oleh

Hal Yang Dilarang Saat Haid Bagi Kesehatan, Perempuan Wajib Tahu!

Hal Yang Dilarang Saat Haid Bagi Kesehatan, Perempuan Wajib Tahu! – Wanita yang sudah dewasa pasti akan mengalami menstruasi alias haid, di mana ini merupakan hal yang pasti akan terjadi. Seorang wanita akan mulai menstruasi ketika berusia 9 – 12 tahun dan berakhir ketika menapouse.

Pada saat hai terjadi, biasanya seorang wanita akan mengalami perasaan yang cukup mengganggu seperti nyeri. Selain itu, pada kala menstruasi ada pantangan atau larangan melakukan suatu hal yang bisa memperburuk keadaan. Dan kali ini saya akan mencoba memberikan informasi mengenai hal – hal yang dilarang saat haid, di mana wanita wajib tahu.

Dampak atau efek dari haid ada banyak dan dari beberapa memiliki sifat buruk dari mudah emosi, kesehatan bisa menurun, daya tahan juga menurun dan lainnya. Karena hal tersebut, ada banyak hal yang harus di waspadai dan hindari supaya tidak terjadi sesuatu hal yang berbahaya.

Hal Yang Dilarang Saat Haid

Menstruasi adalah proses alami dalam tubuh wanita yang terjadi pada rahim yang mereka miliki. Peluruhan merupakan proses yang terjadi. Perubahan hormon estrogen ini akan memicu berbagai dampak yang langsung di alami oleh tubuh dari segi fisik maupun psikis.

Apabila tidak ingin terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda mulai beraktivitas yang sehat. Dan ada baiknya anda juga menghindari beberapa hal yang sangat dilarang pada saat haid terjadi. Lalu apa saja hal tersebut? berikut ini beberapa hal yang dilarang saat haid.

1. Berdiam Diri

Pada saat haid akan dan saat terjadi, perut akan selalu terasa nyeri dan kram, karena rasa tersebut sering kali anda ingin tenang entah berdiam diri. Padahal, kegiatan seperti ini hanya akan membuat anda merasakan rasa sakit secara terus menerus dan selalu teringat.

Dari pada itu, mendingan anda mulai beraktivitas seperti biasa entah berolahraga. Faktanya, olahraga akan membantu anda melupakan rasa nyeri tersebut sehingga anda tidak terlalu terbebani. Pastikan olahraga yang dilakukan adalah olahraga ringan jangan sampai terlalu berat.

2. Hindari Kegiatan Yang Memicu Emosi

cewek emosi

Wanita yang sedang PMS biasanya akan mudah emosi entah itu marah sendiri. Hal ini wajar, sebab mereka juga harus menahan rasa sakit ketika haid terjadi. Apabila emosi yang dimiliki tidak terkontrol dan terlalu berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Jadi, hindari segala kegiatan yang bisa memicu emosi meningkat, salah satunya menonton film. Tonton film yang tidak sampai mengeluarkan emosi. Perubahan emosi pada wanita yang sedang haid dapat berubah dengan cepat dan mengurangi energi mereka dengan cepat.

Baca Juga : Penyakit Organ Reproduksi Wanita Selain Kanker Serviks.

3. Hindari Konsumsi Makanan & Minuman Berbahan Susu

Walaupun susu memiliki kandungan nutrisi yang bak bagi tubuh, namun tidak cocok bagi wanita yang tengah mengalami haid. Pada saat haid wanita akan merasakan rasa nyeri dan kram pada perut mereka, apabila minum dan makan produk susu bisa memperparah keadaan.

Minum susu hanya akan membuat perut kembung karena air, padahal perut anda sudah terasa bengkak atau kram di tambah beginian akan lebih tidak enak lagi. Apabila anda ingin mendapatkan kandungan kalsium anda bisa mendapatkannya dari makanan dan minuman lainnya.

4. Hindari Kegiatan Yang Menimbulkan Sakit

sakit

Saat haid sudah merasakan kram dan sakit di area perut, masa anda juga ingin menambahnya dengan kegiatan yang menimbulkan sakit?. Masa – masa haid, tubuh akan rentan mengalami rasa sakit dan lebih sensitif terhadap rasa sakit yang timbul di tubuhnya.

Jadi, hindari berbagai kegiatan yang mungkin menimbulkan rasa sakit seperti cabut bulu, entah ketiak atau bulu halus. Anda bisa mulai melakukan kegiatan seperti itu ketika haid sudah selesai, yang mana hormon saat itu sudah mulai kembali normal.

5. Menggunakan Pembalut Untuk Seharian – Hal Yang Dilarang Saat Haid

Tidak baik memang menggunakan suatu hal yang berlebihan dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa menggantinya. Seperti pembalut, apabila sedang dalam masa haid sebaiknya mengganti pembalut beberapa kali dalam sehari misal 2 – 3 kali sehari.

Jangan sampai hanya menggunakan 1 pembalut untuk waktu yang cukup lama alias seharian. Pembalut yang tidak segera diganti bisa menimbulkan bahaya sebab bakteri yang ada dalam pembalut. Jadi, berhati – hati selalu jaga kebersihan dan ganti pembalut secara rutin setiap hari.

Nah itulah beberapa hal yang patut anda cermati ketika masa – masa haid sedang terjadi bagi wanita. Perhatikan betul – betul ulasan di atas supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti penyakit, infeksi dan lainnya. Ini sangat penting apalagi ini merupakan bagian intim wanita.

Lakukan kegiatan yang sehat setiap hari dengan makan dan minum yang bergizi, selain itu jaga kesehatan dan kebersihan dari lingkungan maupun badan. Sekianlah ulasan mengenai hal yang dilarang saat haid, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *