Lenovo IdeaPad 320 14AST, Laptop GPU AMD Radeon R5 3 Jutaan

Lenovo IdeaPad 320 14AST, Laptop GPU AMD Radeon R5 3 Jutaan – Lenovo memang dikenal salah satu produsen laptop yang kerap membanderol barang dagangannya dengan harga murah, dan hal itu bisa dibuktikan dengan laptop berlayar 14 inci besutannya. Lenovo IdeaPad 320-14AST yang sudah mengusung spesifikasi yang lumayan tinggi tapi memiliki harga jual yang cukup murah cuma di kisaran 3,7 juta Rupiah saja.

Spesifikasi tinggi yang Admin maksudkan adalah CPU dual core yang digunakan yakni AMD A4-9120 yang bisa dipastikan memiliki kinerja di atas prosesor semisal Intel Celeron N3060. Penggunaan prosesor handal tersebut sebagai dapur pacunya tentunya akan mengalahkan laptop merk lain dalam rentang harga yang sama.

Di sisi desain, Lenovo IdeaPad 320-14AST termasuk tidak tebal karena hanya mempunyai ketebalan 22.9 milimeter. Namun dari segi bobot, laptop yang mempunyai kapasitas HDD 500GB ini tergolong agak berat dimana berat secara keseluruhan termasuk baterai adalah sekitar 2.2 kilogram. Namun masalah berat tersebut mungkin tidak akan jadi soal kalau laptopnya jarang dibawa bepergian.

Kinerja Lenovo IdeaPad 320 14AST

Lenovo IdeaPad 320-14AST 2

Seperti yang telah disinggung sedikit di awal tulisan ini, laptop Lenovo IdeaPad 320-14AST sudah menggunakan tipe prosesor dual core yang cukup handal yaitu AMD A4-9120 yang mempunyai clock speed lumayan tinggi diangka 2.2GHz dan maksimal 2.5GHz.

Dukungan RAM berkapasitas lega 4GB tipe terbaru DDR4 bisa dipastikan akan meningkatkan performanya secara signifikan. Apalagi dipadukan dengan kehadiran GPU AMD Radeon R5, pastinya kinerja laptop harga 3 jutaan ini akan lebih maksimal jika dibandingkan dengan laptop kompetitor yang masih mengadopsi GPU standar.

Program-program desain seperti Corel Draw dan AutoCad versi terbaru seharusnya bisa berjalan dengan lancar pada laptop yang tersedia dalam tiga pilihan warna putih, biru dan dan Hitam Onyx ini. Bagaimana dengan game?, jika dilihat dari spesifikasi CPU, kapasitas RAM dan GPU yang diguanakan, game-game menengah harusnya bisa berjalan dengan lancar pada laptop yang mempunyai dual speaker 1.5 Watt tersebut.

Di balik keunggulannya di bidang prosesor, RAM dan GPU tersebut, laptop ini memiliki satu kekurangan yang cukup ‘mengganggu’ yaitu kapasitas baterai yang tidak besar cuma 30 Wh saja. Kapasitas baterai sebesar itu diperkirakan maksimal hanya mampu bertahan sampai 4 jam dengan asumsi pola pemakaian normal. Tapi hal itu tentunya bisa dimaklumi mengingat harga jualnya bisa dibilang sangat murah.

Konektivitas

Pilihan konektivitas yang tersedia pada laptop ini bisa dibilang masih agak kurang lengkap sebab port seperti USB 3.1 dan port VGA-Out tidak ada. Namun masih disediakan jenis koneksi lain diantaranya port USB 3.0, USB 2.0, slot multi card reader, LAN RJ45 dan HDMI.

Sementara itu jika membutuhkan koneksi nirkabel, bisa digunakan Bluetooth versi 4.0 dan Wifi yang telah terintegrasi dalam laptop ini. Jenis Wifi yang ditanamkan adalah tipe 802.11 b/g/n yang umum ditemui pada  gadget seperti smartphone dan tablet.

Baca Juga :

Spesifikasi Lenovo IdeaPad 320 14AST

  • Harga: Mulai Dari Rp 3,7 Juta
  • Prosesor: AMD A4-9120
  • Clockspeed: 2.2GHz, Turbo sampai dengan 2.5GHz
  • Jumlah Core: Dual Core
  • RAM: 4GB DDR4
  • HDD: 500GB SATA 5400RPM
  • Layar: 14″ Resolusi HD 1366×768 Piksel
  • Graphics: AMD Radeon HD R5
  • Port Konektor: USB 3.0, USB 2.0, Jack 3.5mm Combo, LAN, Card Reader dan HDMI
  • Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
  • Baterai: Lithium Ion 30 Whrs
  • Optical Drive: DVD-RW
  • Webcam: Resolusi VGA
  • Audio: Dolby Audio
  • Dimensi: 37,8 x 26 x 2,29 centimeter
  • Sistem Operasi: Windows 10 Home 64 Bit
  • Warna: Putih, biru dan Hitam Onyx

Kesimpulan

Lenovo IdeaPad 320-14AST memiliki harga jual yang cukup murah cuma 3,7 juta. Kalau dilihat dari spesifikasi yang diusung secara keseluruhan, harga tersebut bisa jadi merupakan banderol paling murah di pasaran saat ini untuk kategori laptop 14 inci dengan RAM 4GB dan GPU AMD Radeon R5. Paket penjualan yang sudah disertai OS Windows 10 original menjadi nilai tambah laptop yang diproduksi oleh pabrikan asal China tersebut. Terima kasih, kunjungi juga tulisanku.co.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *