Kelebihan Domain id dan co.id yang Perlu Kamu Ketahui

Kayeols

Kelebihan Domain id dan co.id yang Perlu Kamu Ketahui – Memilih nama domain memang susah-susah gampang, pasalnya selain harus menyesuaikan dengan nama perusahaan atau brand pilihan, kita juga harus memastikan ketersediaan ekstensi domain yang ingin kita gunakan.

Ada banyak ekstensi domain murah yang bisa dijadikan pilihan, setidaknya sampai sekarang tercatat lebih dari 500 ekstensi nama domain dari seluruh dunia yang bisa kamu pilih dan gunakan. Nah, salah satu dari ratusan ekstensi domain tersebut adalah domain ccTLD atau Country Code Top Level Domain asal Indonesia, yakni .ID dan .CO.ID.

Ekstensi ccTLD seperti .ID dan .CO.ID saat ini relatif sedang naik daun. Pasalnya, ada banyak perusahaan startup dari Indonesia maupun luar negeri yang melakukan ekspansi ke pasar lokal. Memadukan ccTLD dengan layanan web hosting yang handal bisa menjadi salah satu kunci sukses menarik banyak audiens.

Kelebihan Domain ID dan CO.ID

Di bawah ini merupakan beberapa poin kelebihan domain ID dan CO.ID yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Baca Juga:  3 Cara Membuat Sitemap Wordpress Dengan Praktis Lengkap

1. Ekstensi Khusus untuk Identitas Warga Negara Indonesia

Seperti kita ketahui, ekstensi domain ID dan CO.ID adalah Country Code Top Level Domain yang ditujukan khusus untuk warga Indonesia. Maka dari itu, ekstensi domain ini bisa menjadi semacam identitas yang bisa para blogger atau web developer gunakan untuk menunjukkan kebanggaan mereka terhadap Indonesia.

Menggunakan ekstensi domain ID dan CO.ID juga tidak hanya bisa memberikan kebanggan di mata internasional. Namun, juga sebagai bentuk kepedulian terhadap produk lokal yang sepenuhnya dikelola serta bisa menjadi karya bagi anak bangsa.

2. Pilihan Nama Domain Bagus Masih Banyak

Berbeda dengan ekstensi domain generik TLD seperti COM, NET, atau ORG yang saat ini sudah banyak blogger gunakan. Ekstensi domain ccTLD Indonesia masih belum memiliki terlalu banyak pengguna, sehingga secara otomatis ketersediaan nama domain pendek dan branded masih banyak yang available.

Bagi sebagian orang, nama domain branded dan keyword on domain merupakan salah satu syarat penting ketika membangun sebuah website.

Jika menilik dari pekermbangan algoritma mesin pencari seperti Google dan Bing, jaman dulu kamu bisa mendapatkan ranking dengan mudah ketika punya domain branded dan mengandung nama domain.

Baca Juga:  Cara Custom Domain Blogspot Dengan Simpel (UPDATED)

Contohnya jika kamu jualan domain, maka nama domain seperti domainesia.com akan punya peluang lebih besar untuk ranking di halaman pertama serta diklik oleh pencari informasi di Google.

Perlu kamu ketahui, di luar sana juga ada banyak investor domain yang setiap hari berburu nama domain cantik sebagai koleksi dan investasi. Beberapa ada yang sukses dengan mengakuisisi nama domain unik dan branded, kemudian mendapatkan keuntungan super besar karena domain tersebut diminati oleh perusahaan besar.

Keuntungan dari aktivitas jual beli nama domain cantik ini juga bisa kamu dapatkan dengan mengoleksi nama domain cantik untuk ekstensi .ID dan CO.ID yang masih banyak tersedia sampai saat ini.

3. Akses Lebih Cepat

lebih cepat

Kelebihan lainnya dari domain ID dan CO.ID yakni aksesnya yang relatif lebih cepat. Pasalnya kedua ekstensi tersebut menggunakan DNS atau server yang lokasinya berada di Indonesia. Berbeda dengan ekstensi domain generik yang ketika mengambil akses DNS harus melakukan request ke server di luar negeri.

Baca Juga :

4. Lebih Terpercaya dan Kredibel untuk Bisnis Digital

Ketika menggunakan ekstensi ID dan CO.ID kamu juga akan meningkatkan kredibilitas bisnis. Pasalnya, tidak semua orang bisa membeli ekstensi domain CO.ID karena harus menyertakan SIUP/NPWP serta KTP pemilik untuk kepentingan pertanggungjawaban.

Baca Juga:  Cara Membuat Related Post di Blogspot Dengan Mudah

Pada awal kemunculannya, ekstensi ID juga tidak bisa dibeli oleh warga negara asing, karena perlu syarat KTP atau Passport ketika melakukan pembelian. Namun, saat ini syarat pembelian domain ID tersebut sudah dihapuskan sehingga semua orang bebas membeli nama domain ID untuk kepentingan apapun.

Terlepas dari itu, faktor lain yang bisa meningkatkan kredibilitas ekstensi domain ini ada juga di faktor harga. Perlu kamu ketahui, harga domain ccTLD ID dan CO.ID saat ini rata-rata di atas Rp 180 ribu per tahun. Angka yang lebih mahal daripada domain populer lainnya.

Kendati demikian, karena itulah para pemakai domain ini menjadi mengerucut kepada orang-orang atau pebisnis yang memang serius untuk menggunakan domain ID dan CO.ID sebagai aset legal untuk jangka panjang, bukan ekstensi domain yang kerap digunakan untuk spam atau penipuan.

5. Menjadi Ranking Faktor untuk Pencarian Lokal

bangga buatan indonesia

Tahukah kamu bahwa Google pernah meluncurkan algoritma Lokal SEO? Dalam rilis tersebut Google mencoba mengoptimalkan hasil pencarian untuk pengguna lokal berdasarkan letak GPS serta ekstensi domain yang digunakan.

Jika kamu punya target pasar orang Indonesia, maka menggunakan ekstensi lokal seperti ID dan CO.ID merupakan langkah yang tepat untuk mendapatkan poin lebih di sektor SEO.

Itulah ulasan terkait kelebihan domain ID dan CO.ID, Semoga informasi di atas bisa membantu kamu ya!

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar