oleh

5 Berikut Makanan Pantangan Hipertensi Yang Harus Anda Kenali Sejak Dini

5 Berikut Makanan Pantangan Hipertensi Yang Harus Anda Kenali Sejak Dini – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang muncul secara diam-diam. Sulit untuk mengetahui seseorang terkena hipertensi tanpa mengukur tekanan darah.

Karena hal inilah, penyakit hipertensi menjadi salah satu penyakit yang sering membuat masyarakat umum menjadi was-was. Penyakit ini hampir sama seperti penyakit serangan jantung dan stroke yang menyerang secara tiba-tiba.

Terdapat berbagai macam faktor yang menyebabkan seseorang dapat terkena hipertensi. Salah satu faktor pemicu hipertensi adalah makanan. Makanan ini bisa dikatakan sebagai faktor yang paling berpengaruh, tetapi meskipun demikian masih saja sering diabaikan.

Bagi sebagian orang tidak menyadari dan tidak terlalu peduli terkait apa saja yang mereka makan tiap hari, apalagi kandungannya. Bagi Anda yang ingin menjaga tekanan darah pada kisaran normal, dapat mulai menjalani kebiasaan mencermati dan memperhatikan asupan makanan dan kandungannya.

Apa Saja Makanan Pantangan Hipertensi?

Penderita hipertensi sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang tinggi sodium atau natrium. Makin sedikit natrium yang Anda konsumsi, maka tekanan darah anda akan semakin terkendali. Makanan dengan kandungan natrium yang tinggi antara lain makanan kemasan dalam kaleng, makanan diproses, dan makanan siap saji.

Sebaliknya, banyak konsumsi makanan yang mengandung potasium, magnesium, dan serat untuk membantu mengendalikan tekanan darah. Jika perlu, buat catatan harian untuk mengukur porsi garam dalam makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda mengonsumsi makanan dalam kemasan, sebaiknya baca labelnya terlebih dahulu.

Anda dapat membuat perubahan secara bertahap, misalnya membatasi asupan natrium sekitar satu sendok teh per hari. Ketika tubuh sudah beradaptasi, maka kurangi lagi hingga sekitar 2/3 sendok the per hari, dan kurangi secara bertahap seterusnya.

Untuk menambah rasa dan aroma makanan, Anda dapat menggunakan bumbu rendah natrium seperti berbagai macam rempah alami lain atau cuka. Untuk lebih jelasnya, berikut makanan pantangan hipertensi yang harus dihindari jika Anda memiliki tekanan darah tinggi :

1. Kopi

Jika Anda punya kebiasaan minum kopi dan mengidap tekanan darah tinggi, kini saatnya menghilangkan kebiasaan ini. Sebenarnya tidak hanya kopi yang menjadi makanan pantangan penderita hipertensi, teh dan soda pun dapat meningkatkan tekanan darah. Semua ini penyebabnya adalah kafein pada minuman tersebut.

2. Daging Dan Makanan Olahan Daging Lainnya

daging

Kedua jenis makanan ini kerap diolah dengan cara diawetkan dengan menggunakan garam. Hal ini bertujuan agar tahan lama dan bisa dikonsumsi dalam kurun waktu yang lama. Dengan demikian makanan ini menjadi tinggi natrium yang berbahaya bagi penderita hipertensi.

Apalagi jika daging yang sudah diolah menjadi berbagai macam makanan seperti sosis, bakso, dan lainnya dan makanan tersebut diawetkan dalam jangka waktu yang lama. Usahakannya makan daging yang segar, dalam arti daging tersebut tidak diwaetkan dengan garam dan tidak diawetkan dalam jangka waktu yang lama.

3. Acar

Acar mentimun memang nikmat di lidah dan menjadi salah satu makanan favorit banyak orang, tetapi proses pembuatannya memerlukan garam agar mentimun tidak cepat busuk. Inilah yang membuat Anda disarankan menghindarinya agar tekanan darah tidak melonjak.

4. Saus Kalengan

saus tomat

Saus tomat, saus pasta, dan jus tomat yang sudah dikemas di kaleng mengandung kadar natrium tinggi. Dalam satu cangkir saus terdapat lebih dari 450 mg natrium yang berpotensi menaikkan tekanan darah. Jadi jika anda suka makan pentol atau bakso, kurangi pemakaian saos yang berlebihan.

5. Kulit Ayam Dan Makanan Berlemak Lainnya

Kulit ayam dan makanan berlemak lain, seperti daging merah, susu berlemak, keju, dan mentega, mengandung asam lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenis ini dapat meningkatkan kolesterol jahat, hingga memperburuk tekanan darah tinggi Anda.

Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Sinusitis Dengan Cepat Dan Alami.

Itulah beberapa jenis makanan pantangan hipertensi yang memiliki kandungan natrium tinggi dan menjadi pantangan hipertensi. Jadi, jika anda berniat menghindari atau mencegah penyakit hipertensi maka sebaiknya anda mengurangi mengkonsumsi makanan-makanan diatas. Atau bahkan jika bisa anda tinggalkan sama sekali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *