oleh

7 Tips Sehat Saat Puasa Agar Badan Tetap Fit Dan Puasa Tetap Lancar

7 Tips Sehat Saat Puasa Agar Badan Tetap Fit Dan Puasa Tetap Lancar – Puasa merupakan ibadah wajib bagi umat Islam yang harus dijalankan. Ibadah puasa merupakan ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga sore hari saat terbenamnya matahari.

Secara medis kondisi tubuh yang tidak makan dan minuman dalam jangka waktu berjam-jam  merupakan salah satu cara tubuh melakukan proses detoksifikasi atau proses pembuangan zat-zat beracun dalam tubuh. Namun proses detokdifikasi ini akan berjalan maksimal apabila diimbangi dengan gaya hidup sehat saat puasa.

Oleh sebab itu ada baiknya kita ketahui beberapa tips sehat saat puasa agar puasa tetap lancar dan tetap baik untuk tubuh. Tips sehat saat puasa berikut ini bisa Anda lakukan agar tetap dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik serta agar kondisi kesehatan tetap terjaga. Apa saja tips yang bisa Anda lakukan? Berikut ulasannya.

Tips Sehat Saat Puasa

1. Tips Sehat Saat Puasa Jangan Lewatkan Sahur

Cara paling sederhana dalam menjaga tubuh agar tetap fit saat berpuasa yaitu tidak melewatkan makan sahur. Sahur merupakan aktivitas makan dan minum sebelum waktu imsak atau memasuki waktu puasa. Aktivitas ini sangat penting karena pada saat tersebut tubuh akan diberi asupan makanan dan minuman sebagai bekal ketika menahan lapar dan haus selama berpuasa.

Dengan makan sahur sebelum puasa maka Anda tetap memiliki energi meskipun puasa seharian. Saat sahur Anda bisa memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, vitamin dan mineral. Zat-zat tersebut bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi makanan seperti gandum, oat, sayuran dan buah-buahan.

2. Tips Sehat Saat Puasa Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

minum air putih

Kita tahhu bahwa sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Dalam sehari kebutuhan air yang kita perlukan yaitu minimal 8 gelas setiap hari. Namun saat puasa tentu saja cairan di dalam tubuh menjadi berkurang. Untuk tetap dapat mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, Anda bisa memenuhinya saat sahur dan berbuka.

Anda bisa minum air putih setiap satu gelas pada saat setelah adzan maghrib, setelah shalat maghrib, setelah makan, setelah shalat tarawih, sebelum tidur, setelah bangun tidur, sebelum makan sahur dan setelah makan sahur. Dengan minum air putih pada 8 waktu tersebut maka Anda bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa.

3. Penuhi Kebutuhan Vitamin Dan Mineral

Tips sehat saat puasa berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral. Vitain dan mineral di dalam tubuh dapat berfungsi agar tubuh tidak terhidrasi. Oleh karenanya makanlah buah dan sayur saat buka dan sahur.

Selain mencegah dehidrasi pada tubuh, mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral saat puasa juga berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan seperti papaya, manga, jeruk, melon serta sayuran seperti brokoli, bayam, tomat dan aneka sayur dan buah-buahan lainnya.

4. Tips Sehat Saat Puasa Dengan Makan Secukupnya

makan secukupnya

Saat berbuka puasa merupakan saat yang dinanti bagi orang yang berpuasa. Pada saat tersebut sebagian besar orang tergoda untuk menyantap semua hidangan berbuka. Jika tidak terkontrol maka akan menyebabkan perut begah dan kembung.

Tentu saja hal ini membuat tidak nyaman dan bahkan bisa menyebabkan masalah pencernaan lainnya. Setelah adzan maghrib Anda bisa makan makanan ringan seperti kurma atau buah. Setelah shalat barulah Anda bisa langsung makan.

Baca Juga : Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Yang Bisa Anda Dapatkan Jika Rutin.

5. Hindari Makanan Berminyak

Gorengan memang merupakan makanan khas yang sering menghiasi meja makan ketika berbuka. Meskipun menu satu ini memang selalu menggoda, namun terlalu banyak memakan gorengan ketika berbuka bukanlah hal yang baik. gorengan merupakan makanan berlemak yang selain bisa menyebabkan kolesterol juga bisa membuat badan lebih cepat lemah dan lesu.

Terlalu banyak memakan goorengan akan membuat kualitas puasa menurun dan brpengaruh pada berat badan Anda. maka tak heranjika banyak orang yang setelah menjalankan puasa selama sebulan bukannya turun berat badannya justru malah naik timbangannya. Bisa saja hal tersebut karena pola makan yang tidak teratur.

6. Tidur Yang Cukup

tidur secukupnya

Selain memperhatikan pola makan, agar puasa tetap fit dan lancar Anda juga harus menjaga pola tidur. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan istirahat Anda dengan tidur yang cukup. Saat puasa Anda harus bangun pagi untuk makan sahur.

Tentu saja sahur merupakan aktivitas diluar kebiasaan harian Anda. Bangun pagi untuk menyiapkan sahur akan mengurangi waktu tidur Anda. Oleh karenanya usahakan hindari begadang selama bulan puasa agar waktu tidur Anda tidak terganggu dan puasa bisa berjalan dengan lancar. Kualitas tidur yang kurang baik juga bisa mempengaruhi kinerja otak yang akan menghambat aktivitas Anda.

7. Tips Sehat Saat Puasa Olahraga

Seharusnya ibadah puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan beraktivitas apalagi olahraga. Olahraga ketika puasa sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap prima. Anda tidak perlu olahraga berat yang akan mengeluarkan banyak keringat. Beberapa pilihan olahraga ringan bisa Anda jadikan alternatif untuk melakukan olahraga ketika berpuasa. Anda bisa berjalan kaki ataupun bersepeda santai selama 30 menit sebagai pilihan olahraga saat puasa.

Agar puasa tetap lancar menjaga pola hidup sehat saat berpuasa sangatlah penting. Dengan melakukan tips sehat saat puasa di atas maka Anda bisa meminimalisir kemungkinan sakit saat puasa, merasa lemah, letih dan lesu serta mengantuk yang bisa menghambat aktivitas Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *