oleh

Sayuran Untuk Penderita Asam Urat Yang Sangat Dianjurkan

Sayuran Untuk Penderita Asam Urat Yang Sangat Dianjurkan – Menjaga pola makan harus ditegakkan supaya kesehatan tubuh jadi tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit. Sebab, ketika anda tidak menjaga pola makan dan perilaku dengan baik maka tubuh bisa mengalami masalah.

Ada banyak penyakit yang segera menyerang anda apabila makanan yang dikonsumsi tidak diperhatikan. Salah satu masalah yang sering timbul akibat perilaku tersebut adalah asam urat yang tinggi. Namun tenang, ada banyak sayuran untuk penderita asam urat yang sangat dianjurkan.

Asam urat sering kali membuat orang – orang takut mengkonsumsi makanan entah itu sayuran, buah, daging dan lainnya. Mereka merasa kalau mengkonsumsi sesuatu yang salah bisa mengakibatkan kadar asam urat dalam tubuh jadi tinggi.

Soalnya, ketika asam urat sudah tinggi bisa mengganggu gerakan tubuh, bahkan sendi pada tulang jadi agak kaku. Penderita asam urat yang tinggi bisa terjadi oleh semua orang tak memandang usai, entah mudah atau orang tua.

Sayuran Untuk Penderita Asam Urat

Orang yang sudah memiliki kadar asam urat yang sudah tinggi, sepatutnya berhati – hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Salah – salah memilih makanan bisa memicu meningkatkan kadar asam urat yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Namun anda bisa mengatasi asam urat ini dengan mengkonsumsi beberapa jenis sayur yang memang bisa membantu menurunkan kadar asam urat anda. Ada banyak sayuran yang bisa anda pilih, apabila anda tidak tahu, berikut ini beberapa sayuran untuk penderita asam urat.

1. Wortel

Sayur dengan warna jingga ini ternyata bisa membantu menjaga kadar asam urat, sehingga sangat pas buat anda yang mengalami asam urat. Sayur yang kaya vitamin A ini memiliki kandungan purin yang sangat rendah dari beberapa sayur lainnya.

Purin ini biasanya akan diolah dalam tubuh menjadi asam urat. Karena purin dalam sayur wortel yang rendah maka asam urat yang dihasilkan pun juga kecil. Jadi, ini sangat pas buat kalian yang ingin menstabilkan kadar asam urat dalam tubuh anda .

2. Brokoli

brokoli

Sayur yang berbentuk seperti pohon ini juga sangat pas buat para penderita asam urat. Dengan konsumsi brokoli secara rutin bisa membantu penderita asam urat mengurangi atau menurunkan kadar asam urat dalam tubuh mereka.

Hal ini disebabkan kandungan vitamin C pada brokoli yang begitu banyak. Vitamin C ini sangat berguna dan berfungsi untuk menjaga kadar asam urat dalam tubuh. Bahkan dengan konsumsi sayur ini, kadar asam urat akan segera turun dan stabil kembali.

3. Bayam

Bayam terkenal sebagai sayuran yang mengandung zat besi begitu tinggi, di mana ini sangat baik untuk tubuh. Zat besi ini nantinya sangat berhubungan dengan kadar darah dalam tubuh, seperti mengatasi masalah kekurangan darah seperti anemia.

Baca Juga : 4 Manfaat Jus Sayuran Untuk Kecantikan & Kesehatan Kulit.

Untuk masalah asam urat, bayam bisa membantu mengkontrol kadar asam urat dalam tubuh sehingga tidak terlalu tinggi. Seperti wortel, bayam juga memiliki kadar purin yang rendah, sehingga asam urat yang dihasilkan nantinya juga sedikit.

4. Sayuran Untuk Penderita Asam Urat – Jamur

jamur

Entah bagaimana pun jamur menjadi salah satu sayur yang sangat cocok dikonsumsi oleh orang – orang yang mengalami asam urat. Jamur termasuk sayuran dengan kandungan serta yang begitu tinggi, dan ini sangat cocok buat sistem pencernaan.

Selain untuk pencernaan, serat ini juga baik bagi para penderita asam urat. Kalori yang rendah, jamur mirip seperti bayam yang baik buat kondisi kadar asam urat yang tinggi. Anda bisa konsumsi jamur secara berkala supaya asam urat tidak naik terlalu tinggi.

5. Kentang

Kadar karbohidrat yang cukup tinggi pada kentang, sering kali ini digunakan untuk bahan pengganti nasi.  Selain karbohidrat dalam kentang, kandungan kentang lainnya adalah vitamin C yang juga bermanfaat buat tubuh anda.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sayur kentang, bisa membantu menurunkan kandungan asam urat dalam tubuh. Dengan konsumsi kentang secara rutin dan berkala, bisa menurunkan asam urat serta menstabilkan-nya.

Nah, itulah artikel mengenai sayuran  untuk penderita asam urat yang sangat pas dan sangat dianjurkan. Dengan mengkonsumsi sayuran di atas, bisa membantu anda mengkontrol dan menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Yang perlu anda lakukan lainnya adalah aktivitas yang baik seperti berolah raga, istirahat yang cukup serta tetap menjaga pola makan dan jenis makanan-nya. Sekianlah artikel kali ini semoga bisa bermanfaat buat anda semuanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *