oleh

Tak Hanya Depresi, Ini 5 Dampak Stres Yang Berbahaya Bagi Tubuh!

Tak Hanya Depresi, Ini 5 Dampak Stres Yang Berbahaya Bagi Tubuh! – Setiap orang memiliki resiko mengalami stress kapan saja. Stress bisa disebabkan karena masalah pekerjaan, rumah tangga, keluarga, sekolah, lingkungan dan lain-lain.

Bahkan hal-hal kecil seperti macet di jalan, kelelahan, emosi yang negatif juga bisa menyebabkan tensi naik hingga berujung pada stress. Jika sudah demikian maka berbagai macam keluhan penyakit bisa saja datang. Oleh karenanya sebaiknya Anda dapat mengolah stress dengan baik agar tidak menimbulkan dampak stress yang berbahaya bagi tubuh.

Stress merupakan reaksi tubuh secara alami terhadap stuasi yang sulit atau berbahaya. Ketika stress, tubuh akan memproduksi hormon adrenalin yang berfungsi untuk mempertahankan diri. stress yang ringan bisa menjadi dorongan positif bagi seseorang, karena kondisi ini bisa memacu seseorang untuk berpikir dan berusaha menjawab dan mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

Namun kondisi stress yang sudah berat dan berkelanjutan akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Lebih jauh pembahasan mengenai stress akan dibahas pada uraina berikut ini.

Mengapa Bisa Stres?

Seperti yang dinyatakan di awal bahwa stress bisa terjadi kapan saja dan dapat dialami siapa saja. Stress bisa terjadi karena kejadian kecil yang dilakukan berulang-ulang (Daily Hassles) seperti pekerjan di kantor, rumah, sekolah dan lain sebagainya. Stress juga bisa terjadi karena ancaman atau gangguan dari luar seperti kehilangan seseorang, pekerjaan, keuangan yang dirasa mengancam keberlangsungan hidupnya.

Tidak hanya itu, stress juga berhubungan dengan umur. Umur menjadi faktor penting penyebab stress. Dimana semakin bertambah umur maka semakin mudah mengalami stress. sebenarnya ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu timbulnya stress seperti tekanan pekerjaan, kondisi fisik, harga diri, tidak ada dukungan sosial, dan gaya hidup.

Dampak Stres Pada Tubuh

1. Dampak Stress Pada Sistem Kardiovaskuler

Saat stress detak jantung tubuh akan meningkat dan pembulh darah yang menuju ke toto besar dan jantung akan melebar. Akibatnya terjadi peningkatan volume darah yang dipompa ke seluruh tubuh sehingga meningkatkan tekanan darah.

Jika yang terjadi stress kronis maka detak jantung akan menngkat secara konsisten. Bahkan tekanan darah dan hormone sress juga akan meningkat. Jika sudah begini stress kronis ini akan meningkatkan resiko terkena serangan jantung, stroke dan hipertensi.

2. Dampak Stres Pada Sistem Pencernaan

bahaya stres untuk pencernaan

Bagi Anda yang memiliki penyakit magh, mungkin Anda pernah mendengar bahwa stress bisa menjadi penyebab timbulnya geala magh. Hal ini ternyata benar. Saat stress, peningkatan detak jantung dan pernapasan yang tidak normal akan mengganggu sistem pensernaan.

Anda mungkin akan makan lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya. Hal ini bisa menyebabkan resiko mengalami heartburn, mual, muntah dan sakit perut akan meningkat. Kondisi tubuh yang stress juga bisa mempengaruhi pergerakan makanan dalam usus sehingga bisa menyebabkan diare dan sembelit.

3. Dampak Stress Pada Sistem Imun

Sudah menjadi hal yang umum bahwa dampak stress yang bisa timul salah satunya yaitu berpengaruh pada sistem imun. Ketika Anda stress tubuh merangsang sistem kekebalan tubuh untuk bekerja. Jika stress yang dialami terjadi dalam waktu yang cukup lama maka tubuh akan melepaskan hormon kortisol.

Dimana hormon ini akan menghambat pelepasan histamine dan respon peradangan. Keadaan ini akan membuat orang yang mengalami stress kronis lebih rentan terkena penyakit seperti flu atau penyakit infeksi lainnya.

Cara Mengatasi Stres

cara mengatasi stres

Sebenarnya masih ada banyak dampak stress yang buruk bagi tubuh, seperti mengganggu sistem pernapasan, mempengaruhi gairah seksual, menyebabkan otot-otot menjadi tegang dan lain sebagainya. Oleh sebab itu sebaiknya kita harus mampu mengolah stress agar tidak menjadi beban dan penyakit yang berbahaya. Berikut ini kami berikan cara mengatasi stress yang bisa Anda lakukan:

  • Mengeluarkan unek-unek atau beban pikiran dengan cara sharing tau mengutarakan hal yang ingin Anda sampaikan kepada seseorang
  • Olahraga
  • Meditasi
  • Melakukan hobi
  • Menjalani hidup yang ada saat ini
  • Mengatur pola hidup

Baca Juga : 5 Manfaat Meditasi Yang Baik Untuk Kondisi Mental Anda.

Stress bisa terjadi kapan saja dan dialami siapa saja karena merupakan reaksi alamiah tubuh dan bagian dari hidup. Stres yang ringan bisa menjadi motivasi diri untuk keluar dari permasalahan, namun stress yang sudah kronis justru bisa menjadi penyebab penyakit bagi tubuh.

Oleh karenanya untuk menghindari stress maka hal yang bisa dilakukan yaitu dengan mengolah stress itu sendiri dengan bijak. Cara mengolah stress diatas bisa Anda lakukan jika sudah mengalami tanda-tanda stress muncul. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *