Penyakit Organ Reproduksi Wanita Selain Kanker Serviks

Penyakit Organ Reproduksi Wanita Selain Kanker Serviks. Sebelumnya kami dari tim dewailmu mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya terhadap meninggalnya salah seorang artis dan tokoh publik bernama Julia Perez atau yang akrab disapa Jupe. Semoga seluruh amal dan perbuatan baik beliau diterima disisi Tuhan yang Maha Kuasa.

Baru-baru ini publik di kejutkan oleh berita meninggalnya artis Julia Perez yang dikarenakan oleh kanker serviks. Apa itu kanker serviks? Kanker serviks adalah penyakit yang sangat berbahaya terutama bagi wanita. Penyakit ini menyerang salah satu organ intim wanita yaitu mulut rahim. Untuk gejala dan penyebabnya anda bisa baca di Gejala dan Penyebab Kanker Serviks

Mungkin cukup itu pembahasan tentang kanker serviks, dan kali ini saya akan membahas beberapa Penyakit Organ Reproduksi Wanita selain kanker serviks. Karena sebenarnya masih banyak penyakit yang sama berbahaya nya dengan kanker serviks bagi wanita, terutama kebanyakan penyakit yang menyerang orang intim.

Berikut Penyakit Organ Reproduksi Wanita Selain Kanker serviks

  • Penyakit Organ Reproduksi Wanita Yakni Kista Ovarium

Penyakit Organ Reproduksi Wanita selain kanker serviks yang pertama adalah kista ovarium. Kista ovarium adalah kantong yang berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium. Tiap wanita memiliki dua indung telur(Ovarium), satu beada di bagian kanan dan satu lagi berada di bagian kiri rahim. Jika kista ovarium tidak segera diangkat dan terlanjur membesar, ini akan mengakibatkan bahaya yang sangat fatal bagi organ kelamin wanita.

Ada banyak faktor atau masalah yang menjadi penyebab kista ovarium, antara lain masalah hormonal, endometriosis, kehamilan, dan juga infeksi panggul yang parah.

Gejala kista ovarium ada beberapa, Yakni :

yaitu pembesaran perut bagian bawah kanan atau kiri atau bahkan keduanya, nyeri saat buang air, sakit pada pinggul sebelum atau selama siklus menstruasi, sakit saat berhubungan intim dan sakit pada punggung bawah atau paha. Tetapi, ada banyak sekali kasus dimana orang yang terkena kista tidak mengalami gejala-gejala tersebut.

Tiba-tiba setelah di cek ternyata kistanya sudah besar. Anda haruslah sering memeriksakan organ intim anda kepada dokter untuk menghindari dan memperkecil kemungkinan terjangkitnya penyakit ini.

Sebenarnya, kista ovarium tidak dapat dicegah. Namun anda harus melakukan pemeriksaan rutin sejak dini untuk tau apakah anda terkena kista atau tidak. Karena ketika kista sudah membesar, akan cukup sulit untuk melakukan pengobatan dan penyembuhannya.

  • Penyakit Organ Reproduksi Wanita yakni Herpes Genital

Herpes genital merupakan Penyakit Organ Reproduksi Wanita sejenis infeksi pada alat kelamin. Penyakit ini termasuk salah satu infeksi menular seksual (IMS) karena pada umumnya di tularkan melalui hubungan seksual. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simpleks atau yang biasa disebut virus HSV. Herpes Simpleks (HSV) dapat menular dan masuk kedalam tubuh melalui berbagai macam membran mukosa dalam tubuh, seperti mulut, kulit dan juga kelamin.

Seperti yang sudah dituliskan diatas, penyakit ini disebabkan oleh virus HSV. Virus ini dibagi menjadi dua tipe, yaitu HSV tipe 1 dan HSV tipe 2. Virus HSV tipe 1 biasanya menyerang organ sekitar mulut. HSV tipe 1 ini juga biasa disebut cold sores yakni lepuhan kecil pada bibir yang nampak seperti bisul atau jerawat. Sedangkan virus HSV tipe 2 menyerang bagian kelamin. Pada virus HSV tipe 2 ini, wanita lebih beresiko terkena infeksinya daripada pria. Hal ini dikarenakan permukaan alat kelamin wanita lebih besar dibanding pria.

Gejala-gejala herpes genital bisa berupa

  • Luka yang terbuka dan terlihat merah tanpa disertai rasa sakit, gatal, atau geli.
  • Sensasi sakit, gatal, atau geli di sekitar daerah anal
  • Luka yang melepuh kemudian pecah dan terbuka disekitar genital, rektum, paha, dan bokong.
  • Merasa sakit saat buang air kecil.
  • Mengalami gejala-gejala flu seperti demam, kehilangan nafsu makan, dan kelelahan.
  • Luka terbuka atau melepuh pada leher rahim.
  • Adanya cairan yang tidak wajar keluar dari vagina.

Karena ini merupakan penyakit menular, untuk pencegahanya sebaiknya anda menjaga jarak dengan orang yang sedang terkena herpes genital, jangan mencium pasangan anda jika terdapat luka terbuka atau melepuh pada mulut, dan memakai kondom saat berhubungan seksual.

  • Penyakit Organ Reproduksi Wanita yakni Kanker Payudara

Kanker payudara adalah Penyakit Organ Reproduksi Wanita yang berbentuk tumor ganas yang berawal dari sel payudara. Kumpulan sel kanker membentuk tumor yang berkembang secara cepat di jaringan payudara, dan bisa menyebar ke bagian tubuh lain.

Kanker ini sangat sering terjadi pada wanita. Sekitar 1 dari 8 wanita di dunia terkena kanker payudara. Walaupun begitu, kanker payudara juga bisa menyerang pria. Hal ini dapat diatasi dengan sering konsultasi dengan dokter untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Penyebab kanker payudara sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Tetapi menurut hipotesis ilmuwan, kanker payudara disebabkan oleh sel-sel payudara yang berkembang secara abnormal lalu membentuk sebuah benjolan di payudara. Benjolan ini dapat menyebar ke jajringan di sekitarnya dan dapat pula ke bagian tubuh lain.

Gejala kanker payudara setiap orang berbeda-beda. Berikut ini merupakan beberapa gejala orang yang terkena kanker payudara.

  • Benjolan atau penebalan yang dirasa berbeda dari sekitarnya pada area payudara.
  • Cairan berupa darah yang keluar dari puting susu.
  • Perubahan ukuran, bentuk, atau tampilan dari payudara.
  • Perubahan paa kulit payudara, berbentuk seperti cekungan.
  • Puting susu tertarik ke dalam.
  • Mengelupasnya kulit yang lebih gelap di sekitar puting susu atau kult payudara.
  • Kulit di sekitar payudara menjadi berpori-pori seperti kulit jeruk.

Pencegahan secara total untuk kanker ini sulit diketahui karena penyebab kanker ini belum diketahui secara akurat. Tetapi kita bisa paling tidak melakukan beberapa hal untuk menurunkan resiko terkena kanker payudara.

Menerapkan gaya hidup yang sehat seperti mengonsumsi makanan berlemak, menjaga berat badan yang sehat dan ideal, teratur berolahraga serta membatasi konsumsi alkohol adalah beberapa cara untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara.

Selain gaya hidup, penelitian juga mengungkapkan bahwa wanita yang pernah menyusui memiliki resiko lebih rendah terkena kanker payudara. Hal ini mungkin terjadi karena masa ovulasi mereka menjadi tidak rutin saat sedang menyusui sehingga tingkat esterigen tetap stabil.

  • Vaginismus

Vaginismus adalah Penyakit Organ Reproduksi Wanita dimana sebuah kondisi otot vagina akan mengejang jika ada sesuatu yang akan memasukinya seperti penis atau tampon. Beberapa wanita menggambarkan rasa sakit dari vaginismus seperti sebuah sensasi robek atau perasaan seperti seseorang yang sedang menabrak tembok.

Vaginismus bisa terjadi karena trauma seksual di masa lalu, hubungn seks yang tidak di inginkan tau kereana faktor emosional. Tetapi pada beberapa kasus, seseorang juga terkena vaginismus tanpa diketahui penyebabnya.

Untuk mengatasi vaginismus, anda harus membiarkan vagina agar menjadi lebih rileks dan tidak tegang saat berhubungan seksual.

Jadi, itulah artikel tentang beberapa Penyakit Organ Reproduksi Wanita selain kanker serviks. Semoga setelah membaca artikel ini kita bisa menerapkan pencegahan penyakit-penyakit yang sangat berbahaya tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar