6 Hewan Yang Mudah Diternak

6 Hewan Yang Mudah Diternak – Anda adalah orang yang jenuh dengan pekerjaan anda sekarang? Anda adalah orang yang merasa kegiatan yang anda miliki sekarang membosankan? Atau mungkin anda adalah seorang pelajar yang sangatlah ingin mencari hal baru diluar mata pelajaran yang ada disekolah anda. Mungkin sebagian dari kita adalah salah satunya. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencari zona nyaman anda?

Berwira usaha adalah salah satu solusi yang tepat. Banyak sekali orang yang ingin memulai menjadi seorang wira usahawan, tapi memiliki kendala. Yaitu tidak mengerti wirausaha di bidang apa yang harus digeluti. Apakah anda juga mengalami kendala yang sama dengan beberapa calon wira usahawan lain?

Sebenarnya banyak sekali bidang wira usaha yang memiliki peluang prospek yang bisa dibilang sangat menguntungkan, salah satunya adalah dibidang peternakan atau pemeliharaan hewan. Di artikel ini Dewa Ilmu akan berbagi tentang beberapa hewan yang mudah diternakkan dan tentunya memiliki prospek yang menguntungkan. Cocok untuk anda yang jenuh dan bosan dengan pekerjaan sekarang ataupun untuk anda yang hanya ingin mencari tambahan pemasukan maupun tambahan pengalaman kerja sebagai seorang bos.

Daftar Hewan Yang Mudah Diternak

  • Hewan Yang Mudah Diternak – Kelinci

Keuntungan yang didapat dari kelinci bukan hanya berupa materil, tapi juga bisa mendapat keuntungan secara batin. Jadi, selain mendapatkan uang dari ternak kelinci, anda bisa melepas penat seharian bekerja dengan melihat kelucuan kelinci anda. Bukan hanya itu, memelihara kelinci terbilang cukup mudah. Yang terpenting adalah anda tidak terlambat memberi makan dan tidak lupa memberi asupan minum yang cukup untuk kelinci-kelinci anda. Untuk perkembang biakan dan pertumbuhannyapun tidaklah terlalu lama bahkan tergolong cepat. Kelemahan dari beternak kelinci adalah pakannya yang tergolong banyak, solusinya adalah pemberian dedak sebagai pakan utama lalu diberikan sayuran dan pelet kelinci bernutrsi tinggi sebagai selingan makanan agar tidak terlalu boros di pengeluaran biaya pakan.

  • Hewan Yang Mudah Diternak – Kucing

Hewan selanjutnya yang mudah diternakkan adalah kucing. Beternak kucing juga cukup mudah, tidak perlu perawatan yang berlebihan. Yang terpenting adalah seperti kelinci, anda tidak boleh terlambat memberi makan dan tidak lupa memberi asupan minum yang cukup. Untuk kucing jenis persia atau yang memiliki rambut lebat, anda haruslah sering membawanya ke salon atau paling tidak mengerti bagaimana cara merawat bulu kucing tersebut. Ini cocok untuk anda yang memiliki anak, karena selain menghasilkan uang, anda juga bisa melatih anak anda untuk memilki perasaan kasih sayang terhadap ciptaan tuhan terutama binatang. Kelemahan dari beternak kucing mungkin bulunya akan menyebabkan penyakit jika anda memiliki alergi terhadap kucing.

  • Hewan Yang Mudah Diternak – Musang

Saat ini komunitas pecinta musang di Indonesia semakin bertambah setiap tahunnya. Itu menandakan minat masyarakat untuk memelihara  musang benar-benar pesat. Ini adalah peluang bisnis yang bisa dibilang sangatlah menjanjikan.  Pemeliharaan dan pengembang biakkannya juga cukup mudah. Musang dapat dikawinkan dan beranak sebelum usia satu tahun. Selain itu, penjualan musang dipasaran saat ini sangatlah laris, jadi anda tidak perlu khawatir musang anda tidak laku. Karena dapat dikatakan, musang anda pasti laku. Kami menyarankan jika anda pemula cobalah untuk memulai dari musang pandan terlebih dahulu, karena perawatannya yang mudah dan juga rentan akan stres. Kelemahan dari memelihara binatang ini adalah baunya yang mungkin beberapa orang benar-benar tidak tahan, dan resiko untuk digigit, bagaimanapun musang adalah hewan liar yang memiliki insting untuk menyerang sesuatu yang dia anggap mengancam

  • Hewan Yang Mudah Diternak – Bebek

Memelihara dan berternak bebek juga merupakan salah satu opsi anda yang bisa anda pilih sebagai calon wirausahawan dibidang peternakan. Jika dilihat dari pasar kuliner, penikmat bebek di negeri ini semakin hari semakin bertambah. Sekarangpun banyak sekali restoran yang menyajikan menu dari hewan bebek ini. Hal ini tentu harus dibarengi oleh bertambahnya pemasok bebek untuk restoran-restoran penyedia menu bebek itu. Dalam memelihara bebek, anda tidak perlu terlalu memperhatikan kebersihan kandang. Karena bebek cukup nyaman dengan kandang yang berlumpur dan tidak terlalu bersih. Jadi anda tidak perlu untuk selalu membersihkan kandangnya setiap saat. Sangat cocok untuk anda yang tidak terlalu rajin atau bisa dibilang agak pemalas. Diluar itu semua, bisnis berternak bebek membuat pemasukan anda menjadi dua kali lipat.

Yaitu pemasukan dari dagingnya dan juga telurnya yang cukup banyak diminati banyak orang. Kelemahan dari beternak bebek adalah bebek rakus akan pakan dan bebek juga mudah terkejut yang mengakibatkan para bebek itu menjadi stres lalu mati. Jadi jika anda memelihara bebek, pastikan tempat anda merupakan pemukiman yang tenang dan sekiranya terhindar dari hal yang menciptakan banyak kebisingan seperti suara klakson.

  • Hewan Yang Mudah Diternak – Ikan Konsumsi

Sama seperti bebek, peminat ikan konsumsi saat ini benar-benar meningkat dengan pesat. Dalam pemeliharaan ikan konsumsi anda harus memperhatikan banyak hal mulai dari pemilihan induk,pemijahan hingga pembesaran. Tapi tenang saja, itu semua tidaklah terlalu rumit bahkan tergolong simpel dan mudah. Dalam beternak ikan konsumsi, kami menyarankan tiga ikan ini untuk anda ternakkan, yaitu nila,patin dan lele. Mengapa ketiga ikan itu? Alasannya adalah ketiga ikan itu tidak memerlukan banyak kebutuhan khusus dan tidak mudah stres.

Selain itu ikan tersebut termasuk cepat dalam masa panennya. Untuk ikan nila, anda sudah bisa melakukan panen mulai dari usia 5-6 bulan, dan pemijahan bisa anda mulai sejak ikan nila berusia paling tidak 6 bulan. Untuk ikan patin, anda bisa memanen minimal usia 6 bulan atau disesuaikan dengan permintaan ukuran konsumen. Sedangkan untuk ikan lele, bisa dilakukan saat ikan telah menginjak usia 6 bulan. Ketika masa pembesaran, anda bisa memanfaatkan tempat apapun yang anda punya, tidak harus kolam. Anda bisa menggunakan terpal, aquarium bahkan ember sekalipun. Tapi pastikan ukurannya cukup besar ya agar tidak menghambat pertumbuhan ikan. Kelemahan dari memelihara dan berternak ikan konsumsi adalah salah dalam pengaturan air, kadang ikan kekurangan suplai oksigen hingga air yang terlalu kotor sehingga mengandung banyak amoniak yang menyebabkan ikan tidak kuat dan berakhir tragis.

  • Hewan Yang Mudah Diternak – Puyuh

Hewan terakhir yang mudah diternakkan adalah beternak puyuh. Beternak hewan ini sangatlah menyenangkan. Karena puyuh tidak perlu pejantan untuk bertelur, puyuh juga bisa bertelur setiap hari. Selain itu semua, memelihara puyuh tidaklah memerlukan tempat yang luas, karena anda bisa memakai kandang yang tingkat dan dapat menampung cukup banyak burung puyuh. Selain telurnya, daging puyuh juga lumayan laku dipasaran. Bahkan puyuh bisa dipanen semenjak dia lahir. Anda bisa menjual anakan puyuh yang baru lahir atau DOP kepada penghobi burung predator untuk santapan peliharaan mereka. Untuk puyuh dewasa, anda bisa menjualnya dalam bentuk puyuh hidup, puyuh segar bahkan juga bisa dalam bentuk puyuh yang sudah matang. Kelemahan berternak burung puyuh ini adalah ketika salah satu burung terkena penyakit, maka burun lain akan sangatlah mudah tertular penyakit itu. Jadi anda haruslah waspada dan selalu menjaga kesehatan puyuh yang anda miliki

Itulah artikel seputar Hewan Yang Mudah Diternak dan memiliki prospek yang cukup menguntungkan.

Baca Juga 25 Bisnis Menjanjikan dengan Modal kecil.

Silahkan anda coba, dan mari bekerjalah sebagai bos. Karena menjadi wirausahawan tidaklah sulit. Cukup dengan tekad, niat dan keinginan yang kuat.`

Add Comment

UA-101858990-1
error: Content is protected !!