Cara Bikin Mod Bussid Sendiri dengan Mudah dan Kreatif

Kayeols

Cara membuat Mod Bussid Sendiri – Sudah Mengetahui kan kalau Bussid atau Bus Simulator Indonesia adalah salah satu game simulasi mengemudi bus yang populer di kalangan pecinta game. Game ini menawarkan berbagai fitur menarik, salah satunya adalah kemampuan untuk memasang mod atau modifikasi pada bus.

Mod atau File Bussid adalah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengubah atau menambahkan sesuatu pada game Bussid, seperti tampilan, suara, atau bahkan gameplay. Dengan memasang mod, kalian bisa membuat game Bussid menjadi lebih sesuai dengan selera dan keinginan.

Cara membuat Mod Bussid Sendiri

Namun, bagaimana jika kita sebagai pemain ingin membuat mod Bussid sendiri?

Apakah itu mungkin dan mudah dilakukan?

Tentu saja, jawabannya adalah ya. Siapapun dapat membuat mod Bussid sendiri dengan menggunakan beberapa software dan langkah-langkah yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Dengan membuat mod Bussid sendiri, kalian tidak hanya dapat mempersonalisasi game kalian, tetapi juga dapat menunjukkan kreativitas dan bakat dalam bidang desain dan modding. Siap mencoba? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Menyiapkan Software yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah menyiapkan software yang dibutuhkan untuk membuat mod Bussid sendiri. Software yang dibutuhkan antara lain adalah Blender, Photoshop, GIMP, dan Unity.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing software tersebut:

  • Blender adalah software untuk membuat model 3D, yaitu bentuk dan struktur dari bus atau objek yang ingin Anda buat mod-nya. Blender adalah software gratis dan open source yang dapat di download dari situs resminya.
  • Photoshop adalah software untuk mengolah tekstur, yaitu gambar 2D yang akan ditempelkan pada model 3D untuk memberikan detail dan warna. Photoshop adalah software berbayar yang dapat di beli dari situs resminya di sini. Jika kalian tidak ingin mengeluarkan uang, maka bisa menggunakan alternatif gratis seperti GIMP, yang dapat didownload dari situs resminya.
  • Unity adalah software untuk menyatukan model dan tekstur, serta membuatnya siap untuk digunakan dalam game Bussid. Unity adalah software gratis yang dapat Anda download dari situs resminya di sini.

OBB Bussid 4.0 Full Mod Lengkap 2023

Membuat Model 3D

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah membuat model 3D dari bus atau objek yang ingin di buat mod-nya.

Baca Juga:  Cara Main Bus Simulator Indonesia (BUSSID) di PC

Ini bisa dilakukan dengan menggunakan Blender. Jika kalian baru belajar menggunakan Blender, ada banyak tutorial yang bisa di cari di internet untuk membantu proses pembelajaran. Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk membuat model 3D dengan Blender:

  1. Buka Blender dan hapus objek default yang ada dengan menekan tombol X dan pilih Delete.
  2. Klik Add > Mesh > Cube untuk menambahkan kubus sebagai dasar model kalian.
  3. Tekan tombol Tab untuk masuk ke mode Edit, lalu gunakan alat-alat seperti Move, Rotate, Scale,
  4. Extrude, Loop Cut, dan lain-lain untuk membentuk kubus menjadi model yang diinginkan.
  5. Jika kamu ingin menambahkan detail seperti pintu, jendela, roda, dan lain-lain, kalian dapat menggunakan Add > Mesh > Cylinder, Sphere, Plane, dan lain-lain, lalu bentuk dan gabungkan dengan model utama kalian.
  6. Jika sudah puas dengan model yang sudah di buat, tekan tombol Tab lagi untuk kembali ke mode Object, lalu beri nama model kalian dengan klik kanan pada model dan pilih Rename.

Mengolah Tekstur

Langkah ketiga yang harus dilakukan adalah membuat dan mengolah tekstur untuk model 3D kalian. Tekstur adalah gambar 2D yang akan ditempelkan pada model 3D untuk memberikan detail dan warna.

Kamu bisa membuat tekstur dengan menggunakan Photoshop atau GIMP. Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk membuat tekstur dengan Photoshop3:

  1. Buka Photoshop dan buat dokumen baru dengan ukuran yang sesuai dengan model kamu, misalnya 1024 x 1024 pixel.
  2. Buat layer baru dengan klik ikon layer di pojok kanan bawah, lalu beri nama layer dengan nama yang sesuai, misalnya Body, Window, Wheel, dan lain-lain.
  3. Gunakan alat-alat seperti Brush, Eraser, Gradient, Text, dan lain-lain untuk menggambar dan mewarnai tekstur sesuai dengan keinginan. Kamu dapat menggunakan referensi gambar dari internet untuk membantu kalian.
  4. Jika ingin menambahkan efek seperti bayangan, cahaya, atau tekstur, maka dapat menggunakan layer style dengan klik kanan pada layer dan pilih Blending Options, lalu pilih efek yang diinginkan, misalnya Drop Shadow, Bevel and Emboss, Pattern Overlay, dan lain-lain.
  5. Jika sudah puas dengan tekstur yang sudah di buat, silahkan simpan dokumen dengan format PSD untuk menyimpan layer-layer yang ada, lalu simpan lagi dengan format PNG untuk menghasilkan gambar yang transparan.

Cara Membuat Livery Bussid Sendiri di HP Android

Menggabungkan Model dan Tekstur

Langkah keempat yang harus di lakukan adalah menggabungkan model dan tekstur dengan menggunakan Unity. Dalam Unity, kamu bisa mengimpor model dan tekstur yang telah dibuat, kemudian menerapkan tekstur ke model. Selain itu, kalian juga bisa menyesuaikan skala dan orientasi dari model.

Baca Juga:  Cara Merekam Mobile Legend di iPhone Dengan Suara Game,

Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk menggabungkan model dan tekstur dengan Unity:

  1. Buka Unity dan buat proyek baru dengan klik New, lalu beri nama proyek kalian, misalnya Mod Bussid, dan pilih lokasi penyimpanan proyek kalian.
  2. Klik Assets > Import New Asset, lalu cari file model 3D yang telah di buat dengan Blender, misalnya Bus.blend, dan klik Open. Model yang akan muncul di folder Assets.
  3. Klik Assets > Import New Asset, lalu cari file tekstur yang telah di buat dengan Photoshop, misalnya Bus.png, dan klik Open. Tekstur Anda akan muncul di folder Assets.
  4. Klik dan tarik model kalian dari folder Assets ke Scene View, yaitu tampilan 3D di tengah layar. Model Anda akan muncul di scene.
  5. Klik dan tarik tekstur dari folder Assets ke Inspector, yaitu panel di sebelah kanan layar. Tekstur Anda akan diterapkan ke model tersebut.
  6. Jika kamu ingin menyesuaikan skala dan orientasi dari model, Maka dapat menggunakan alat-alat seperti Move, Rotate, dan Scale yang ada di toolbar atas, atau mengubah nilai-nilai di Inspector.
Baca Juga:  Bagaimana Cara Keluar dari Game Mobile Legend?

Mengekspor Mod

Langkah kelima dan terakhir yang harus di lakukan ketika membuat Mod bussid sendiri adalah mengekspor mod menjadi file bussidmod agar bisa digunakan dalam game Bussid.

Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan BUSSID Modding Tool, yaitu alat resmi yang disediakan oleh pengembang game Bussid untuk membuat mod. Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk mengekspor mod dengan BUSSID Modding Tool5:

  1. Buka BUSSID Modding Tool dan klik Open Project, lalu cari folder proyek Unity yang telah kamu buat, misalnya Mod Bussid, dan klik Open.
  2. Tunggu hingga proyek kalian terbuka, lalu klik Build, dan pilih lokasi penyimpanan file bussidmod kamu, misalnya di folder Download, dan klik Save.
  3. Tunggu hingga proses build selesai, lalu buka file manager di HP kalian dan cari file bussidmod yang telah di buat, misalnya Bus.bussidmod, dan pindahkan ke folder Bussid > Mods.
  4. Buka game Bussid dan pilih menu Garasi, lalu klik Import dan cari file bussidmod yang telah di pindahkan, dan klik Apply.
  5. Selesai. kamu dapat melihat hasilnya dengan klik Preview atau langsung mencoba mengemudi bus dengan mod buatan sendiri.

Mod bus Sinar Jaya, Download file include Livery

Kesimpulan

Membuat mod Bussid sendiri adalah salah satu cara untuk mengekspresikan kreativitas dan bakat kalian dalam bidang desain dan modding.

Siapapun dapat membuat mod Bussid sendiri dengan menggunakan beberapa software dan langkah-langkah yang telah kami jelaskan di atas.

Software yang dibutuhkan antara lain adalah Blender, Photoshop, GIMP, dan Unity. Langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain adalah membuat model 3D, mengolah tekstur, menggabungkan model dan tekstur, dan mengekspor mod. Dengan membuat mod Bussid sendiri, Anda dapat mempersonalisasi game Anda dan membuatnya menjadi lebih sesuai dengan selera dan keinginan Anda.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.