oleh

Jenis Hukum Di Indonesia Yang Berlaku Saat Ini Dan Wajib Diketahui!

4 Jenis Hukum Yang Ada Di Indonesia – Hukum yang ada di Indonesia ini banyak sekali jenisnya. Karena hukum memiliki arti yang sangat luas. Bisa kita lihat misalnya pada perpustakaan, untuk kategori buku Hukum pasti tebal tebal, karena itu tadi pengertian dari hukum yang sangat luas sekali. Dan negara kita yang tercinta ini termasuk negara hukum, yang artinya kita diharuskan untuk paham tentang dasar dasar hukum yang berlaku.

Menurut Wikipedia, Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak. Nah, sudah jelas kan bagaimana pengertian hukum secara singkat. Jika ingin lebih dalam kalian bisa mencarinya di Google tentang pengertian hukum.

Membahas tentang jenis hukum yang ada di Indonesia, sebenarnya banyak sekali. Namun, pada artikel kali ini Dewailmu membahas hukum yang masih berlaku menurut beberapa sumber.

Jenis Hukum Di Indonesia

1. Hukum Perdata Indonesia

Jenis hukum yang pertama ini adalah Hukum Perdata Indonesia. Pada dasarnya Hukum Perdata Indonesia ini  bersumber pada Hukum Napoleon. Yang kemudian disingkat menjadi BW atau disebut sebagai KUH Perdata. Hukum Perdata ini juga memiliki cabang yang biasa kita kenal dengan hukum privat yang memiliki fungsi sebagai lawan dari hukum publik.

Hukum perdata ini pada dasarnya mengatur hubungan penduduk atau warga negara sehari-hari, seperti misalnya kedewasaan seseorang, kematian, pewarisan, harta benda, kegiatan usaha dan tindakan-tindakan yang bersifat perdata lainnya. Dan banyak yang menganggap bahwa hukum perdata ini sangat erat sekali hubungannya dengan masyarakat, sehingga segala urusan dalam kehidupan bernegara memiliki aturan dan tatanan yang jelas.

2. Hukum Tata Negara

hukum tata negara

Hukum yang kedua adalah Hukum Tata Negara. Menurut beberapa sumber, Hukum Tata Negara ini bentuk hukum yang mendefinisikan hubungan antara berbagai lembaga di dalam suatu negara, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Jadi sudah bisa disimpulkan bahwa Hukum Tata Negara mengatur bagaimana lembaga bekerja sesuai bidang yang telah ditentukan.

Baca Juga :

3. Jenis Hukum Di Indonesia – Hukum Pidana Indonesia

Kalau hukum pidana ini merupakan bagian dari hukum yang masuk pada bagian publik. Hukum pidana bisa menjadi dasar hukum yang dapat digunakan dalam suatu cara menegakan keadilan di masyarakat. Penggunaan hukum pidana pun relatif, bisa dipakai untuk menjerat pelaku kejahatan yang terkadang melakukan tindak kejahatan.

Setiap jenis dan lama waktu hukuman yang dijatuhkan didasarkan kepada apa yang tertuang dalam pasal KUHP. Jadi semua hukuman dan aturan mengenai publik sudah ada semua hukum nya, kita hanya diwajibkan untuk menghindari kategori kejahatan yang tertuang pada pasal KUHP.

4. Hukum Adat

hukum adat

Hukum yang terakhir ini adalah hukum adat. Hukum ini berlaku pada semua wilayah, dan setiap wilayah kadang berbeda aturannya. Untuk hukum adat ini sumbernya adalah peraturan-peraturan hukum tidak tertulis yang tumbuh dan akhirnya berkembang lalu dipertahankan dengan kesadaran hukum masyarakat didalamnya.

Jadi, hukum ini bisa menyesuaikan diri karena sifatnya tadi yang tumbuh dan berkembang seiring perkembangan masyarakat.

Selain hukum di atas masih banyak lagi jenis hukum di Indonesia yang tidak bisa saya terangkan satu persatu. Langsung saja berikut daftarnya :

  • Hukum Tata Usaha (Administrasi) Indonesia
  • Hukum Islam
  • Hukum Waris
  • Hukum Acara Perdata Indonesia
  • Hukum Acara Pidana Indonesia
  • Dan masih banyak lagi.

Karena memang jenis hukum ini banyak sekali, dan yang berlaku di Indonesia juga cukup beragam. Oke, itulah referensi singkat artikel mengenai macam hukum di Indonesia. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan terima kasih telah mampir. Jangan lupa kembali lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *