√ 4 Tips Untuk Memastikan Kebersihan Di Area Komputer Anda

Tips Untuk Memastikan Kebersihan Di Area Komputer Anda  Memiliki area komputer yang bersih adalah keinginan setiap orang. Kebersihan ini akan membuat si pemakai menjadi nyaman dan produktif saat bekerja, baik itu untuk mengerjakan tugas sekolah maupun tugas kantor.

Untuk memastikan area komputer tetap bersih, dibutuhkan cara yang cukup ekstrim supaya dapat membuat area komputer bebas dari berbagai sampah dan kotoran, baik karena debu, bekas rokok, kertas yang tak terpakai dan berbagai jenis sampah lainnya.

Bila Anda tidak membersihkan area komputer secara rutin, maka akan menyebabkan hal yang tidak diinginkan, seperti turunnya konsentrasi dan produktivitas kerja hingga kerusakan komputer akibat debu dan kotoran yang menumpuk.

Nah, pada artikel ini saya membahas beberapa hal untuk memastikan agar area komputer anda tetap bersih, dan pastinya akan membuat Anda dapat bekerja dengan nyaman dan tetap produktif. Langsung saja berikut tips-tipsnya.

Tips Untuk Memastikan Kebersihan Di Area Komputer Anda

1. Siapkan Alat Pembersih Komputer

alat pembersih komputer

Ketersediaan alat Pembersih komputer menjadi salah satu faktor penting untuk membuat area komputer tetap bersih dan terjaga. Alat-alat pembersih komputer yang minimal harus ada seperti cairan pembersih monitor, kain microfiber, kanebo, penyedot debu mini, magic gell, dan blower karet.

Cairan pembersih monitor berfungsi untuk membersihkan layar monitor yang ada di komputer, sehingga layar komputer menjadi lebih bersih dan mengkilap. Kain microfiber adalah kain yang memiliki serat yang kecil berfungsi untuk menyerap debu dan kotoran yang ada di dalam komputer.

Selanjutnya kanebo berfungsi untuk membersihkan berbagai komponen komputer seperti casing, tuts, printer dan scanner, serta berbagai hardware komputer lainnya. Penyedot debu mini dan magic gell berfungsi untuk membersihkan keyboard komputer dengan maksimal, hingga  blower karet yang juga berfungsi untuk membersihkan area yang sulit dijangkau seperti tuts keyboard dan area komputer lain yang sulit dijangkau.

Anda tidak harus memiliki semua jenis alat pembersih komputer yang sudah disebutkan. Namun pilihlah beberapa alat pembersih komputer yang setidaknya mampu membereskan masalah debu dan kotoran di berbagai komponen dan area komputer.

2. Sediakan Tempat Sampah

Hasil cetak printer yang gagal membuat area komputer menjadi berantakan, hingga membuat ruangan dipenuhi dengan sampah kertas. Akibatnya konsentrasi bekerja semakin menurun dan membuat Anda semakin malas bahkan menunda pekerjaan.

Menyediakan tempat sampah adalah salah satu cara yang cukup ampuh dilakukan agar Anda bisa membuat area komputer menjadi lebih rapi dan bersih. Dengan begini Anda tidak perlu susah payah untuk membuang sampah kertas dan sampah lainnya yang mungkin akan menyita waktu Anda bekerja dan melakukan aktivitas di komputer.

Tempat sampah yang ada pastikan sesuai dengan ukuran ruangan area komputer juga pastikan letaknya berada dekat dan terjangkau dengan posisi area komputer yang biasa Anda pakai.

Baca Juga :

3. Usahakan Jangan Makan, Minum, Dan Merokok Di Area Komputer

jangan merokok

Melakukan aktivitas sembari makan, minum dan merokok di area komputer memang menyenangkan. Namun tahukah Anda bahwa kegiatan-kegiatan tersebut akan membuat area komputer menjadi dipenuhi dengan debu dan kotoran yang dapat menempel di dalam komputer?.

Bila Anda tetap melakukannya, pikirkan bahwa bekas remahan makanan seperti snack dan keripik dapat mengundang semut dan berbagai serangga lain, minuman di area komputer seperti teh, kopi dan susu sebenarnya tidak masalah, namun bila jatuh di sekitar komputer akan membuat komputer Anda menjadi rusak, serta abu rokok juga harus dihindari karena abunya dapat masuk ke dalam hardware komputer yang berakibat lambatnya kinerja komputer Anda. Dengan begini tentunya sangat merugikan Anda,  bukan?

Alangkah lebih baik bila Anda sudah di depan komputer tidak melakukan aktivitas seperti makan, minum dan merokok di komputer. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan waktu santai sejenak dengan makan, minum atau merokok supaya area komputer di ruangan Anda tetap bersih dan terjaga.

Di samping telah menyediakan berbagai alat pembersih komputer, tempat sampah dan tidak melakukan aktivitas seperti makan, minum dan merokok di komputer, kebersihan area komputer dapat tetap terjaga apabila Anda tetap rutin membersihkan ruangan rumah yang akan membuat area komputer menjadi bersih maksimal.

4. Sediakan AC (Opsional)

Sebagai tambahan, anda juga bisa menambahkan AC jika untuk menyaring udara dan membersihkannya agar lebih segar. Jika udara terasa nyaman, nanti proses bekerja anda di depan layar komputer pun akan terasa nyaman.

Jika memang anda tidak bisa menyediakan AC, anda bisa memasang ventilasi udara agar udara bisa keluar masuk dengan lancar.

Demikian mengenai artikel tentang beberapa tips untuk memastikan kebersihan di area komputer, pastikan anda selalu memperhatikan area komputer sehingga Anda menjadi tetap produktif baik itu dalam pekerjaan, bermain game maupun melakukan aktivitas kegiatan lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *