oleh

Pentingnya Makanan Probiotik Untuk Kesehatan Pencernaan Tubuh

Pentingnya Makanan Probiotik Untuk Kesehatan Pencernaan Tubuh – Tubuh tidak akan mendapat manfaat dari makanan jika tanpa sistem pencernaan. Proses ini akan melalui berbagai organ penting agar dapat di olah, dicerna lalu di serap gizi nya yang berasal dari makanan tersebut.

Dari mulai mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar sampai menuju pembuangan sisa makanan melalui anus. Namun di saat Anda salah mengkonsumsi makanan maka kesehatan pencernaan akan terganggu. Biasanya hal ini diakibatkan karena kurangnya asupan makanan yang mengandung probiotik.

Probiotik merupakan mikroorganisme yang sudah ada dalam pencernaan. Namun perlu adanya perangsang yang akan membuatnya semakin berkembang. Dan ini di dorong oleh asupan makanan yang mengandung probiotik. Bakteri baik tersebut sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu kesehatan pencernaan akan tetap terjaga karena mendapatkan nutrisi yang tepat.

Yoghurt menjadi salah satu makanan populer yang paling banyak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dengan bahan dasar susu yang difermentasi dengan tambahan bakteri lactobacillus atau acidophilus. Bakteri ini bermanfaat untuk menjaga bakteri baik dalam tubuh dan menghambat munculnya bakteri buruk.

Pentingnya Makanan Probiotik Bagi Tubuh, Berikut Beberapa Makanannya

1. Yoghurt

Siapa yang tidak mengenal makanan ini. Selalu menjadi teman untuk semua jenis lauk yang bisa memberikan rasa nikmat. Dengan harga yang terjangkau dan mudah ditemukan tentu orang-orang bisa mengkonsumsinya kapan saja.

Dan tahukah Anda jika tempe memiliki peran dalam meningkatkan sistem pencernaan?. Melalui proses pembuatan dengan cara fermentasi menghasilkan asam fitat yang membuat fungsi dan penyerapan dalam pencernaan semakin lengkap. Karena di dalamnya terdapat probiotik yang tinggi.

2. Kentang Dingin

kentang

Makanan yang mengandung karbohidrat ini juga berperan dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Sebagai sumber pati resisten yang tidak bisa dicerna dalam pencernaan sehingga menjadi makanan untuk bakteri dalam usus.

Setelah itu dapat mengembangkan bakteri baik di dalamnya. Bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes sangat tepat untuk mengkonsumsi kentang dingin ini. Karena memiliki manfaat pula dalam meningkatkan insulin dan menurunkan berat badan. Untuk mengkonsumsinya cukup dengan dibersihkan-dimasak-didinginkan.

3. Pentingnya Makanan Probiotik – Pisang hijau

Pisang hijau termasuk pisang belum matang yang kulitnya masih terlihat hijau. Manfaatnya sangat besar untuk pencernaan. Mengandung pati resisten, serat, mineral dan vitamin yang akan meningkatkan fungsi bakteri baik. Proses pencernaan pati resisten ini akan di fermentasi dalam usus besar kemudian menghasilkan energi. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara di rebus atau di goreng.

Baca Juga : Beberapa Rutinitas Pagi Yang Bisa Anda Lakukan Agar Hidup Anda Lebih Sehat.

4. Coklat

coklat

Anda yang menyukai coklat dan sering mengkonsumsinya berarti telah menjaga kesehatan pencernaan. Karena ternyata kandungan yang ada di dalamnya dapat menumbuhkan bakteri baik. Proses pencernaannya yaitu bakteri akan dilindungi oleh cokelat saat melewati perut.

Dan memastikan bahwa bakteri tersebut sudah diserap dengan baik oleh usus. Dan peran bakteri yaitu membantu tubuh dalam proses cerna coklat ini. Kemudian hasilnya akan diektrak menjadi antioksidan. Untuk mengkonsumsinya tambahkan dengan jenis makanan lain yang mengandung probiotik.

5. Bawang putih

Bumbu dapur ini selain memberikan cita rasa yang lezat untuk makanan juga berperan dalam melindungi pencernaan. Sudah terbukti dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit termasuk masalah pencernaan. Kandungan di dalamnya dapat mendorong peningkatan bakteri baik pada usus.

Dengan persediaan probiotik di dalamnya dapat diterima dengan baik dalam menjaga usus tetap sehat. Agar dapat di serap dengan maksimal Anda bisa memakannya secara mentah bisa dicampurkan ke dalam sup untuk di konsumsi.

Beberapa jenis makanan tersebut harus Anda konsumsi demi menjaga kesehatan pencernaan. Cintai usus Anda karena proses di dalamnya dapat menghasilkan manfaat besar untuk tubuh. Jika bakteri baik dapat hidup dan berkembang dengan benar maka Anda akan terhindar dari masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan peradangan. Dengan begitu daya tahan tubuh tetap terlindungi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *