oleh

Ketahui 3 Fakta Jambu Biji Untuk DBD Yang Terbukti Ampuh Mengobati

Ketahui 3 Fakta Jambu Biji Untuk DBD Yang Terbukti Ampuh Mengobati – Dikutip dari kompas.com sejak bulan Januari 2019 lalu hingga saat ini kasus DBD atau Demam Berdarah Dengue kian meningkat. Terhitung sejak awal Januari 2019 hingga 29 Januari tercatat sudah terdapat 13.683 kasus DBD di Indonesia dan sebanyak 133 orang meninggal dunia akibat penyakit mematikan ini.

Bahkan kasus ini meningkat drastis dari Januari 2018 lalu, dimana Kemenkes hanya menerima laporan kasus DBD sebanyak 6.800 dan angka kematian hanya 43 orang. Tingginya kasus DBD dan angka kematian yang diakibatkannya membuat masyarakat semakin memburu jus jambu biji yang terkenal manfaatnya untuk mengatasi demam berdarah.

Namun apakah anggapan tersebut benar?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut pembahasan mengenai fakta jambu biji untuk DBD sebagai minuman untuk mengatasi virus dengue yang akan dibahas pada artikel berikut ini. langsung saja berikut fakta-faktanya.

Fakta Jambu Biji Untuk DBD

1. Teruji Berdasarkan Penelitian Buah Jambu Memang Mampu Mengatasi DBD

jambu biji untuk demam berdarah

Dalam Journal of Natural Medicine tahun 2013 menemukan bahwa kandungan buah jambu terbukti memiliki khasiat untuk menyembuhkan kasus DBD. Cara kerja jambu biji untuk mengatasi DBD yaitu dengan meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh.

Tak hanya itu, baru-baru ini penelitian yang dilakukan tahun 2017 dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedical juga menyatakan bahwa kandungan zat aktif trombinol pada jambu biji bisa merangsang trombopoietin (TPO). Rangsangan ini menghasilkan keping darah atau trombosit menjadi lebih banyak.

Seseorang yang terkena virus ini biasanya akan menyebabkan menurunnya trombosit dalam tubuh.  Trombosit yang semakin sedikit akan mengakibatkan tubuh sulit membekukan darah, sehingga jika terjadi luka maka perdarahan akan mudah terjadi dan sulit diatasi. Jika sudah terjadi perdarahan yang sulit diatasi maka pasien akan lebih rentan mengalami kematian.

Dengan mengkonsumsi jambu biji, maka akan dapat merangsang TPO sehingga tubuh dapat memproduksi trombosit dan menormalkan jumlah trombosit dalam tubuh. Dengan demikian keping darah yang dihasilkan akan banyak sehingga pasien akan mudah disembuhkan dan dapat tertolong.

2. Jambu Biji Untuk DBD – Mengandung Vitamin C Yang Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

daun jambu biji

Fakta jambu biji untuk DBD tidak hanya untuk meningkatkan trombosit, namun sebagai asupan vitamin C yang baik bagi tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin C merupakan nutrisi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini pula yang dapat diambil dari khasiat jambu biji.

Dimana dalam 100 gram jambu biji terdapat 228 mg vitamin C. Lalu apa hubungan antara penderita DBD dengan vitamin C pada jambu biji? Saat tubuh terkena virus demam berdarah maka sel darah putih sebagai pasukan utama sistem kekebalan tubuh turut berperang melawan virus. Namun saat sel darah putih kalah maka virus menang dan virus akan semakin menyerang tubuh.

Oleh sebab itu untuk membantu melawan virus maka sistem kekebalan tubuh harus terjaga dengan baik, yaitu dengan mengonsumsi vitamin C. Dengan mengonsumsi jambu biji maka Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu untuk meningkatkan trombosit dan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga : Obat Herbal Yang Mujarab Bagi Penderita Kolesterol.

3. Tidak Hanya Buahnya Berkhasiat Melainkan Daunnya Juga Bermanfaat

Penelitian yang dilakukan di Malaysia mengungkapkan bahwa ternyata untuk mengatasi DBD bukan hanya buah jambu saja yang bisa dimanfaatkan. Melainkan daunnya juga berkhasita menyembuhkan penyakit ini. Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa ekstrak daun Psidium Guajava telah teruji secara invitro dan memang terbukti mampu menghambat pertumbuhan virus dengue.

Lebih lanjut dalam penelitian itu juga diungkapkan air yang direbus dengan jambu biji ddapat digunakan untuk menghindari pendarahan dan meningkatkan jumlah trombosit. Mengonsumsi air rebusan daun jambu biji dapat meningkatkan kadar trombosit hingga 100.000/mm3 dalam periode 16 jam.

Jambu biji terkenal kaya akan vitamin C dan flavanoid kuercetin. Dimana dua zat ini terbukti ampuh mengatasi virus dengue. Zat flavonoid kuercetin itu sendiri banyak ditemukan pada daun jambu biji. Khasiat dari zat ini yaitu menghambat proses penyebaran virus. Bahkan kuercetin juga mampu mengobati kerapuhan pembuluh darah kapiler yang kerap terjadi akibat serangan virus.

Saat musim penghujan seperti saat ini penyebaran penyakit DBD di Indonesia memang rentan menyerang siapa saja. Untuk itu pengetahuan mengenai pencegahan dan pengobatan sudah semestinya diketahui siapa pun. Informasi mengenai fakta jambu biji untuk DBD yang telah dijelaskan di atas diharapkan dapat membantu memberikan pengetahuan tentang upaya mengatasi dan mengobati penyakit demam berdarah. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih telah mengunjungi portal informasi dan pengetahuan kami.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *