oleh

Pengertian Infused Water Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Pengertian Infused Water Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan – Mungkin Anda pernah melihat botol berisi air minum dan didalamnya terdapat potongan buah-buahan. Minuman ini biasa dikenal dengan sebutan infused water. Infused water menjadi popular karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Disamping itu minuman ini juga menjadi salah satu bagian gaya hidup sehat yang diterapkan sebagian besar orang. Banyak kalangan artis dan sebagian besar masyarakat kalangan menengah keatas menjalani gaya hidup sehat mereka dengan minuman ini. Lebih lanjut mengenai apa itu infused water dan apa saja manfaatnya akan diuraikan dalam artikel berikut ini.

Pengertian Infused Water?

Infused water merupakan minuman yang terbuat dari air putih yang dicampur dengan beraneka macam potongan buah, sayur hingga rempah-rempah. Pemilihan buah, sayuran dan rempah bias dikombinasikan dan dipilih sesuai dengan kebutuhan atau manfaat yang diinginkan. Infused water juga biasa dikenal mampu membantu proses detox tubuh. Bahkan minuman ini juga sudah dibuktikan banyak orang mampu meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Infused water tak hanya kaya manfaat namun juga mudah dibuat. Anda bisa membuat minuman menyehatkan ini di rumah. Cara membuatnya cukup mudah yaitu siapkan air minum di dalam botol, kemudian masukan potongan buah, sayuran ataupun rempah yang Anda inginkan. Pilihlah buah dan sayur yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan tubuh Anda. Kemudian diamkan botol selama semalam dan biarkan sari buah menyatu dengan air.

Anda bisa membuang buah sisa rendaman dan hanya mengambil airnya saja. Jadikan minuman tersebut sebagai minuman harian dan Anda akan merasakan manfaatnya bagi tubuh. Infused water baik dikonsumsi tanpa gula, jika Anda ingin memberikan cita rasa manis maka bisa menggunakan madu sebagai pemanis tambahan.

Manfaat Infused Water

1. Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa infused water bias dibuat dari berbagai bahan optional yang bisa Anda pilih. Salah satu bahan yang sering digunakan sebagian besar orang untuk membuat minuman ini yaitu lemon. Kita tahu bahwa lemon mengandung banyak vitamin C yang baik untuk tubuh.

Selain manfaatnya tersebut lemon juga dipercaya ampuh menurunkan berat badan. Dengan mencampurkan lemon ke dalam air dan menjadikannya minuman sari buah Anda, maka manfaat yang bisa Anda dapatkan salah satunya yaitu dapat menurunkan berat badan Anda. Lemon mengandung serat yang baik bagi tubuh.

Kandungan serat ini dapat menggantikan asupan kalori Anda sehari-hari. Dalam satu buah lemon berukuran sedang mengandung kalori sebanyak 2 gram serat. Meskipun serat yang diperlukan tidak banyak, namun mengonsumsi lemon adalah pilihan yang tepat dibandingkan makanan atau minuman berkalori lainnya.

2.  Mencegah Penuaan Pada Kulit

Buah-buahan dan sayur dipercaya mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan. Dengan rutin mengonsumsi infused water maka tentu saja tubuh Anda akan terasupi vitamin dan mineral. Berbagai buah-buahan seperti strawberry, apel, kiwi, jeruk bias dijadikan bahan dalam infused water Anda karena buah-buahan tersebut mengandung banyak mineral.

Selain mengandung banyak mineral buah-buahan tersebut juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kulit. Kedua nutrisi tersebut sangat baik membantu tubuh memproduksi banyak kolagen yang dapat mengencangkan dan memberikan efek kenyal pada kulit.

Meskipun bisa mencegah penuaan dini juga harus diimbangi dengan olahraga teratur dan mengatur makanan yang dimakan. Dengan begitu manfaat infused water akan semakin optimal.

3. Manfaat Infused Water Untuk Detoks

detox untuk tubuh

Detoks merupakan proses alami tubuh mengeluarkan racun yang dihasilkan dari fungsi biokimia di dalam tubuh. Banyak orang percaya dengan mengonsumsi infused water secara rutin maka dapat bermanfaat untuk detoksifikasi atau membuang racun dalam tubuh.

Tubuh memang memiliki ginjal yang berfungsi membuang racun. Apabila diimbangi dengan banyak minum air dan ditambah rempah yang dipercaya dapat mendetoks tubuh maka racun di dalam tubuh Anda maka tentu saja detoksifikasi racun di dalam tubuh Anda dapat bekerja secara maksimal. Semakin banyaknya racun yang keluar dari dalam tubuh maka tentu saja tubuh akan semakin sehat.

Baca Juga : Penyebab Penuaan Dini Pada Kulit Wajah Yang Wajib Anda Ketahui!.

4. Membantu Melancarkan Pencernaan – Pengertian Infused Water

Banyaknya asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh maka akan baik untuk menghidrasi sekaligus melancarkan pencernaan. Hal ini juga baik bagi system kerja usus Anda dalam mencerna makanan. Dengan begitu Anda tidak akan mudah mengalami sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Air dapat membuat tubuh bekerja lebih maksimal sehingga proses pembuangan zat sisa dalam tubuh menjadi lebih maksimal.

5. Mengurangi Resiko Dehidrasi

dehidrasi

Kebanyak orang yang menjalani gaya hidup sehat dengan infused water mereka memiliki target jumlah per liter air yang harus mereka minum. Pada umumnya mereka menargetkan 2 liter dalam sehari. Jika hal ini benar dilakukan berarti kebutuhan air di dalam tubuh telah tercukupi.

Bagi Anda yang tidak terbiasa meminum banyak air putih karena rasanya maka dengan infused water Anda tetap bisa mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh dengan cara dan rasa yang berbeda. Infused water sangat tepat bagi Anda yang sedang menghindari minuman dengan kadar gula tinggi namun tetap memiliki rasa yang menyegarkan.

Infused water bisa Anda jadikan sebagai minuman alternatif bagi anda yang tidak suka makan buah namun menginginkan manfaat dari sari buah. Infused water tak hanya memberikan manfaat berupa asupan vitamin dan antioksidan namun juga baik untuk menghindari tubuh mengalami dehidrasi. Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari infused water Anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Selamat mencoba.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *