Cara Kecilkan Size Game Lewat ISO Tools

Kayeols

Dewa ilmu- Masalah game PC dengan ukuran file yang terlalu besar seringkali membuat penyimpanan penuh dan memperlambat kinerja. Artikel ini akan mengulas Cara Kecilkan Size Game Lewat ISO Tools.

Yuk simak sampai habis penjelasannya!

Pahami Fungsi dan Manfaat Aplikasi ISO Tools

Sebelum memanfaatkan ISO Tools untuk mengecilkan ukuran game, penting untuk terlebih dahulu memahami apa sebenarnya fungsi aplikasi ini dan manfaatnya dalam mengoptimalkan file game berbasis ISO.

ISO Tools adalah software gratis yang didesain khusus untuk melakukan ekstraksi, penyuntingan, hingga repack pada berkas citra ISO game komputer. Dengan ISO Tools, kamu bisa membongkar seluruh file dan folder dalam ISO game, kemudian memodifikasinya sesuai kebutuhan.

Salah satu fitur utamanya adalah mampu menonaktifkan atau menghapus konten-konten tertentu dalam ISO game yang tidak relevan atau jarang dipakai untuk menghemat ruang penyimpanan. Misalnya saja menonaktifkan bahasa lain yang tidak diperlukan, menghapus cut scene, menghilangkan audio tidak penting, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Download Game PPSSPP Ace Combat Joint Assault PPSSPP

Dengan demikian, ISO Tools memeiliki beberapa kegunaan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Ekstraksi dan Penyuntingan Efisien

Pertama, aplikasi ini dirancang untuk melakukan ekstraksi, penyuntingan, dan repack pada berkas citra ISO game komputer. Dengan begitu, kamu bisa membongkar seluruh isi file dan folder dalam ISO game dengan mudah, serta melakukan modifikasi sesuai kebutuhanmu.

2. Penonaktifan Konten Tidak Relevan

Salah satu daya tarik utama ISO Tools adalah kemampuannya untuk menonaktifkan atau menghapus konten-konten tertentu dalam ISO game yang dianggap tidak relevan atau jarang digunakan.

Misalnya, kamu bisa menonaktifkan bahasa yang tidak diperlukan, menghilangkan adegan cut scene, atau menghapus audio yang tidak esensial. Ini adalah langkah pintar untuk menghemat ruang penyimpanan tanpa mengorbankan pengalaman bermainmu.

3. Kemudahan Repack dan Penyesuaian Ruang Penyimpanan

ISO Tools tidak hanya mengoptimalkan ruang penyimpanan, tetapi juga memberikan fleksibilitas dalam repack file game. Dengan menghilangkan elemen yang tidak diperlukan, kamu bisa merancang ulang isi game sesuai preferensi.

Inilah yang membuat ISO Tools menjadi alat yang sangat efektif untuk menciptakan ruang penyimpanan lebih besar dan mempersonalisasi pengalaman gaming.

4. Menjaga Kesederhanaan dan Efisiensi Penggunaan

Dengan ISO Tools, kamu bisa lebih memahami dan mengontrol isi dari game kesayanganmu. Pasalnya, aplikasi ini memberikan kesempatan untuk menyederhanakan file game tanpa harus mengorbankan kualitas.

Kesederhanaan ini penting agar pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan dan mengoptimalkan ruang penyimpanan tanpa khawatir kehilangan elemen penting dalam game.

Trik Kompresi Game PPSSPP dengan Impor ROM Uncompressed

Cara Mengecilkan Size Game Lewat ISO Tools

Setelah memahami betapa kerennya ISO Tools, sekarang waktunya kita bahas langkah-langkah detail cara mengecilkan ukuran game favorit tanpa harus mengurangi kualitasnya. Simak baik-baik, ya!

Baca Juga:  Cara Bermain Mobile Legends Untuk Pemula

1. Download dan Instalasi ISO Tools

Pertama, pastikan kamu sudah mendownload dan menginstal aplikasi ISO Tools di PC atau laptopmu. Pastikan juga untuk menggunakan versi terbarunya agar bisa mendapatkan fitur-fitur lengkap yang akan sangat membantu dalam proses optimasi.

2. Buka dan Load File ISO Game

Setelah instalasi selesai, buka ISO Tools. Load file ISO game besar yang ingin kamu optimalkan. Contohnya, jika mempunyai ISO Game GTA V berukuran mammoth sekitar 90GB, artinya kita harus memulai optimasi.

3. Analisis Konten ISO Game

Selanjutnya, lakukan analisis terhadap konten dalam ISO game tersebut. Perhatikan bahasa atau subtitle apa saja yang ada, identifikasi video cut scenes yang mungkin tidak terlalu penting, dan elemen-elemen lain yang bisa kita optimalkan.

4. Nonaktifkan Konten Tidak Diperlukan

Melalui menu konfigurasi ISO Tools, nonaktifkan atau hapus konten yang jarang kamu gunakan. Misalnya, kita bisa menonaktifkan bahasa tertentu seperti Jepang atau Korea, serta menghapus cut scene yang tidak terlalu esensial bagi pengalaman bermain.

5. Proses Kompresi dan Rebuild ISO

Setelah melakukan penonaktifan konten yang tidak diperlukan, pilih menu untuk memulai proses kompresi dan rebuild ISO gamenya. Ini akan mengoptimalkan ukuran file game tanpa mengorbankan kualitasnya.

6. Tunggu Proses Rebuild Selesai

Tunggu beberapa saat hingga proses rebuild selesai. Saat ini, ukuran file game seharusnya telah mengecil secara signifikan, sehingga akan membuka lebih banyak ruang penyimpanan dalam perangkatmu.

Baca Juga:  Cara ganti dan Pasang Animasi Skin Hero di Profil ML

7. Restore dan Instalasi Game

Setelah proses selesai, restore ISO game hasil kompresi ke dalam HDD. Lalu, instal dan mainkan gamenya seperti biasa.

Pastikan tidak ada masalah yang muncul. Jika semuanya berjalan lancar, itu artinya optimalisasi ISO game kamu sukses tanpa mengurangi performa.

Ukur Efektivitas Pengoptimalan yang Telah Dilakukan

Setelah menjalankan seluruh proses optimalisasi ukuran file ISO game menggunakan ISO Tools, langkah selanjutnya adalah melakukan pengukuran dan analisis sejauh mana efektivitas upaya tersebut. Hal ini penting untuk memastikan bahwa hasil kompresi dan perampingan file ISO terhadap game komputer kita telah sesuai harapan tanpa berpengaruh buruk terhadap performa gamenya.

Secara umum, ada beberapa aspek utama yang harus kamu perhatikan dalam mengukur keberhasilan optimalisasi ISO game lewat ISO Tools.

Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Periksa Ukuran File yang Baru

Langkah pertama setelah proses optimasi adalah memeriksa ukuran file game yang baru. Bandingkan dengan ukuran file sebelumnya yang besar.

Jika kamu berhasil mengurangi ukurannya secara signifikan, ini menandakan bahwa ISO Tools telah bekerja dengan baik dalam menghilangkan elemen-elemen yang tidak perlu.

2. Pastikan Tidak Ada Masalah Teknis

Selanjutnya, pastikan tidak ada masalah teknis yang muncul setelah pengoptimalan. Cek apakah game dapat kamu instal dengan lancar dan apakah tidak ada glitch atau bug yang mengganggu pengalaman bermain.

Jika semuanya berjalan tanpa hambatan, hal ini bisa menjadi indikasi positif bahwa optimasi telah kita lakukan tanpa merugikan performa game.

Cara Download Game PPSSPP ISO PS2

3. Rasakan Pengalaman Bermain

Selanjutnya, rasakan pengalaman bermain setelah game diinstal. Perhatikan apakah kualitas grafis, audio, dan gameplay tetap optimal.

Jika kamu merasa tidak ada perbedaan yang signifikan atau bahkan merasakan peningkatan dalam kinerja, itu berarti ISO Tools telah sukses dalam mengoptimalkan game tanpa mengorbankan kualitasnya.

Demikian langkah-langkah untuk memperkecil dan pengoptimalan ukuran game menggunakan ISO Tools. Pastikan ukuran file lebih kecil, tidak ada masalah teknis, dan pengalaman bermain tetap memuaskan.

Sekarang, kamu bisa menikmati game favorit dengan lebih leluasa tanpa perlu khawatir akan ruang penyimpanan yang terlalu besar. Selamat menikmati pengalaman gaming yang lebih ringan dan optimal!

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.