oleh

7 Aktifitas Mudah Agar Tubuh Tetap Sehat Tanpa Olahraga

7 Aktifitas Mudah Agar Tubuh Tetap Sehat Tanpa Olahraga – Memiliki badan yang sehat adalah dambaan semua orang. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh sehat. Bisa melalui makanan sehat, asupan multivitamin, dan olahraga. Namun tak sedikit juga orang yang malas olahraga namun tetap menginginkan tubuh yang sehat. Lalu bagaimana mendapatkan tubuh yang sehat tanpa olahraga?.

Tak perlu menjawab mustahil untuk menjawab pertanyaan tersebut. Sebab ada beberapa aktivitas harian yang dapat dilakukan dengan mudah agar tubuh sehat tanpa harus olahraga. Bahkan cara ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Misalnya ketika Anda akan berangkat kerja, ketika menghabiskan waktu sore hari, atau bahkan aktivitas penghilang stres seperti belanja. Tak hanya belanja, beberapa aktivitas yang menyehatkan tubuh yang dapat dilakukan dengan mudah diantaranya.

Aktifitas Mudah Agar Tubuh Tetap Sehat Tanpa Olahraga

1. Berjalan Kaki

Jalan kaki adalah aktivitas sehari-hari paling mudah dan sederhana untuk dilakukan. Aktifitas sederhana ini mampu membakar kalori pada tubuh. Selain itu jalan kaki juga sangat baik bagi kesehatan jantung. Sebab ketika berjalan denyut jantung dan sirkulasi darah dalam tubuh akan meningkat. Bahkan dengn berjalan kaki secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, serta gula darah.

2. Membersihkan Rumah

membersihkan rumah

Aktivitas mudah yang menyehatkan selanjutnya yaitu membersihkan rumah. Melalui aktifitas ini tubuh akan terus bergerak sehingga dapat membakar lemak dalam tubuh.  Jika Anda termasuk orang yang rutin membersihkan rumah maka aktivitas ini mudah dilakukan karena sudah menjadi kebiasaan. Kebiasaan baik ini selain membuat rumah menjadi bersih juga menyehatkan bagi Anda.

3. Berkebun

Jika anda memiliki tanah kosong/kebun di sekitar rumah, alangkah baiknya jika sesekali Anda melakukan aktivitas berkebun agar tubuh menjadi fit. Aktifitas ini bisa dilakukan dengan membersihkan atau menyapu halaman kebun, menanam pohon atau bunga, dan menyiram bunga.

Selain menyehatkan, aktivitas ini juga baik untuk menghilangkan stres. Ketika berkebun Anda akan melupakan sejenak rutinitas sehari-hari yang menjenuhkan. Suasana segar dan sejuk di tengah pohon dan bunga-bunga dapat merilekskan pikiran Anda.

4. Belanja

belanja

Belanja merupakan kegiatan yang sangat disukai kaum wanita. Tanpa disadari ternyata dengan belanja, dapat membuat kesehatan menjadi prima. kegiatan belanjan selain menghilangkan stres, juga menyehatkan tubuh. Sebab ketika berbelanja kita tanpa sadar berjalan keliling mencari makakan maupun barang yang akan dibeli. Dengan begitu secara tidak langsung tubuh terus bergerak sehingga denyut jantung akan meningkat.

5. Pergi Menggunakan Transportasi Umum

Meskipun terlihat biasa saja, namun ternyata pergi menggunakan transportasi umum dapat menyehatkan badan. Mengapa?, kektika bepergian menggunakan transportasi umum tubuh akan banyak bergerak daripada menggunakan kendaraan pribadi.

Secara tidak langsung kegiatan seperti berjalan mencari angkot, berdiri menunggu bis datang, naik turun kendaraan akan membuat tubuh lebih banyak bergerak dan menjalan berbagai organ tubuh. Dengan begitu baik jantung, sirkulasi darah, dan otot-otot akan bekerja dengan baik.

Baca Juga : Kiat Gaya Hidup Sehat Yang Wajib Anda Semua Lakukan!!.

6. Naik Turun Tangga

naik turun tangga

Naik turun tangga juga efektif dalam pembakaran lemak. Upayakan untuk selalu memilih menggunakan tangga daripada lift. Menurut sebuah penelitian, menyebutkan bahwa kegiatan naik turun tangga 7 kali lebih banyak dalam membakar kalori daripada naik lift. Ada banyak manfaat kesehatan yang dapat kita peroleh hanya dengan menaiki atau menuruni tangga. Beberapa manfaat tersebut seperti menurunkan resiko serangan jantung, menyehatkan jantung, serta menguatkan otot.

7. Bersepeda

Bersepeda adalah pilihan yang tepat untuk membuat tubuh tetap fit tanpa harus olahraga. Bersepeda santai pagi hari ataupun sore hari sangat penting bagi jantung. Selain itu, otot kaki juga akan terlatih dan menjadi lebih kuat. Selain untuk kesehatan, bersepeda juga bisa dilakukan untuk bersenang-senang. Aktifitas ini sangat cocok bagi Anda yang disibukkan dengan rutinitas dunia kerja yang melelahkan.

Aktivitas di atas dapat kita lakukan sehari-hari. Bahkan dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan lain. Ada baiknya aktivitas tersebut dijadikan sebagai kebiasaan, misalnya membiasakan diri bersepeda setiap pagi, membiasakan diri berjalan kaki, dan kebiasaan-kebiasaan lainnya.

Semoga anda bisa menerapkan salah satu gaya hidup sehat di atas. Sekian informasi mengenai aktifitas yang membuat tubuh sehat tanpa perlu olahraga. Terima kasih atas kunjungannya, dan jangan lupa berkunjung kembali. Lakukan dari sekarang, jika tidak sekarang, kapan lagi?.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *