oleh

6 Jenis Olahraga Untuk  Menurunkan Berat Badan Terbaik & Cepat

6 Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan Terbaik & Cepat – Setelah lebaran bayak orang yang mengeluhkan berat badan mereka naik. Hal ini bisa disebabkan karena pola makan yang tidak teratur dan mudah tergoda dengan aneka makanan berlemak khas lebaran.

Jika sudah demikian maka sudah saatnya Anda kembali mengatur pola makan dan rutin olahraga agar berat badan kembali normal. Adapun untuk menurunkan berat badan agar cepat kembali normal terdapat beberapa jenis olahraga untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda mulai lakukan.

Beberapa jenis olahraga untuk menurunkan berat badan ini bisa Anda pilih mulai dari yang ringan, olahraga yang lincah hingga olahraga yang cukup berat. Apapun olahraga yang dipilih tentu memiliki manfaat yang sama yaitu menyehatkan tubuh. Olahraga apa saja yang bisa Anda pilih untuk menurunkan berat badan setelah lebaran? Simak penjelasan berikut ini.

Olahraga Untuk  Menurunkan Berat Badan

1. Jogging

Jogging atau lari santai merupakan salah satu jenis olahraga kardio. Olahraga kardio itu sendiri merupakan kegiatan olahrag yang bertujuan untuk memperkuat jantung dan paru-paru. Para peneliti meyakini bahwa olharaga ini baik bagi tubuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mampu menurunkan kolesterol jahat.

Bagi penderita obesitas, jogging merupakan salah satu olahraga yang bisa dipilih untuk menurunkan berat badan. Jogging bisa dengan mudah Anda lakukan pada pagi hari sebelum beraktifitas atau pada sore hari sambil menikmati udara sore yang sejuk.

Anda bisa melakukannya di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda. Sebagai permulaan Anda bisa menyesuaikan durasi waktu selama jogging dan kemudian perlahan mulai meningkatkan intensitas olahraga ini untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Olahraga Untuk  Menurunkan Berat Badan – Lompat Tali

lompat tali

Selain jogging, untuk menurunkan berat badan dengan cepat Anda bisa mencoba melakukan olahraga lompat tali. Lompat tali merupakan olahraga yang mudah dilakukan. Tanpa keluar rumah Anda bisa skipping di dalam area rumah. Dikutip dari hellosehat.com seseorang yang memiliki berat badan 60 kg jika melakukan olahraga lompat tali terbukti efektif membakar kalori sebanyak 80 kalori saat melakukan lompat tali selama 10 menit.

Skipping atau lompat tali selain terbukti mampu membakar kalori juga dapat memperkuat tubuh Anda baik pada bagian atas maupun bawah. Selain itu olahraga ini juga sangat baik bagi kesehatan jantung dan sendi karena saat Anda melakukan skipping Anda memberikan tekanan pada lutu, pergelangan kaki dan pinggul.

3. Bersepeda

Olahraga untuk menurunkan berat badan setelah lebaran selanjutnya yaitu bersepeda. Bersepeda adalah olahraga yang banyak disukai orang karena santai dan menyenangkan. Kesempatan libur lebaran selain bisa digunakan untuk bersilaturahim bisa Anda gunakan untuk bersepeda agar tetap menjaga berat badan tetap normal. Anda bisa melakukannya di pagi atau sore hari sambil menikmati udara segar.

Dengan bersepeda maka akan membuat tubuh Anda bergerak aktif, dimana hal ini akan sangat membantu untuk membakar kalori. Anda bisa melakukan olahraga ini secara teratur atau setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Obesity mengungkapkan bahwa mengendarai sepeda ke kantor sama efektifnya dengan cara mengurangi masa lemak ketika berolahraga di gym dengan intensitas tinggi. Nah, berarti jika Anda termasuk tipe orang yang tidak suka pergi ke gym untuk berolahraga maka bersepeda adalah olahraga pilihan yang tepat untuk Anda.

4. Muay Thai

muay thai

Saat ini muay thai menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari orang Indonesia. Olahraga ini juga termasuk olahraga yang banyak dibuktikan orang dapat membantu menurunkan berat badan. Ini karena jenis olahraga ini termasuk olahraga yang memungkinkan Anda untuk bergerak aktif.

Gerakan menendang dan memukul dalam muay thai akan membentuk otot perut, lengan dan paha Anda menjadi ramping dan kencang. Tak heran olahraga ini menjadi olahraga pilihan banyak orang.

Untuk melakukan olahraga ini biasanya ada pemandu untuk membimbing Anda melakukan gerakan demi gerakan. Membutuhkan waktu maksimal tiga bulan untuk mempelajari gerakan dasar olahraga muay thai. Meskipun begitu dalam waktu tersebut Anda akan dapat mengurangi kalori sebanyak 10-15 kg dan pengurangan kalori akan bertambah jika Anda memasuki gerakan medium.

Baca Juga : Mengenal Olahraga Judo Secara Kompleks, Wajib Disimak, Terutama Cewek!.

5. Aerobik

Siapa sih yang tidak tahu olahraga satu ini? Apalagi bagi Anda seorang wanita tentu tahu ya apa itu aerobik. Aerobik telah dikenal sejak lama namun olahraga ini masih banyak diminati hingga saat ini. Olahraga ini sangat identik dengan gerakannya yang lincah, bersemangat dan disertai dengan iringan musik. Gerakan tubuh yang selalu aktif ketika melakukan aerobik terbukti membakar kalori dan mampu menurunkan berat badan.

Aerobik selain mampu menurunkan berat badan juga dapat menguatkan otot dan menambah kekuatan. Olahraga ini juga baik untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru serta komposisi tubuh. Olahraga aerobik sangat cocok bagi Anda yang sangat aktif beraktifitas dan lincah karena olahraga aerobik merupakan olahraga yang menyenangkan dan akan membuat Anda lebih happy.

6. Yoga, Olahraga Untuk  Menurunkan Berat Badan

yoga

Terakhir yaitu yoga. Jika aerobik dilakukan dengan sangat aktif dan lincah, yoga dilakukan dengan gerakan-gerakan yang cukup santai namun efektif bekerja. Apalagi yoga yang disertai meditasi yang terbukti mampu membuat berat badan Anda turun setelah lebaran.

Menurut Beth A. Lewis seorang professor di University of Minnesota Amerika Serikat mengungkapkan bahwa melakukan yoga selama satu jam dapat membakar kalori  lebih banyak daripada berjalan kaki dengan waktu yang sama. Yoga selain mampu membakar kalori juga baik untuk membentuk otot tubuh seperti otot lengan, abdomen, bokong hingga betis. Tertarik mencoba?

Rutin berolahraga merupakan kunci utama untuk menurunkan berat badan. Selain kebutuhan yang rutin, olahraga juga sangat dibutuhkan saat pola makan mulai tidak beraturan seperti saat lebaran. Oleh sebab itu untuk mengimbangi dan menjaga agar tubuh tetap sehat dan berat badan kembali normal harus diimbangi dengan olahraga.

Saat lebaran bukanlah alasan untuk libur berolahraga, beberapa olahraga ringan seperti jogging, skipping dan bersepeda juga bisa Anda jadi sebagai olahraga pilihan ketika lebaran. Semoga informasi ini membantu dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *