13 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

13 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui – Bulan Puasa adalah bulan yang pasti dinanti-nanti oleh umat beragama muslim. Tentu saja puasa ini hukumnya wajib bagi umat muslim di seluruh dunia. Dan termasuk dalam rukun islam.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Meskipun sebagian orang malas berpuasa karena harus menahan rasa lapar dan haus serta segala hal yang membatalkan puasa, banyak juga orang yang sangat senang berpuasa, karena banyak hal positif yang didapat dari berpuasa. Mulai dari amal perbuatan baik, sampai dengan kesehatan.

Baca Juga Cara Menjaga Kesehatan tubuh

Nah, ngomong-ngomong kesehatan, disini saya akan memberikan beberapa tips dan manfaat yang didapat dari berpuasa di bidang kesehatan.

Berikut Beberapa Manfaat Puasa Untuk Kesehatan :

  • Meningkatkan kemampuan Otak

Puasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, dan pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi otak kearah yang lebih baik. Penurunan jumlah hormon kortisol pada saat berpuasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dapat membuat seseorang menurunkan tingkat stres.

  • Mengurangi risiko kanker.

Selama berpuasa, laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang seiring faktor pertumbuhan yang menurun akibat terbatasnya asupan. Penelitian yang dilakukan terhadap seekor hewan, yakni tikus membuktikan bahwa hal ini mampu mengurangi risiko kanker. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah kondisi tersebut berlaku pada manusia.

  • Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Yakni Menyehatkan jantung dan pembuluh darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa.

Selain itu, ada juga beberapa penelitian yang menyatakan bahwa berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes. Namun demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih menyeluruh. Ingatlah bahwa untuk menjaga kesehatan jantung, faktor-faktor lain, seperti pola makan dan olahraga teratur, memiliki peranan yang besar.

Sakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Berpuasa memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung, ketika berpuasa, tubuh melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

  • Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Menjaga berat badan.

Bagi anda yang menginginkan berat badan yang ideal, puasa ini sangat cocok untuk anda, apalagi bagi ibu muda yang habis melahirkan. Pembakaran lemak menjadi energi dapat membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Turunnya berat badan akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah, serta dapat mengatur irama nafas.

Di sisi lain, berat badan memang akan turun jika Anda seharian tidak makan dan tidak mendapat asupan kalori seperti biasanya, namun bisa naik kembali pada saat Anda tidak berpuasa. Hal ini karena ketika berpuasa, Anda kehilangan cairan, bukan berat badan substansial. Terlebih lagi ketika berbuka puasa, Anda justru melampiaskan nafsu makan.

pada saat sahur, anda berusaha untuk makan sebanyak-banyaknya untuk menampung energi sebanyak mungkin untuk cadangan seharian. kemudian pada saat berbuka puasa, anda akan melampiaskan makan sebanyak mungkin untuk melepaskan nafsu lapar dan haus.

Oleh karena itu, penting untuk tetap mengendalikan makan pada saat Anda tidak berpuasa. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung cukup energi, seperti serat, protein, karbohidrat, dan lemak dalam jumlah yang seimbang. Pola makan yang sehat dan seimbang, serta asupan cairan yang cukup dapat membantu menjaga berat badan Anda.

  • Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Yakni Mengurangi kebiasaan buruk

Berpuasa adalah salah satu cara yang tepat untuk mengubah gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan buruk. Seperti pola makan yang buruk seperti makan manisan terlalu banyak, merokok terlalu banyak dan minum minuman beralkohol. lama kegiatan berpuasa dapat menghentikan kebiasaan seperti merokok dan makan makanan yang manis.

Selain pola makan, bisa mengurangi nafsu yang buruk lainnya seperti menonton film dewasa, berjudi, dan yang lainnya.

  • Menyehatkan ginjal dari kerusakan

Ginjal berfungsi untuk sebagai saringan zat berbahaya dari yang kita makan dan minum. Fungsi ginjal akan maksimal apabila kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dengan berkurangnya asupan air pada saat menjalankan ibadah berpuasa, target untuk mencapai kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga pada akhirnya akan berdampak baik untuk kesehatan ginjal. karena disini fungsi ginjal jadi berkurang.

  • Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Yakni Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat puasa juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh yang menumpuk atau disebut proses detoksifikasi. Selama berpuasa, Anda dapat mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam sistem pencernaan dalam satu bulan. Ketika tubuh memakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi, cadangan lemak akan membakar setiap racun yang berbahaya dalam tubuh. dengan begini, kesehatan tubuh akan kembali normal seperti sedia kala.

 

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

Pada saat berpuasa, tubuh akan lemas yang menurut beberapa orang akan menjadi lebih mudah sakit. Hal ini salah dan ternyata puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit bahkan sampai 10 kali lipat dalam tubuh, hal ini dapat memberikan pengaruh yang besar dan baik terhadap sistem kekebalan tubuh, sehingga puasa dapat menghindarkan dari berbagai virus.

  • Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Yakni Mengatasi sakit persendian

Dengan berpuasa secara teratur dapat meningkatkan sel penetral alami dalam tubuh yang pada akhirnya akan membuat sakit encok sedikit demi sedikit menuju kesembuhan. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa adanya korelasi antara meningkatnya kemampuan sel penetral atau pembasmi bakteri dengan membaiknya radang sendi atau penyebab encok itu sendiri.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Penurunan berat badan pada saat berpuasa merupakan salah satu manfaat puasa. Sebuah penelitian di Uni Emirat Arab menyimpulkan bahwa orang yang berpuasa terjadi pengurangan kadar kolesterol dalam darah.

Kadar kolesterol rendah meningkatkan kesehatan jantung, sehingga dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung atau stroke. Terlebih lagi jika mengikuti program diet sehat, tingkat kolesterol pun dapat diturunkan dengan mudah.

  • Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Yakni Mengatasi masalah peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa mempromosikan penyembuhan penyakit peradangan dan alergi. Contoh dari penyakit peradangan adalah seperti rematik atau rheumatoid arthritis, dan penyakit kulit seperti psoriasis. Beberapa ahli juga menyatakan bahwa puasa bisa meningkatkan penyembuhan penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa.
  • Pencegah & Penyembuh Penyakit Mental

Otak kita didalamnya memiliki fungsi pembersih dan penyehat otak dengan bantuan sel yang disebut dengan “neuroglial cells”. Saat berpuasa, sel-sel neuron yang mati atau sakit, akan “dimakan” oleh sel-sel neuroglial ini, dimana hal ini akan berdampak pula pada mental seseorang. bahkan, seorang ilmuwan di bidang kejiwaan yang bernama Dr. Ehret menyatakan bahwa: “Beberapa hari berpuasa akan memberikan dampak pada kesehatan fisik dan lebih lanjut untuk mendapatkan kesehatan mental, seseorang harus menjalani puasa lebih dari 21 hari.

 

  • Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Meningkatkan Performa Seksual

Sebuah penelitian yang membahas tentang hubungan puasa dengan kadar hormon kejantanan (testoteron), perangsang kantung (FSH) dan lemotin (LH) membuktikan, bahwa puasa memang benar menurunkan nafsu seksual dan menurunkan hormon testoteron. Namun ini bersifat sementara, Bahkan setelah beberapa hari siklus puasa dijalankan justru produksi hormon testosteron dan performa seksual justru meningkat pesat.

Jadi, itulah manfaat puasa bagi kesehatan yang jarang diketahui, sebetulnya masih sangat banyak manfaat yang didapat dari berbuka puasa, tapi terlalu lama nanti kalau dijelaskan satu-persatu.

Sekian artikel tentang beberapa Manfaat Puasa Untuk Kesehatan,semoga bermanfaat buat teman-teman semu.

Terima Kasih Atas Kunjungannya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *