oleh

Pertolongan Pertama Untuk Mengobati Cedera Lutut Dengan Cepat

Pertolongan Pertama Untuk Mengobati Cedera Lutut Dengan Cepat – Cedera lutut dapat terjadi kapan dan dimana saja. Semua orang mempunyai kemungkinan mengalami cedera lutut, karena kecelakaan kecil seperti keseleo, salah menempatkan kaki, dan hal sejenis itu. Jika terjadi hal-hal seperti itu biasanya orang akan panik dan bingung harus berbuat apa.

Sebenarnya hal yang perlu dilakukan yang pertama jika cedera tersebut parah adalah memanggil bantuan, terutama orang lain yang berada di dekat kita, meskipun kita tidak kenal, ini bisa anda lakukan jika anda berada di tempat-tempat umum. Jika anda berada di rumah, anda bisa meminta bantuan keluarga untuk membawa ke puskesmas atau rumah sakit.

Lalu apa saja yang seharusnya diakukan ketika ada seseorang mengalami cedera lutut?. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pertolongan pertama yang harus dilakukan untuk mengobati cedera pada lutut. Namun sebelum membahas lebih jauh cara yang harus dilakukan, Anda dapat mengenal lebih jauh mengenai cedera pada lutut dan penyebabnya.

A. Pertolongan Pertama Untuk Mengobati Cedera Lutut

Saat terjadi cedera atau keseleo pada lutut dan belum sepenuhnya diobati dan dilakukan evaluasi medis, maka lakukan perawatan sendiri. Perawatan ini dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit dan bengkak selama beberapa hari atau beberapa jam sebelum ditangani oleh dokter.

Metode RICE dan obat anti-inflamasi dapat membantu mengurangi gejala-gejala ini sambil menunggu perawatan medis. RICE sendiri adalah singkatan dari Rest Ice Compression Elevate. Metode ini dapat membantu menstabilkan kaki dan mengurangi rasa sakit baik sebelum dan sesudah evaluasi medis.

Cedera lutut dapat menyebabkan rasa sakit yang signifikan dan pembengkakan dalam beberapa waktu. Selain dengan metode RICE dan sebelum merujuknya ke rumah sakit, sebaiknya lakukan beberapa metode penyembuhan di rumah sebagai berikut.

1. Istirahat

Ketika terjadi cedera, hal pertama yang dilakukan yaitu mengistirahatkan lutut yang terkena cedera. Ini bertujuan untuk meminimalkan risiko cedera lebih lanjut atau kerusakan pada sendi. Jangan lakukan apapun yang membahayakan cedera anda, karena jika anda nekat, cedera yang lebih parah bisa terjadi dan proses penyembuhan akan semakin lama.

2. Kompres Dengan Es

kompres lutut dengan es

Es yang dibungkus dengan handuk atau kompres dingin dapat diletakkan ke lutut yang cedera dalam waktu kurang lebih lima belas menit. Pemberian es pada lutut akan membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri berlebih. Lakukan sewajarnya saja dan jangan terlalu lama.

3. Perban

Pemberian perban dilakukan dengan cara membungkus perban elastis di sekitar lutut. Memperban disini bertujuan agar dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi. Pasien disarankan untuk tidak membungkus perban dengan kencang karena akan menimbulkan rasa sakit.

4. Letakkan Bagian Lutut Di Atas Bantal

meletakkan lutut di atas bantal

Lutut yang cedera harus diangkat dengan bantal atau benda lunak lainnya. Ini akan mencegah darah menumpuk pada area yang cedera. Jika terjadi penumpukan darah pada area yang cedera akan menyebabkan pembengkakan. Rasa nyaman juga bisa anda dapatkan ketika melakukan hal ini.

B. Perawatan Non-Bedah Untuk Cedera Lutut

Sebagian besar keseleo lutut dapat diobati dengan prosedur non-bedah yang berfokus pada kekuatan lutut. Pengobatan non-bedah ini dilakukan melalui terapi atau disebut terapi fisik. Setelah pengobatan awal untuk menghilangkan rasa sakit, keseleo lutut dapat diobati dengan terapi fisik.

Terapi fisik akan melibatkan campuran latihan yang bertujuan memperkuat lutut dan aktivitas yang meningkatkan dan memulihkan fleksibilitas lutut, namun jangan lakukan hal ini berlebihan. Dua komponen utama terapi fisik untuk lutut adalah :

1. Latihan Beban

Seorang ahli terapi fisik akan meminta pasien mengangkat sedikit beban beberapa kali. Latihan ini bisa menggunakan peralatan olahraga yang melibatkan kekuatan pada sendi lutut. Seiring waktu dan secara perlahan dan progresif, berat beban yang digunakan akan bertambah.

Baca Juga : Pentingnya Olahraga Lari Untuk Pemanasan Sebeluum Melakukan Olahraga Inti.

2. Peregangan Untuk Fleksibilitas

peregangan

Seorang terapis mungkin juga ingin secara teratur memberikan berbagai latihan atlet yang secara berkala dan menawarkan latihan peregangan yang dapat meningkatkan kekuatan sendi lutut. Biasanya, jika gerak dan fleksibilitas sudah kembali normal adalah tanda bahwa pasien tersebut sudah pulih dan kembali normal.

Lama dan intensitas program terapi fisik akan tergantung pada beberapa faktor, seperti usia, riwayat medis, dan tingkat keparahan keseleo lutut. Nah itulah pertolongan pertama untuk mengobati cedera lutut yang harus dilakukan secepat mungkin.

Dimana perawatan pertama menggunakan metode RICA dan perawatan selanjutnya melalui terapi fisik. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu ketika Anda atau orang disekitar Anda mendapati kejadian ini. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *