8 Faktor Yang Mempengaruhi CTR Adsense Dan Batas Angka Amannya

8 Faktor Yang Mempengaruhi CTR Adsense Dan Batas Angka Amannya – Jumpa lagi sobat, para publisher adsense kayaknya tegang nih. Hehehe santai aja sob. Disini saya akan menerangkan tentang beberapa faktor yang mempengaruhi naik turun nya CTR / click through rate adsense. Yang baru saja jadi piblisher adsense pasti bingung mengenai CTR ini, saya juga dulu sempat bingung, namun alhamdulillah sekarang agak mendingan.

Pasti banyak yang tanya, CTR itu kegunaan nya untuk apa ya, apakah sangat penting, apakah bisa menaikkan ctr adsense ? Biasanya kalau tidak penting pasti pihak google adsense tidak akan memperlihatkannya pada kita. Nah, maka dari itu disini saya akan menjelaskan pengertian CTR google adsense ini dulu sebelum lanjut ke permasalahan yang mempengaruhi naik turunnya CTR ini.

Apa itu CTR Adsense ?

CTR adalah adalah kepanjangan dari Click Through Rate yang dalam bahasa indonesia berarti rasio klik tayang yang dihitung dari jumlah klik iklan dibagi iklan tayang dikali 1000. Penjabarannya yakni begini : Jika iklan anda tayang 500 kali dan anda mendapatkan klik iklan sebanyak 5 kali, berarti anda mendapatkan CTR 1%.

Rumusnya (5:500×100%) Atau dalam gambar begini guys rumus ctr

Sudah paham ?, nah disini CTR ini menginformasikan kepada kita perilaku klik pada yang terjadi pada properti kita. Mulai dari klik normal, tidak normal ataupun bom klik. Nah untuk angka aman rasio klik tayang ada yang bilang mulai dari 0% hingga 5%, ada juga yang lebih dari itu namun tidak terjadi apa apa, asalkan tidak diatas 100%, jika angka CTR pada adsense yang muncul diatas 100%, itu merupakan indikasi adanya perilaku tidak wajar, keisengan pihak lain, dan bom klik.

Nah jika kita mendapatkan hal ini segera lapor ke google bahwa terdapat aktifitas klik yang tidak valid. Jika anda biarkan, bisa bisa nanti anda akan di suspend dan hal yang paling parah anda bisa di banned.

Nah jika anda sudah mengerti apa itu Click Through Rate Adsense, sekarang kita lanjut ke topik utama mengenai hal yang mempengaruhi naik turunnya CTR adsense

Faktor Yang Mempengaruhi CTR Adsense

1. Jumlah Klik

Hal paling utama untuk menaikkan ctr adsense yakni jumlah klik. Semakin banyaknya jumlah klik dengan pageviews, maka akan semakin tinggi CTR yang anda dapatkan. Seperti yang sudah saya beritahukan diatas tentang cara menghitung click through rate salah satu komponen yang diperlukan adalah jumlah klik.

Apabila pageviews kamu banyak dan tidak ada yang mengklik, itu sama saja ctr anda kecil.

2. Tampilan Iklan

Ini juga menentukan tinggi rendahnya click through rate, semakin banyak tampilan iklan maka peluang mendapatkan ctr tinggi bukanlah mimpi belaka. Dan tampilan iklan merupakan suatu hal yang sangat penting karena jika tampilan iklan ini tidak ada maka percuma saja anda bermimpi mendapatkan CTR tinggi.

Saran saya gunakan iklan teks agar tampilan iklan ini bertambah banyak.

3. Topik Blog

yang mempengaruhi ctr adsense niche blog

Yang ketiga adalah topik blog, semakin populer topik blog, maka akan semakin tinggi pulalah jumlah rasio klik tayang ini. Banyak yang bilang jika topik asuransi dan kesehatan banyak dicari. Memang semua ini benar namun jika anda membuat blog download ini juga merupakan suatu kelebihan karena pada blog download terdapat pemendek / short url. Nah di short url tersebut kita akan memasang kode adsense.

Jika ada kode adsense pada pemendek link dan kita membuka link tersebut, maka itu juga akan dihitung. Jadi dari itu kita bisa menapatkan nilai CTR yang tinggi.

4. Sumber Trafik

Nah, ini dia salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi ctr adsense. Jika berhubungan dengan trafik, pasti semuanya semangat. Disini pada adsense, untuk meningkatkan ctr maka yang diperlukan adalah trafik organik, semakin bagus trafik organik maka ctr peluang klik adsense akan semakin tinggi.

Dengan tinggi nya peluang klik maka otomatis jumlah rasio klik tayang akan semakin besar.

Baca juga membuat saluran khusus pada adsense untuk meningkatkan penghasilan.

5. Gunakan Format Iklan Yang Ber CTR Tinggi Dan Tempatkan Di Tempat Strategis

format iklan

Biasanya ukuran iklan yang besar tentu akan berpeluang dilihat oleh pengunjung, entah itu iklan gambar maupun iklan teks. Terlebih lagi jika anda menempatkan iklan tersebut pada tempat yang strategis, dan memberikan efek menyatu dengan template. Peluang mendapatkan klik iklan akan lebih besar.

Selain itu seperti diatas, saya sarankan anda menggunakan iklan teks yang relevan karena iklan teks ini cenderung mendapatkan banyak klik dibandingkan iklan gambar.

6. Perpaduan Warna Iklan Dengan Template

Nah, ini yang saya sarankan buat anda para publisher adsense yang ingin mendapatkan rasio tinggi. Karena biasanya orang akan menganggap sebuah iklan adalah konten bilamana iklan tersebut sudah menyatu dengan template blog.

Mulai dari desain iklan, jenis font, ukuran font, sampai dengan warna iklan harus dipilih dengan sangat jeli apabila anda ingin mendapatkan banyak klik iklan. Lalu dari jumlah klik iklan itulah ctr akan meningkat.

7. Desain Template

Hal ini juga menjadi sebuah perdebatan, banyak yang menganggap jika desain template juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi ctr adsense, dan banyak juga yang menganggap tidak. Saya sendiri sebenarnya juga tidak tahu pasti apakah hal ini dapat menaikkan ctr adsense atau tidak.

Namun pada beberapa situs penyedia tema seperti mythemeshop menyediakan template yang berbayar mahal hanya untuk meningkatkan ctr adsense ini. Contohnya yakni tema adsense by mythemeshop kalau tidak salah dibandrol lebih dari 50 USD.

Anda bisa menganggap bahwa desain template ini menyebabkan naik turunnya ctr adsense dan dan sebaliknya itu terserah anda saja.

8. Momen Istimewa

momen istimewa

Dilansir dari beberapa blog, saat adanya momen-momen istimewa seperti tahun baru, piala dunia, hari kemerdekaan, dan lain sebagainya akan terjadi peningkatan rasio klik tayang yang tinggi. Mungkin ini ada hubungannya dengan pengiklan adword yang mempromosikan produk nya pada saat seperti ini.

Nah, jadi banyak cara meningkatkan Click through rate google adsense, selain cara diatas sebenarnya masih banyak cara lain seperti kualitas konten yang harus baik, link building serta yang lainnya. Namun sulit menebak apa yang sesungguhnya dibutuhkan untuk meningkatkan CTR Adsense.

Lalu Berapa Angka Aman CTR Adsense ?

Adsense tidak menyebutkan secara pasti, namun disini saya bisa pastikan bahwa angka aman berada pada kisaran 1-20%. Jika lebih dari itu mungkin saha tidak aman karena google akan menilai bahwa pasti terjadi hal yang aneh jika CTR diatas 20%. Menurut saya CTR dibawah 10% itu sudah sangat bagus untuk anda para publisher adsense.

Itu tadi beberapa hal yang mempengaruhi ctr adsense entah itu naik atau turunnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda para publisher adsense dan teman-teman blogger sekalian. Sekian, terima kasih atas kunjungannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

41 komentar

  1. Hmm, baru tahu pengertian CTR Adsense yang sebenarnya. Tks untuk pencerahannya gan. Sukses selalu ?

  2. Kalau dari pengalaman blog sYa ctr 20%an masih aman
    Diatas itu was2 minta bantu bw aja yang banyak biar turun hahahah

  3. Kalau untuk mengetahui aman tidaknya ctr itu hitungnya ctr rata2 per minggu apa per hari gan?

  4. Betul mas, kalau CTR besar bisa-bisa kena banned kalau ketahun telah terjadi kecurangan. ๐Ÿ™‚

  5. Gan kalo kita sering mengklik punya kita sendiri namun kita tidak memasukan akun google kita Apakah views tersebut dihitung balik ?

  6. Terkadang blog saya PVnya 300 – 800/ day
    tapi penghasilannya minim gan, adakah agar penghasilannya nambah?

  7. Mantap wan…,sekedar saran ae… Pokoke iklan ojo sampek nutupi artikel n memaksa utk klik iklan/close…pengunjung gag betah nkog…iki wes bagus…iklan akeh tp tertib…joos wan…

  8. Berati dibawah 10% masih angka aman ya gan?
    Kalo berkenan, mohon review dan saran nya untuk blog pemula ane gan wadagizig dot com
    Matur nuwun..

  9. Saya pakai blog safelink buatan sndri gan! Krna blog download sya kurang aman di isi adsense!! CTR per hari rata” 2-6% masih aman kan ya?