6 Mengatasi Permasalahan Menghubungkan Laptop Ke Proyektor

6 Mengatasi Permasalahan Menghubungkan Laptop Ke Proyektor – Di zaman millenial seperti saat ini hampir semua pembelajaran di daerah-daerah tertentu pun semakin maju. Dahulu hanya bermodal papan tulis untuk menjelaskan, namun kini seiring perkembangan zaman sudah banyak menggunakan proyektor.

Proyektor sendiri memiliki fungsi yang sangat bagus dalam dunia iptek saat ini, terutama pada saat pelajaran. Dimana bisa menampilkan layar pada laptop ataupun komputer ke layar yang lebih besar lagi. Sehingga jika seperti itu banyak siswa ataupun pelajar yang bisa melihat secara langsung dikarenakan layar begitu luas.

Dengan adanya proyektor sendiri pembelajaran menjadi semakin terbantu, biasanya banyak anak-anak yang enggan memperhatikan papan tulis karena terlalu kecil dan membosankan. Dengan adanya hal tersebut, maka pembelajaran menjadi semakin menarik dan hampir seluruh siswa memperhatikan mengenai apa yang dijelaskan oleh guru. Dikarenakan tampilan layar bisa diberikan sebuah animasi yang menarik dan unik, sehingga memancing perhatian para pelajar.

Namun dibalik keindahan itu semua, sering terdapat satu masalah, dimana terkadang proyektor tidak mau connect. Padahal posisi kabel sudah dicolokkan akan tetapi kok tetap tidak mau tampil. Tentu saja jika terjadi seperti itu akan menghambat sekali proses belajar dan pembelajaran. Namun anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, terdapat cara kok untuk mengatasinya yang gampang banget.

Serta masih banyak juga yang belum mengetahui cara mengkoneksikan antara proyektor dengan laptop ataupun komputer agar mau tampil. Bagaimana, bagi anda para guru ataupun mahasiswa yang suka presentasi?, ingin tahu caranya?. Simak ulasan di bawah ini!

Menghubungkan Laptop Ke Proyektor

1. Coba Tekan Logo Windows dan P Secara Bersamaan

Cara pertama untuk mengatasi proyektor yang tidak mau tampil ke layar yaitu silahkan tekan logo windows dan tombol P secara bersamaan pada keyboard. Hal ini khususnya ketika sudah tertancap kabelnya dan portnya di pc ataupun komputer dengan proyektor akan tetapi tidak mau tampil.

Jika anda sudah menekan secara bersamaan maka akan muncul beberapa pilihan. Seperti extended, projector only, duplicate. Nah disitu anda silahkan pilih saja yang duplicate, maka secara otomatis jika sudah memilih anda akan langsung tampil.

2.  Posisi Kabel yang Kurang Pas, Silahkan Goyang-Goyangkan

kabel tidak pas

Cara yang kedua untuk mengatasi kenapa proyektor tidak mau terhubung kemungkinan dikarenakan kabel proyektor belum pas dengan port yang ada di laptop. Maka dari itu silahkan coba cek kabel apakah sudah pas atau belum, jika sudah pas akan tetapi tetap tidak muncul, silahkan goyang ataupun geser sedikit.

Lalu jangan lupa juga perhatikan layar proyektor apakah sudah muncul ataupun belum. Maka dari itu lakukan secara perlahan-lahan hingga muncul.

3. Menghubungkan Laptop Ke Proyektor Dengan Ganti Kabel

Apabila sudah digeser ataupun digoyangkan akan tetapi layar proyektor tetap tidak mau muncul, berikutnya silahkan coba ganti kabel saja. Seringkali hal ini terjadi, dan ketika baru saja diganti kabel maka secara otomatis langsung bisa. Kabel yang sering bermasalah yakni pada kabel HDMI nya, maka dari itu anda harus perhatikan hal tersebut.

Baca Juga :

4. Ganti Proyektor

proyektor baru

Untuk beberapa sekolahan terkadang belum disetting proyektor secara permanen atau dengan kata lain belum disetting proyektor gantung. Jadi hanya menggunakan meja saja, nah anda bisa mencoba proyektor lain apabila menggunakan proyektor satunya rusak. Biasanya di setiap sekolah pastinya memiliki proyektor cadangan, dimana anda bisa mencobanya.

5. Instal Driver Untuk Menampilkan Ke Proyektor

Ada juga permasalahan laptop yang tidak bisa menampilkan gambar ke proyektor dikarenakan belum menginstal driver. Maka dari itu anda bisa menginstal driver untuk menampilkan gambar ke proyektor terlebih dahulu. Jangan langsung menyimpulkan bahwa laptop anda rusak, karena yang mengetahui tentang drivers ini tidak banyak.

6. Ganti Laptop – Menghubungkan Laptop Ke Proyektor

ganti laptop baru

Seringkali beberapa laptop juga mengalami masalah dimana tidak mau ditancapkan proyektor sehingga tidak mau tampil. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh error. Maka dari itu anda bisa ganti laptop lain, anda bisa meminjam teman anda, siswa, ataupun masih banyak lainnya. Dengan catatan, anda harus membawa flashdisk untuk copy materi yang hendak anda tampilkan tersebut.

Jadi itulah mengenai cara mengatasi proyektor tidak mau connect. Semoga bermanfaat untuk anda semua, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *