16 Kandungan Cacing Tanah dan Manfaatnya

16 Kandungan Cacing Tanah dan Manfaatnya – Jumpa Lagi, Setelah Kemarin Saya Posting Cara Merawat Kesehatan Tubuh, Sekarang saya Akan Menerangkan tentang Kandungan Dan Manfaat Cacing.

Hayo siapa yang mau makan cacing tanah tak kasih uang 100.000. Hehehe siapa yang mau makan hewan jijik ini ya… Saya juga gak mau.

       Tapi siapa sangka Meskipun dibilang Menj*j*kkan, ternyata hewan yang satu ini mempunyai banyak manfaat salah satunya bagi kesehatan kita. Padahal dulu saya tau nya hewan ini dipakai temen-temen buat umpan mancing di di Kali… Sungai itu lho sob… Yang orang jawa tau pastinya Kali.
Perlu sobat Ketahui bahwa Cacing Memiliki sistem kekebalan yang Luar Biasa dalam Membunuh bakteri. Dan Cacing tanah Termasuk dalam golongan Hewan Invertebrata atau Hewan yang tidak Bertulang Belakang.


Kandungan Cacing Tanah dan
Jenis Cacing Tanah

Spesies cacing tanah sangat banyak dan beragam, namun hanya beberapa jenis yang kandungan cacing tanah nya dapat dimanfaatkan manusia secara Umum yakni :

Cacing Lumbricus Rubellus

Cacing Lumbricus Hortensis

Cacing Lumbricus Terristris

Cacing Esensia Andrei

Cacing Perionyx

Cacing Eudrilus Engeniae

Cacing Eisenia Feitida

Cacing Pheretima Aspergillum
Sebelum Mengetahui manfaat Cacing dalam Kehidupan sehari-hari, Terlebih dahulu saya akan menerangkan tentang Kandungan cacing tanah agar Sobat bisa mengkonsumsi nya dengan benar.

Yang Terdapat pada Cacing Tanah dan Kandungan Cacing Tanah yakni :

1. Protein 
Berbeda dengan protein yang dimiliki oleh manusia, Protein cacing tanah memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri. Cacing tanah jenis Lumbricus Rubellus yang umum dijadikan obat mempunyai kandungan protein Hingga 77% dan Kandungan Protein itu Lebih tinggi daripada kandungan protein pada Daging mamalia Seperti Sapi yang Mempunyai Protein Sekitar 66%
2. Antibiotik 
Sistem kekebalan tubuh disebut juga dengan antibiotik, tapi pada cacing tanah sistem kekebalan ini disebut Antimikroba. Perbedaanya yakni Mekanisme kekebalan pada cacing yakni Antimikroba mampu membunuh mikroba tersebut tanpa merusak jaringan tubuh.
3. Asam Amino
Selain Protein, Cacing tanah juga memiliki Kandungan asam amino 18%

Selain Kandungan di atas, Cacing tanah juga memiliki Kandungan karbohidrat Sekitar 50% dan Lemak 1,5%.Dari sekian banyak cacing, Yang banyak dimanfaatkan adalah cacing jenis Lumbricus Rubellus.

Ini dia manfaat dan Kandungan cacing tanah untuk kehidupan kita. Langsung aja, cekidot :

1. Obat Sakit Tifus

Penyakit tifus disebabkan Bakteri Salmonella di dalam Organ Pencernaan Kita. Dengan Mengkonsumsi cacing tanah yang tentu saja sudah diolah sobat dapat Menghalangi dan Memperlambat Perkembangan Bakteri itu. Caranya yakni Rebus Cacing tanah hingga matang dan Di jadikan Bubuk. lebih baik lagi jika dicampir dengan madu.

2. Obat Diare

Dari Sekian banyak Obat diare dari Obat medis hingga Obat Tradisional,  cacing termasuk dalam Jenis Obat Tradisional yang bisa menyembuhkan penyakit diare.  Cacing mampu melawan bakteri E. Coli yang menyebabkan penyakit diare.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sudah diketahui diatas Bahwa Cacing tanah memiliki Kandungan protein yang sangat tinggi. Protein inilah yang membantu sistem biologis badan. Kandungan enzim, selulosa, serta katalisator yang diperlukan badan untuk sistem metabolisme te rdapat banyak dalam cacing tanah.

4. Melancarkan Aliran Darah

Cacing mempunyai enzim yang dapat menghancurkan lemak jahat di dalam sistem aliran darah kita. Cacing juga bisa dipakai menyembuhkan penyakit Stroke dam darah tinggi.

5. Penurun Demam

Cacing tanah yang sudah di ekstrak mengandung nitrogen dan Basa. Kandungan itu bisa mengurangi Demam tinggi pada tifus. Bahkan menurut penelitian IPB Cacing tanah lebih efisien untuk mengurangi demam daripada bahan kimia seperti Paracetamol.

6. Menenangkan Syaraf

Cacing tanah mengandung Pheretima yang dapat mempengaruhi Syaraf, Sehingga Membawa Efek Tenang, dapat menghentikan kejang-kejang dan mengurangi Rasa sakit. Sangat cocok digunakan sebagai Obat sakit gigi, sakit kepala dan rematik.

7. Meningkatkan Energi

Kandungan taurin dalam Cacing dapat meningkatkan Metabolisme Lemak yang kemudian akan diubah menjadi energi.  Cocok bagi wanita yang sedang diet.

8. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Bahkan Kandungan Dalam Cacing tanah bisa membuat otak bertambah Cerdas, Bagus sekali buat yang pelupa. karena bisa membantu mengurangi Lupa.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Cacing tanah juga mengandung Alfa-Tokoferol yang dapat mempertahankan elastisitas Kulit dan Menjaga Tetap awet muda. Banyak Dimanfaatkan untuk campuran Kosmetik.

10. Menyembuhkan Luka

Cacing Mengandung Asam Arakidonat yang bisa mempercepat pertumbuhan sel-sel baru.

11. Bisa Dibuat Sebagai Makanan Olahan

Selain bisa diakai dalam Campuran kosmetik dan obat-obatan, cacing juga bisa dibuat sebagai makanan olahan seperti Cacing wawo goreng, tamilok di Filiphina dan banyak yang lainnya.

Kandungan Cacing Tanah dan Cara Mengkonsumsi nya Yakni :

1. Belah Perut Cacing tanah.

2. Keluarkan tanah dan kotoran dari Perutnya.

3. Cuci Hingga Bersih Lalu Rebus.

4. Bila Sudah Matang, Matikan Kompor.

5. Dan Minum rebusan airnya Sebagai obat tradisional.

Selain cara manual diatas, Ada Banyak obat Olahan cacing dalam bentuk kapsul yang berada di apotek-apotek terdekat.

Baca Juga Manfaat Tomat Untuk Kanker, Kesehatan, dan Kecantikan.

Sekian tips mengenai Kandungan Cacing Tanah, Semoga bermanfaat bagi anda. Tulis Kritik dan saran yang membangun.

Terima Kasih Atas Kunjungannya 
manfaat cacing tanah,obat tradisional tifus,obat tradisional diare,jenis cacing tanah,kandungan cacing tanah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *