oleh

Waspadai 6 Penyakit Musim Hujan Ini !!! Berbahaya & Bisa Mematikan

Waspadai 6 Penyakit Musim Hujan Ini !!! Berbahaya & Bisa Mematikan  РBulan Januari memang merupakan bulan penghujan di hampir seluruh wilayah Indonesia. pada bulan ini intensitas hujan yang turun hampir setiap hari. Di sisi lain musim penghujan seperti saat ini membawa keuntungan berupa banyaknya buah-buahan yang dapat dipanen.

Namun disisi lain seringnya hujan yang turun membawa dampak buruk seperti banjir, tanah longsor bahkan dapat menimbulkan berbagai penyakit saat musim hujan yang bisa mematikan. Bagi sebagian orang mungkin penyakit saat musim hujan disepelekan. Ada yang berpikir mungkin hanya demam biasa dan dapat disembuhkan dengan obat-obatan ringan.

Namun sebenarnya banyak penyakit yang berbahaya bagi tubuh yang dapat menyerang dan ditandai dengan demam. Bahkan beberapa penyakit tersebut sudah menelan banyak nyawa manusia. Penyakit apa sajakah itu?. Berikut ulasannya.

Penyakit Musim Hujan Yang Berbahaya & Mematikan

1. Demam Berdarah

Penyakit saat musim hujan dan berbahaya yang pertama yaitu demam berdarah. Penyakit mematikan ini pernah mewabah banyak masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Demam berdarah disebabkan karena nyamuk Aedes Aegypty yang menularkan virus melalui gigitannya. Nyamuk ini berkembang biak pada kubangan air. Maka tak heran jika saat musim hujan perkembangbiakan nyamuk ini semakin banyak.

Gejala demam berdarah ditandai dengan demam tinggi, bintik-bintik merah pada kulit, nyeri pada sendi dan otot, sakit perut hingga muntah dan pendarahan pada hidung.  Jika sudah parah penyakit ini menyebabkan gangguan pada sistem cerna, menyebabkan syok bahkan kematian.

2. Kolera

kolera

Kolera juga merupakan penyakit saat musim hujan yang kerap menyerang saat musim hujan. Penyakit ini merupakan jenis penyakit infeksi usus kecil. Biasanya disebabkan oleh bakteri Vibrio Cholera. Orang yang terkena penyakit kolera biasanya ditularkan karena tinja atau air yang mengandung bakteri ini.

Pada umumnya gejala penyakit ini berupa muntah-muntah, diare berair, kram otot hingga peningkatan denyut jantung. Oleh sebab itu perlu diperhatikan pula makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sebab bakteri kolera juga bisa ditularkan melalui makanan dan minuman.

3. Penyakit Musim Hujan – Malaria

Selain demam berdarah dan kolera, selanjutnya yaitu malaria. Ketiga penyakit ini memang sudah semestinya diwaspadai saat musim hujan. Pasalnnya ketiga penyakit ini memang sering menjangkit masyarakat Indonesia ketika musim hujan.

Malaria sendiri disebabkan oleh protozoa dari genus plasmodium. Penyebaran penyakit ini disebabkan karena gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit tersebut. Orang yang terkena malaria biasanya mengalami gejala seperti demam, menggigil, muntah, berkeringat, sakit kepala, diare dan nyeri otot.

4. Hepatitis A

hepatitis

Hepatitis A juga termasuk ke dalam daftar penyakit yang sering menjangkit terutama pada korban banjir. Penyakit ini merupakan infeksi pada hati atau liver, dimana ini diakibatkan oleh virus hepatitis. Hepatitis A ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar virus. Gejalanya yaitu berupa rasa mual sampai muntah, badan terasa lemas, tidak nafsu makan, serta nyeri pada perut kanan dan nyeri sendi.

Baca Juga : Definisi Dan Penyebab Penyakit Sinusitis Yang Harus Anda Ketahui!!!.

5. Leptospirosis

Penyakit leprospirosis merupakan penyakit infeksi bakteri yang ditularkan melalui air seni atau kotoran hewan yang terinfeksi. Namun pada beberapa kasus, penyakit ini juga bisa ditularkan melalui makanan dan minuman serta air yang terkontaminasi.

Orang yang terjangkit penyakit ini pada kasus yang sudah parah bisa menyebabkan gagal ginjal. Gejala yang ditimbulkan diantaranya demam, mata kemerahan, mual, muntah, tidak nafsu makan serta pengeluaran urin yang rendah.

6. Penyakit Musim Hujan – Pilek

pilek

Saat musim hujan, penyakit satu ini memang kerap menyerang siapa saja. Meskipun begitu terkadang banyak orang yang masih menyepelekan penyakit ini. Padahal pilek yang parah dapat menyebabkan berbagai penyakit yang beresiko lebih tinggi seperti dapat menyebabkan bronchitis, sinusitis hingga infeksi teliga.

Penyakit ini disebabkan oleh berbagai virus yang cepat berkembang biak pada kondisi dingin. Apalagi biasanya pilek juga disertai influenza, dimana sistem kekebalan tubuh pada kondisi ini menurun sehingga virus akan mudah berkembangbiak dan tubuh rentan terhadap penyakit.

Sudah seharusnya berbagai penyakit di atas harus diwaspadai terutama saat musim penghujan seperti saat ini. Jangan pernah menyepelekan gejala sakit pada tubuh sedikit pun. Sebab kita tidak pernah tahu kemungkinan penyakit berbahaya lainnya yang bisa menyerang dan membahayakan tubuh.

Oleh sebab itu informasi di atas diharapkan dapat menambah pengetahuan Anda agar lebih waspada dan hati-hati terhadap berbagai jenis penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Terima kasih atas kunjungan anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *