10 Kelebihan dan Kekurangan iOS yang Perlu Kita Ketahui!

Kelebihan dan Kekurangan iOS yang Perlu Kita Ketahui! – iOS merupakan salah satu OS paling populer di dunia saat ini selain Android dan Microsoft. iOS identik dengan produknya yang dikenal memiliki harga mahal.

Jadi banyak orang yang beranggapan jika ada yang punya iPhone 11 atau 12, ia adalah orang yang kaya. Hmm, anggapan itu bisa saja salah dan bisa saja benar.

Kembali ke topik, bagi anda yang ingin membeli iPhone, iPad, atau produk iOS lainnya, ada beberapa plus minus yang wajib anda pikirkan, berikut beberapa hal tersebut!.

Kelebihan dan Kekurangan iOS

A. Kelebihan

1. Kualitas Foto Terbaik

Salah satu faktor banyak orang membeli iOS phone, misalnya iPhone adalah kualitas kameranya yang sangat bagus. Bisa dibilang, iPhone memiliki kualitas foto yang tidak terkalahkan.

iPhone bisa menangkap gambar yang benar-benar realistis seperti keadaan sebenarnya. Jika anda seorang fotografer, membeli iPhone adalah rekomendasi terbaik untuk membantu proses pemotretan.

2. Media Penyimpanan Yang Besar

Meskipun tidak memiliki slot sd card, produk iOS mulai iPad dan iPhone memiliki penyimpanan internal yang sangat besar, misalnya 128 GB, 256 GB, hingga 512 GB. Dengan ukuran sebesar itu, rasanya kita sebagai pengguna sudah tidak membutuhkan kartu sd lagi.

3. Memiliki Backup dan Restore yang Bagus

iOS memiliki iCloud yang memudahkan penggunanya membackup dan restore data. Jadi, ketika anda membeli iPhone baru dan ingin memindahkan data dari iPhone lama ke baru, anda tidak perlu khawatir karena semua data aman di iCloud.

4. Support e-SIM

iphone esim

Untuk iOS terbaru ternyata sudah telah mendukung teknologi e-SIM. Namun sayangnya untuk bisa menggunakan teknologi ini maka Anda harus memastikan bahwa operator kartu yang Anda gunakan juga mendukung teknologi tersebut.

Namun kemungkinan beberapa tahun ke depan, fitur ini sudah bisa dinikmati pengguna iOS phone di Indonesia.

5. Harga Jualnya Stabil

Seperti yang sudah saya singgung di atas, iOS memiliki harga jual yang stabil atau relatif mahal, ya mungkin akan turun harganya karena yang anda jual iPhone bekas misalnya. Namun untuk turunnya juga tidak terlalu jauh ketika anda membeli baru.

Asal produknya masih bagus dan tidak ada minus, mungkin anda bisa menjualnya dengan harga yang sama ketika anda membeli iPhone baru.

6. Keamanannya Sangat Tinggi

iOS memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi dan cukup stabil. Sistem Operasi ini hampir tidak memberikan akses pelanggaran keamanan, karena iPhone didesain untuk tidak menggunakan situs web atau aplikasi dari pihak ketiga dalam hal instalasi aplikasi lain.

Oleh karena itu, sedikit sekali risiko perangkat terserang virus yang dapat merusak ataupun mencuri data pengguna.

Baca Juga :

B. Kekurangan

1. Mahal

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, produk iOS ini mahal, jadi tidak semua orang bisa membelinya, terutama ponsel iOS keluaran baru seperti iPhone 12.

Jadi, jika anda tidak ingin membuang-buang uang hanya untuk membeli iOS phone, lebih baik anda membeli ponsel lain, Android misalnya.

2. Kapasitas Baterai Kecil

ios battery

Entah mengapa kapasitas baterai pada beberapa iOS phone kecil, contohnya iPhone 12 Pro yang memiliki kapasitas baterai hanya 2815 mAh, dan untuk iPhone 12 Pro Max sekitar 3687 mAh.

Hal ini banyak dikeluhkan oleh banyak pengguna iOS. Namun anda bisa mengatasi hal ini dengan membawa PowerBank kemanapun anda akan pergi.

3. Tidak Open Source

Artinya, anda tidak bisa menggunakan sistem operasi iOS pada ponsel merk lain kecuali produk Apple sendiri. Selain itu, untuk memasukkan aplikasi ke App store cukup sulit, karena kriteria yang diminta harus sesuai dengan keinginan Apple.

4. Tidak Memiliki Slot Memori Eksternal

Seperti yang sudah saya singgung di atas, iPhone tidak memiliki slot memori eksternal, hal ini memang memiliki sisi negatif, seperti ketika ponsel iOS anda rusak, kemungkin file yang ada di dalam ponsel akan ikut hilang.

Beda keadaannya jika file file penting sudah anda salin sebelumnya untuk mencegah kehilangan data saat ponsel rusak.

Melihat kelebihan dan kekurangan iOS, diharapkan anda yang ingin membeli produk iOS memikirkannya dengan baik. iOS memang menjadi salah satu platform teknologi terbesar di dunia selain Android dan Microsoft.

Menurut saya, iOS memang bagus, apalagi dalam urusan keamanannya. Namun untuk ukuran baterainya saya pikir terlalu kecil. Sebagian orang mungkin berpikir harganya mahal, iya memang, namun menurut saya itu sebanding dengan kualitasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *