atau menggunakan mesin. Jika anda ingin berhemat, mungkin anda bisa melakukannya secara manual.

Tetapi jika dalam skala besar, anda bisa menggunakan mesin cuci yang tentunya bisa lebih cepat dan mudah. Untuk memulai usaha ini, minimal anda memiliki sebuah mesin cuci, dan untuk harga biasanya ditetapkan setiap kilo pakaian jenis apapun.

Baca juga usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang lebih menjanjikan modal kecil.

Selain 10 usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar diatas, masih banyak contoh usaha yang bisa para ibu lakukan di rumah untuk membantu ekonomi keluarga, seperti jasa make up, tata rias, salon kecantikan, pangkas rambut, dan masih banyak lagi tergantung minat para ibu sekalian.

Itulah ulasan singkat tentang beberapa contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan dan menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda para ibu sekalian dan bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 comments