16+ Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Menjanjikan

16+ Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Menjanjikan – Anda para ibu rumah tangga ingin menghasilkan uang untuk membantu meringankan beban suami?, saya rasa itu hal yang sangat tepat. Mengapa demikian, karena sudah kewajiban para istri membantu suami yang bekerja seharian penuh.

Untuk membantu pekerjaan utama suami, anda sebagai ibu rumah tangga bisa membantu dalam hal finansial seperti membuat sebuah usaha atau bisnis sampingan di rumah. Usaha sampingan tersebut banyak sekali jenisnya, yang penting usaha tersebut halal, itu sudah sangat baik.

Saya sarankan, untuk anda para ibu rumah tangga jangan terlalu serius mengambil jenis usaha yang mengambil tenaga cukup besar. Ambil jenis usaha yang ringan dan dapat dikerjakan di waktu luang, dan karena ini jenisnya usaha sampingan, jadi bentuknya fleksibal (bisa dikerjakan kapan saja).

Banyak sekali contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa para ibu sekalian pilih, mulai dari yang membutuhkan modal kecil hingga membutuhkan modal yang besar. Atau anda bisa memilih salah satu usaha yang sudah saya tuliskan di bawah, berikut daftarnya.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

1. Membuka Online Shop

Hampir semua orang di indonesia membuka toko online sendiri, mengapa demikian?. Karena membuka toko online sangat menguntungkan. Apalagi jika anda tidak ada pekerjaan di rumah dan hanya mengurus toko online sacara penuh seharian. Usaha ini sangat cocok bagi anda para ibu-ibu yang tidak ada pekerjaan di rumah.

Hanya bermodalkan handphone atau laptop, anda sudah bisa membangun sebuah toko online melalui rumah. Untuk promosinya sendiri, anda bisa menggunakan fb ads atau iklan google agar toko online anda semakin dikenal banyak orang. Ayo buka toko online anda sekarang juga.

2. Catering

catering

Memasak merupakan salah satu hal yang berhubungan dengan wanita, dengan kata lain anda para ibu rumah tangga pastinya bisa memasak. Sebuah keanehan jika ibu rumah tangga tidak bisa memasak masakan untuk keluarganya. Melihat hal ini, usaha catering merupakan usaha yang sinkron dengan para ibu sekalian.

3. Jual Pulsa Dan Paket Data

Semua orang pastinya bisa memulai usaha ini baik pria maupun wanita, namun jika suami anda sudah sibuk dengan pekerjaan utama, tidak ada salahnya jika anda para istri membantu dengan membuka usaha berjualan pulsa dan paket data. Hanya bermodalkan handphone saja anda sudah bisa memulai usaha ini.

Untuk memulai usaha ini, terutama pulsa minimal anda bisa membeli saldo dengan uang 100 ribuan. Dan untuk paket data mungkin agak mahal, namun justru paket data lah yang sekarang banyak diminati, ini karena sekarang sudah jamannya internet, dimanapun kita berada cenderung membutuhkan internet.

4. Jasa Laundry

laundry

Selain memasak, hal identik lainnya yang melekat pada para wanita yakni mencuci. Semua ibu rumah tangga memang seharusnya diwajibkan bisa mencuci, minimal mencuci pakaian untuk keluarganya. Namun jika ekonomi keluarga mengalami masalah, anda bisa memanfaatkan usaha ini untuk membantu masalah ekonomi tesebut.

Untuk memulai usaha ini, minimal anda bisa mencuci. Syukur-syukur jika anda kuat mencuci baju manual dengan menggunakan tangan, daripada dengan mesin cuci. Mesin cuci yang bagus cukup banyak memakan daya listrik. Anda bisa memberikan harga per kilo pakaian yang dicuci.

5. Jasa Menjahit Pakaian

Berbicara tentang hal yang berhubungan dengan ibu rumah tangga, rasanya tidak ada habisnya. Selain memasak dan mencuci, menjahit juga tidak luput dengan wanita, apalagi para ibu rumah tangga yang dulunya sekolah di SMK jurusan menjahit dan sejenisnya.

Namun jika anda para ibu belum bisa menjahit, mulai sekarang anda harus belajar menjahit. Mengapa saya bilang anda para ibu wajib bisa menjahit?, karena jika ada pakaian yang rusak, minimal pakaian keluarga, maka para ibu sekalian bisa menjahitnya tanpa harus membawanya ke tukang jahit.

6. Berjualan Jus Buah

jus buah

Usaha sampingan ibu rumah tangga selanjutnya yakini berjualan jus buah. Sekarang ini banyak orang beralih ke makanan dan minuman sehat dan menyehatkan. Memang zaman semakin berkembang, namun banyak sekali bentuk makanan dan minuman yang masih menggunakan pengawet dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, tidak sedikit orang yang berusaha mencari makanan dan minuman yang benar-benar alami dan menyehatkan, contohnya jus buah. Berjualan jus buah sangat cocok untuk anda para kaum hawa, karena terlihat lebih segar dibandingkan dengan pria, apalagi yang berjualan ibu-ibu muda.

7. Membuka Warung Makan

Nah, poin ke 7 ini hampir sama dengan poin ke 2, yakni catering. Untuk membuka warung makan, intinya anda harus bisa memakan, bahkan mungkin anda wajib mencoba memasak berbagai jenis makanan seperti rawon, soto, nasi pecel, nasi kare, dan lainnya. Untuk membuka warung makan, dibutuhkan modal yang lumayan besar,

8. Menjadi Blogger

blogger

Menjadi blogger susah-susah gampang ya, tergantung niatnya bagaimana. Jika untuk pertama kali anda berniat mencari uang dari ngeblog, memang sulit. Tetapi jika niatan awalnya karena hobi, menjalaninya lebih mudah. Anda para ibu sekalian wajib mencoba jenis usaha ini di waktu luang yang memiliki waktu seharian di rumah.

Modal usaha ini minimal satu buah laptop, dan jaringan internet. Untuk blog sendiri anda bisa membuat blog secara gratis di Blogger.com. Anda para ibu bisa membangun blog dengan membuat artikel di waktu luang, seperti setelah memasak atau setelah mencuci pakaian.

9. Jasa Artikel Freelance

Selain blogger, usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal lainnya yakni menjual jasa pembuatan artikel. Berjualan artikel terbilang lebih mudah dibandingkan dengan membangun sebuah blog. Untuk tarif artikel pada umumnya tergantung berapa banyak kata yang diinginkan.

10. Jasa Les Privat

les privat

Terakhir, usaha sampingan yang bisa ibu-ibu coba di rumah yakni membuka jasa les privat. Usaha ini sangat cocok di lingkungan perumahan/desa yang terdapat banyak anak sekolahan, khususnya anak SD. Selain anak SD, mungkin anda bisa mengajar les anak SMP atau SMA. Modal usaha ini adalah pengetahuan dan kepintaran anda.

Selain 10 usaha sampingan ibu rumah tangga yang saya terangkan diatas, masih banyak sekali bisnis yang bisa dijalankan sebagai sampingan ibu rumah tangga untuk membantu suami, berikut bisnis sampingan lainnya yang bisa para ibu sekalian coba di rumah :

  1. Membuat kerajinan tangan.
  2. Jual gorengan.
  3. Bisnis aksesoris wanita.
  4. Jasa event organizer.
  5. Jasa rias pengantin.
  6. Berjualan produk kecantikan.
  7. Dan masih banyak lagi.

Baca juga peluang usaha lainnya untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan.

Para ibu sekalian bisa memilih jenis usaha yang disukai, dan bila memang para ibu-ibu tidak ingin mencoba 16 usaha yang saya sebutkan diatas, mungkin ibu-ibu bisa mencoba usaha lainnya. Lumayan kan hasilnya bisa membantu pekerjaan utama suami, selain itu uangnya juga bisa digunakan sebagai belanja sendiri.

Oke, itulah artikel mengenai beberapa jenis usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan. Semoga dengan membaca artikel ini, ibu-ibu di rumah mendapatkan ide untuk membantu pekerjaan utama suami. Sekian, terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Add Comment

UA-101858990-1
error: Content is protected !!