Peminat dan Daya Tampung SNBT UTU 2024, Serta Tips Lolos

Johan Candra

Peminat dan Daya Tampung SNBT UTU 2024 menunjukkan tren yang menarik. Hal ini karena setiap tahunnya ribuan calon mahasiswa berlomba-lomba untuk masuk UTU lewat jalur tes nasional (SNBT).

Meski demikian hanya sedikit yang bisa diterima UTU karena daya tampung SNBT yang terbatas di berbagai prodinya.

Sebagai salah satu PTN terbaik di Indonesia, UTU memiliki daya tarik yang besar bagi ribuan peserta yang mendaftar.

Nah pada artikel ini kami akan membahas tentang peminat dan daya tampung SNBT UTU 2024, yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih jurusan.

Tentang UTU

Universitas Teuku Umar (UTU) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Indonesia.

Didirikan pada tanggal 10 November 2006 dan diresmikan sebagai Universitas Negeri oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 1 April 2014. UTU dinamai berdasarkan nama pahlawan nasional Indonesia, Teuku Umar.

Baca Juga:  Akreditasi Unram 2024, Yuk Cek Jurusan Impianmu!

UTU didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh dan untuk membantu masyarakat Aceh dalam membangun daerah mereka.

Kampus ini memiliki reputasi yang kuat dalam bidang studi Islam, pendidikan, dan ilmu sosial. UTU juga menawarkan program studi di bidang humaniora, bisnis, dan teknik. UTU memiliki komitmen untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi bagi para mahasiswanya. Universitas ini juga berkomitmen untuk memajukan penelitian dan pengembangan.

daya tampung snbt utu

Peminat dan Daya Tampung SNBT UTU 2024

Berikut ini adalah data daya tampung SNBT UTU dan peminatnya:

PRODI JENJANG DAYA TAMPUNG 2024 PEMINAT 2023 JENIS PORTOFOLIO
AGRIBISNIS S1 74 90
AGROTEKNOLOGI S1 67 76
AKUAKULTUR S1 23 16
AKUNTANSI S1 98 128
BISNIS DIGITAL S1 34 (Prodi Baru)
EKONOMI PEMBANGUNAN S1 46 47
GIZI S1 95 359
ILMU ADMINISTRASI NEGARA S1 102 158
ILMU HUKUM S1 98 108
ILMU KELAUTAN S1 26 19
ILMU KOMUNIKASI S1 114 142
KESEHATAN MASYARAKAT S1 99 360
KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA S1 31 (Prodi Baru)
MANAJEMEN S1 106 185
PERIKANAN S1 35 34
PETERNAKAN S1 45 (Prodi Baru)
SOSIOLOGI S1 71 94
SUMBER DAYA AKUATIK S1 33 5
TEKNIK INDUSTRI S1 63 121
TEKNIK MESIN S1 88 91
TEKNIK SIPIL S1 87 108
TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN S1 77 64
TEKNOLOGI INFORMASI S1 62 179
Baca Juga:  Passing Grade UPR 2024 + Daya Tampung dan Peminat

Data daya tampung SNBT UTU dan peminatnya yang telah kami sajikan diatas dapat kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menghitung peluang kelulusan kamu di SNBT.

Jika kamu yakin dan percaya diri pada kemampuan kamu dalam menjawab soal SNBT, jangan ragu untuk mengambil jurusan impianmu meskipun peminatnya banyak.

Namun jika kamu sadar diri dan struggle dalam menjawab soal-soal SNBT namun tetap ingin kuliah di UTU, kamu bisa memilih jurusan yang peminatnya sedikit dan daya tampungnya besar.

Baca Juga:  Akreditasi Unimal 2024, Yuk Cek Jurusan Impianmu!

Tips Lolos SNBT

Selain mempertimbangkan peluang kelulusanmu lewat data daya tampung SNBT UTU di atas, kamu bisa mencoba tips yang Dewa Ilmu berikan berikut:

  1. Pahami format soal ujian SNBT. Memahami format dan jenis soal yang sering keluar di SNBT sangat membantu sekali. Jika kamu sudah terbiasa mengerjakan tipe soal critical thinking maka kamu akan sangat mudah meraih skor tinggi.
  2. Latihan, latihan, latihan. Tidak ada alasan lagi untuk tidak latihan soal SNBT. Gunakan waktu yang terbatas ini untuk mempelajari soal-soalnya.
  3. Fokus pada materi yang sering keluar. Lalu prioritaskanlah untuk mempelajari materi yang sering keluar di SNBT.
  4. Tingkatkan kemampuan berpikir logis. Setelah mengalami perubahan SNBT kali ini banyak menguji kemampuan logika dan analitis.
  5. Jaga kesehatan. Meskipun belajar merupakan prioritas, kamu harus tetap berolahraga ya.
  6. Perbanyak Try Out. Jadi ikutilah TO untuk mengukur sejauh mana kemampuanmu dalam menjawab soal-soal SNBT.

Demikianlah pembahasan dari Dewa Ilmu terkait peminat dan daya tampung SNBT UTU. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk bisa kuliah di UTU ya. Terimakasih telah berkunjung dan semoga lulus!

Bagikan:

Johan Candra

Johan Candra adalah seorang penulis yang telah memiliki pengalaman lebih dari 2 tahun dalam menulis tentang human resources, hukum, teknologi, dan pendidikan.