oleh

5 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh Yang Perlu Kamu Tahu

5 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh Yang Perlu Kamu Tahu – Air merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan tubuh. Dalam menerapkan pola hidup sehat mengonsumsi air minum yang cukup sangat diperlukan. Selera orang mengonsumsi air minum berbeda-beda, ada yang menyukai air minum dingin ada pula yang lebih suka air minum hangat.

Kedua jenis air minum tersebut sama-sama baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara cukup. Meskipun minum air dingin lebih menyegarkan namun ternyata minum air hangat lebih menyehatkan. Manfaat minum air hangat bagi tubuh tidak bisa dianggap hal sepele.

Ada banyak manfaat yang baik bagi tubuh ketika rutin mengonsumsi air minum hangat. Bahkan banyak orang yang telah membuktikan bahwa mengonsumsi air minum hangat secara rutin bisa mengecilkan perut buncit. Penasaran apa saja manfaat minum air hangat bagi tubuh lainnya?. Berikut pembahasannya.

Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh

1. Meredakan Gejala Flu

Air hangat dipercaya mampu meredakan gejala flu seperti pilek, sakit tenggorokkan hingga mencegah dehidrasi. Saat pilek, mengonsumsi air hangat dapat membantu mengurangi iritasi tenggorokkan. Bahkan uap air hangat juga mengencerkan lendir yang menyumbat pada saluran pernapasan.

Sebagai pengobatan alami, anda juga bisa mencampur air hangat dengan jahe ataupun lemon untuk meredakan sakit tenggorokkan dan mengahangatkan tubuh. Air hangat yang dicampur dengan garam untuk berkumur juga dapat mengurangi pembengkakan pada dinding tenggorokkan. Dengan mengonsumsi air hangat ketika flu maka kemungkinan untuk sembuh akan lebih cepat.

2. Meredakan Nyeri Ketika Haid

meredakan nyeri haid

Tidak banyak yang tahu bahwa minum air hangat saat haid ternyata mampu menredakan nyeri ketika menstruasi. Rasa kram pada perut ataupun bagian rahim sering dialami kebanyakn wanita yang sedang menstruasi. Air putih selain digunakan sebagai pengganti cairan tubuh ketika haid juga dapat merelaksasi otot yang kram.

Tak hanya itu, selain meringankan kram manfaat air putih hangat yang baik bagi tubuh yaitu dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Sehingga jika mengonsumsi air minum hangat secara rutin dan ketika haid maka nyeri ketika datang bulan dapat teratasi.

Baca Juga : Manfaat Mandi Air Dingin Di Pagi Hari Untuk Kesehatan.

3. Manfaat Minum Air Hangat Untuk Meredakan Stres

Benarkah minum air hangat dapat meredakan stress?. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa air hangat mampu meningkatkan aliran darah di dalam tubuh. aliran darah yang lancar, termasuk ke otak akan membuat rileks serta meringankan stress dan cemas.

Anda juga bisa memanfaatkan air hangat untuk mandi untuk meredakan sakit dan nyeri sendi. Dengan mandi air hangat Anda tidak hanya akan mendapatkan rileksasi untuk tubuh melainkan Anda juga dapat tidur dengan nyenyak.

4. Meringankan Gejala Akalasia

akalasia

Akalasia merupakankondisi dimana kerongkongan mengalami kesulitan mengantarkan makanan menuju ke dalam lambung. Gejala yang umum dirasakan seperti kesulitan menelan dan merasa mekanan terhenti di kerongkongan. Keadaan tersebut dapat diatasi dengan minum air hangat. Bagi penderita akalasia air hangat dapat membantu dirinya untuk mencerna makanan lebih nyaman.

5. Mempercepat Proses Pencernaan

Manfaat air hangat juga bisa dirasakan ketika meminumnya di pagi hari. minum air hangat di pagi hari dengan teratur dapat merangsang kelenjar pencernaan agar berfungsi dengan baik.

Dengan begitu sistem pencernaan akan lebih lancar serta menghindari penumpukan lemak pada dinding usus. Minum air hangat secara rutin terutama saat setelah makan juga terbukti mengecilkan perut. Bahkan beberapa sumber juga mengatakan minum air hangat bisa menurunkan berat badan.

Selain poin-poin di atas mengonsumsi air hangat juga dapat membantu detoksifikasi pada tubuh, mencegah sembelit, dan berbagai manfaat lainnya. Begitu banyak manfaat minum air hangat yang bisa diperoleh tubuh. Meskipun sering dianggap sepele kebiasaan ini bisa mulai Anda terapkan agar dapat memperoleh manfaat yang baik bagi tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *