oleh

Waspada! 5 Penyebab Radang Tenggorokan Yang Mengganggu

Waspada! 5 Penyebab Radang Tenggorokan Yang Mengganggu – Sakit tenggorokan sangat mengganggu aktivitas. Salah satunya sulit menelan makanan padahal butuh energi yang dihasilkan dari asupan nutrisi tersebut. Juga tenggorokan menjadi kering yang menyebabkan batuk dan menjalar menjadi flu dan demam.

Walaupun radang tenggorokan termasuk penyakit yang lebih sering dialami banyak orang tapi tetap meresahkan. Untuk dapat mengobatinya, Anda harus tahu penyebab dari timbulnya rasa sakit tersebut. Agar menjadi lebih mudah untuk di obati.

Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya

Tahapan mengalami radang tenggorokan akan terjadi jika tidak ada pengobatan yang dilakukan. Jika di awal gejalanya terbilang biasa, Anda akan mendapatkan masalah lebih besar pada beberapa waktu kedepan. Karena bisa jadi awal dari terjadinya pembesaran amandel atau bahkan bisa karena adanya pembesaran kelenjar getah bening di leher.

Untuk itu jika sudah mulai merasa tidak enak pada tenggorokan, langsung lakukan cek up ke dokter THT. Agar penyakit lainnya masih bisa dihindari. Langsung saja berikut penyebab yang menimbulkan radang tenggorokan serta cara mengatasinya dengan tepat.

1. Terserang Infeksi Virus

Adanya serangan dari virus merupakan salah satu penyebab besar terjadinya peradangan di tenggorokan. Anda harus bisa menjaga kesehatan lebih maksimal agar virus tidak masuk begitu saja dan mengganggu tubuh. Jenis infeksi virus yang menyerang tidak jauh seperti penyebab flu dan pilek yaitu jenis firus influenza. Tapi bisa juga dari virus yang menyebabkan campak maupun cacar air.

Banyak orang yang terken infeksi virus di tenggorokan melakukan penyembuhan dengan konsumsi antibiotik. Padahal itu tidak memberikan efek besar untuk penyembuhan. Anda hanya perlu mengobatinya dengan berkumur air hangat yang di campur garam dan bisa menambahkan pelega tenggorokan.

2. Terserang Infeksi Bakteri

bakteri

Selain virus, infeksi bakteri juga menyebabkan Anda mengalami radang tenggorokan. Dari jenis bakteri streptokokus A dan streptokokus pyogenes yang menimbulkan radang dengan tingat yang lebih parah. Karena bisa menimbulkan pembengkakkan pada amandel dengan munculnya bercak putih.

Atau menyerang kelenjar getang bening dan menimbulkan demam. Jika gejela ini sudah mulai terasa segerakan untuk mengunjungi dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Penyebab Radang Tenggorokan – Meningkatnya Asam Lambung

Radang pada tenggorokan yang Anda alami bisa saja berasal dari asam lambung yang sedang berkontraksi. Ini terjadi karena asupan makanan yang menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan sehingga terjadi iritasi dan menyebabkan sakit pada tenggorokan.

Anda harus mengontrol asupan makanan dengan gizi yang baik. Hindari jenis makanan pedas dan mengandung minyak seperti gorengan. Juga atur pola makanan tepat waktu agar penyakit maag tidak kambuh. Mulailah dispilin untuk menghindarkan Anda dari radang tenggorokan.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh, Terutama Lambung.

4. Alergi

alergi

Bagi Anda yang memiliki alergi harus bisa menjaga sistem imun agar tidak menurun. Reaksi alergi terjadi saat penyebab alergi berekasi pada sistem kekebalan tubuh. Kemudian menyebabkan beberapa gejala seperti hidung tersumbat, bersin sampai iritasi tenggorokan.

Biasanya pemicu alergi berasal dari debu, bulu hewan sampai serbuk sari. Untuk mengatasinya, hindari hal-hal yang memberikan reaksi alergi pada tubuh Anda. Dengan begitu radang tenggorokan bisa di cegah.

5. Penyebab Radang Tenggorokan – Udara Kering

Dan penyebab terjadinya radang tenggorokan juga bisa berasal dari udara kering. Boasanya udara seperti ini akan terasa ketika adanya peralihan musim dingin ke musim panas. Atau Anda yang sering berada dalam ruangan ber AC sehingga menyebabkan tenggorokan kering dan gatal. Prosesnya yaitu saat udara panas akan menyedot kelembaban pada mulut dan juga tenggorokan. Jadi hindari peralihan cuaca dengan mengkonsumsi asupan vitamin dan nutrisi yang tepat.

Jadi jangan sepelekan rasa sakit di tenggorokan yang menyebabkan peradangan. Anda harus menghindari berbagai pemicunya sehingga dapat mencegah terjadi rasa sakit yang semakin parah. Tetap cek kondisi tubuh secara rutin jika sudah melihat adanya gejala radang tenggorokan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *