6 Penyebab Channel Youtube Ditolak Monetisasi, Simak Baik Baik!

Penyebab Channel Youtube Ditolak Monetisasi, Simak Baik Baik! – Youtube memang situs nonton video terbaik saat ini, karena selain menonton video yang ada di dalamnya, kita juga bisa mencari uang. Saat ini banyak selebriti yang berkiprah dari dunia televisi ke dunia peryoutube-an.

Hal tersebut disebabkan fee alias gaji yang diberikan youtube ke creatornya juga tidak main-main. Bahkan artis sekelas Baim Wong maupun Raffi Ahmad bisa mendapatkn penghasilan kisaran 200 juta/harinya.

Akibat hal tersebut, masyarakat Indonesia banyak yang berlomba-lomba menjadi youtuber. Namun untuk menjadi youtuber tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam waktu 12 bulan.

Apabila tidak bisa melengkapi syarat tersebut, maka harapan agar bisa mendapatkan uang dari youtube akan musnah. Ada banyak orang juga yang sudah berhasil mencapai syarat dan ketentuan tersebut, namun tetap ditolak atau dismonetisasi karena beberapa alasan.

Bagi anda para pemula yang baru saja berkecimpung di dunia youtube, pasti ingin tahu beberapa penyebab channel youtube ditolak monetisasi. Berikut beberapa penyebab dismonetisasi yang sering dialami youtuber pemula.

Penyebab Channel Youtube Ditolak Monetisasi

1. Video Tidak  Original (Reupload)

youtube reupload

Penyebab yang pertama bisa saja disebabkan video yang anda unggah di youtube bukanlah video buatan sendiri. Hal ini wajar, karena youtube menekankan para creator untuk membuat videonya sendiri dan bukan mencomot video orang lain.

Yang namanya content creator harus membuat video sendiri dan usahakan membuat video semaksimal mungkin agar mampu menumbuhkan views juga.

2. Konten Dikenai Pembatasan Usia

Youtube saat ini begitu ketat menerapkan pembatasan usia, karena ada video yang tak layak ditonton anak di bawah umur. Jadi, jika video anda mengandung hal berbau dewasa pada awal anda menjadi youtuber, kesempatan channel anda dimonetisasi sangat kecil.

Maka dari itu hindarilah konten di atas umur maupun konten sebisa mungkin ketika awal membangun channel youtube, karena ini salah satu penyebab fatal channel dismonetisasi yang jarang diketahui oleh banyak youtuber pemula.

3. Terlalu Banyak Teguran

Biasanya apabila sebuah channel mengalami suatu pelanggaran, maka secara otomatis akan mendapatkan teguran dari youtube yang dikirimkan melalui gmail. Selanjutnya di dashboard youtube akan tertera teguran beserta detail pelanggarannya.

Adapun efek pelanggaran bisa seperti tidak bisa posting video selama semingu dan bahkan berbulan-bulan, ngeri banget ya. Namun tak jarang, youtuber yang mengalami masalah teguran ini ada yang lolos monetisasi juga.

4. Banyak Lagu Copyright

Penyebab channel youtube ditolak monetisasi berikutnya adakah karena ada lagu dalam video yang anda upload mengandung copyright. Jika anda terkena pelanggaran ini, sebisa mungkin hapus video tersebut sebelum channel anda dismonetisasi.

Gunakan lagu yang free license, agar copyright dapat dihindari. Beberapa kasus copyright memang masih bisa lolos monetisasi, namun di tengah jalan, akun adsensenya akan dibatasi.

Baca Juga :

5. Konten Berulang

konten berulang

Hal ini menjadi salah satu penyebab yang sering dirasakan oleh banyak youtuber pemula, salah satu ciri konten berulang yang saya amati yaitu youtuber seperti calon sarjana, dimana menggunakan konten orang lain lalu didubbing.

Memang ada banyak channel youtube yang bisa melewati hal ini, namun di tengah jalan channel youtubenya dihapus, seperti channel calon sarjana.

6. Membeli Subscriber Dan Viewer

Artinya, anda subscriber dan viewer anda tidaklah murni, melainkan membelinya. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab channel youtube anda tidak dimonetisasi oleh pihak youtube.

Jadi, jika anda berencana membeli subscriber dan viewer, maka saran saya batalkan saja ya, demi kebaikan channel youtube anda sendiri.

Dari semua poin di atas, disimpulkan bahwa anda tidak boleh melanggar ketentuan dari youtube jika tidak ingin channel anda dismonetisasi.

Oke, jadi itulah beberapa penyebab channel youtune ditolak monetisasi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para youtuber pemula, sekian, terima kasih.

Jadi itulah mengenai beberapa penyebab yang sering terjadi. Apabila ada pertanyaan silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar. Sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *