oleh

6 Penyebab Penuaan Dini Pada Kulit Wajah Yang Wajib Anda Ketahui

6 Penyebab Penuaan Dini Pada Kulit Wajah Yang Wajib Anda Ketahui- Seiring berjalan waktu, seseorang pasti akan mengalami perubahan dari segi fisik dan psikis. Untuk segi fisik bisa dilihat dari perubahan kulit, kemampuan dan lainnya yang pasti bisa terlihat jelas.

Salah satu masalah yang berhubungan umur adalah terjadinya penuaan dini, di mana ini sering dialami oleh beberapa orang. Ada banyak penyebab penuaan dini terjadi oleh orang dari faktor internal maupun eksternal. Penuaan dini adalah sebuah proses dimana tubuh akan mengalami perubahan fisik terutama pada bagian kulit wajah.

Banyak tanda yang menjadi ciri bila seseorang telah mengalami yang namanya penuaan dini. Ini bisa dilihat dari segi fisik kulit, ketika mengalami penuaan biasanya terdapat keriput atau garis – garis halus. Tanda penuaan dini sering terjadi di bawah mata, di dahi, sekitar pipi dan area wajah lainnya.

Penyebab Penuaan Dini Pada Kulit Wajah

Memang sangat menyebalkan apabila mengalami masalah seperti ini, apalagi kita yang masih muda sekitar 20 – 25 tahun sudah mengalami kejadian seperti ini. Sebelum terjadinya proses penuaan dini, ada aktivitas atau kebiasaan buruk yang menunjang masalah ini terjadi. Nah, itu bisa jadi penyebab penuaan dini bisa terjadi pada anda. Masih ada beberapa penyebab mengapa penuaan dini bisa hadir di tengah – tengah kehidupan anda. Berikut ini ulasannya,

1. Terkena Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari yang datang ke bumi memiliki efek buruk terhadap kesehatan kulit, hal ini disebabkan kandungan sinar matahari yang berbahaya. Radiasi sinar seperti sinar UV, serta sinar lainnya, membuat kulit mudah kering dan mengalami perubahan. Fakta, bahwa radiasi akan mempercepat perusakan terhadap produksi kolagen oleh kulit. Akhirnya akan timbul kerusakan pada kulit seperti menjadi kasar, terdapat garis halus, dan lainnya.

2. Mengalami Stres

stres

Memang benar kalau stres membawa berbagai masalah bagi tubuh entah kesehatan maupun kecantikan. Stres bagi kecantikan bisa membuat kulit cepat mengalami penuaan dini yang ditandai dengan adanya garis halus di sekitar wajah.

Proses penuaan akan lebih cepat karena hormon adrenalin dalam tubuh diproduksi dengan cepat dan meningkat. Selain itu, stres yang berlarut – larut bisa menghambat regenerasi kulit, sehingga sel – sel kulit mati menumpuk.

Baca Juga : 4 Cara Membuat Kulit Tampak Putih Bersinar Secara Alami.

3. Penyebab Penuaan Dini – Kurang Tidur Yang Cukup

Dengan beristirahat tidur yang cukup, bisa membuat tubuh jadi lebih sehat dan baik. Selain itu sirkulasi darah akan lebih lancar dan bisa menjaga kulit tetap terawat. Beda halnya ketika seseorang mengalami kekurangan tidur yang cukup.

Biasanya tubuh mereka akan bermasalah, belum lagi kulit mereka akan sedikit mengalami penuaan. Ini disebabkan regenerasi sel – sel kulit tidak berlangsung dengan baik, yang biasanya regenerasi terjadi ketika waktu istirahat atau tidur.

4. Tubuh Kekurangan Nutrisi

kurang nutrisi

Nutrisi bisa berfungsi berbagai hal terhadap kesehatan tubuh bahkan kecantikan kulit sekalipun. Untuk kulit, nutrisi berfungsi menjaga kulit tetap sehat dan halus sehingga terhindar dari penuaan dini. Tapi, jika tubuh kekurangan nutrisi maka boleh jadi badan akan mengalami masalah serta perubahan.

Perubahan bisa terjadi secara fisik seperti pada kulit yang mulai timbul garis halus, tanda dari proses penuaan dini. Nutrisi yang kurang, membuat tubuh juga tidak bisa melawan serangan radikal bebas dari terpaan sinar matahari.

5. Polusi Udara

Kualitas udara yang buruk, juga bisa membuat kesehatan kulit menjadi berkurang bahkan cenderung menimbulkan berbagai masalah. Selain mengganggu pernafasan, polusi udara bisa mengakibatkan kulit mengalami perubahan.

Perubahan yang timbul bisa berupa garis halus, atau disebut tanda penuaan dini yang sering dialami banyak orang. Polusi udara juga membuat sinar berbahaya dari matahari bisa masuk ke bumi dan menyebabkan kerusakan pada kulit entah keriput, bahkan kanker.

6. Penyebab Penuaan Dini – Terlalu Ekspresif

terlalu ekspresif

Tertawa, marah, sedih merupakan salah satu bentuk ekspresi dari manusia. Memang pada awalnya tidak ada yang salah dari hal tersebut. Namun, bila ekspresi tersebut diulang- ulang dan terlalu sering, akan menimbulkan kerutan yang permanen. Garis – garis halus, akan lebih nampak seiring berjalannya waktu ketika usia bertambah tua. Tertawa memang menyenangkan, tanpa anda sadari kulit cantik anda bisa dengan mudah menghasilkan garis halus.

Nah, itu saja pembahasan mengenai penyebab penuaan dini yang sering dialami banyak orang. Memang ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi terjadinya proses penuaan dini dari faktor eksternal maupun internal.

Namun, kebanyakan terjadi karena faktor internal seperti terlalu ekspresif, kekurangan nutrisi, stres dan lainnya. Jadi, bila tidak mau mengalami penuaan dini, sebaiknya menghindari hal – hal di atas. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan semoga bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *