Cara Memperbaiki Laptop Yang Rusak Dari 5 Masalah Kerusakan Ini

Cara Memperbaiki Laptop Yang Rusak Dari 5 Masalah Kerusakan Ini – Semakin banyaknya pengguna laptop dan komputer, semakin banyak pula keluhan untuk beberapa masalah yang sering terjadi pada perangkat elektronik yang memboyong sistem operasi windows ini.

Mengingat laptop dan komputer bukanlah barang elektronik yang murah serta sistem operasinya merupakan sistem operasi yang tidak gratis, banyak orang yang sepenuh hati menjaga barang elektronik yang satu ini. Namun beberapa orang justru menggunakanya perangkat ini dengan kasar.

Salah satu hal sederhana yang membuat laptop atau komputer rusak karena anda menginstal software yang berbahaya seperti software yang dilengkapi crack atau software bajakan. Crack merupakan suatu sistem yang digunakan pada suatu software untuk menjadikan software yang seharusnya tidak full menjadi full version.

Diantaranya ada beberapa software yang bisa dengan mudah di crack seperti IDM (Internet Download Manager), Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft Office, dan lainya. Tidak hanya program seperti diatas, bahkan banyak game pc saat ini yang menggunakan crack agar game tersebut menjadi full version.

Selain crack, masih banyak hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada laptop atau komputer anda salah satunya sistem operasi yang error seperti laptop anda sering hang karena windows sudah expired. Memang windows bisa dibilang merupakan OS terbaik untuk perangkat komputer.

Namun apa daya jika laptop anda rusak gara-gara windows, pasti anda akan kesal. Selain akibat crack dan permasalahan windows, sebenarnya masih banyak lagi penyebab laptop rusak. Namun hal tersebut pastinya bisa diperbaiki dengan menggunakan tutorial yang saya berikan berikut.

Cara Memperbaiki Laptop Dan Komputer Yang Rusak Akibat Beberapa Hal Berikut

1. Perangkat Komputer Lambat

komputer lambat

Ini merupakan masalah yang sering dialami perangkat komputer. Banyak penyebab mengapa perangkat komputer yang digunakan terasa melambat. Yang menyebabkan hal tersebut biasanya banyak software yang diinstal, virus, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu berikut cara yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Bersihkan file yang tidak diperlukan pada penyimpanan perangkat laptop atau komputer. Anda bisa membersihkannya menggunakan software antivirus, cleaner, anti malware, dan masih banyak lagi. Pada software tersebut biasanya terdapat fitur untuk membersihkan sampah atau virus.

2. Lihat System Requirements software yang akan anda instal. Dengan melihat system requirements software yang akan anda instal maka anda bisa memilih dan memilah menginstal software mana yang cocok dengan spesifikasi laptopp/komputer anda.

Sebagai contoh, perangkat komputer anda misalkan acer pentium 4, lalu anda ingin untuk menggunakan game PES 2016, tentunya tidak menutup kemungkinan komputer atau laptop anda akan langsung mati tanpa peringatan, itu karena spesifikasi game tidak cocok dengan komputer anda.

3. Upgrade RAM perangkat komputer. Dengan mengupgrade RAM pada komputer, dapat meringankan beban sistem pada komputer anda. Karena semakin besar RAM yang dipakai, semakin ringan komputer anda untuk digunakan.

Baca Juga : 5 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Dalam 2 Menit 

2. Reboot Loop (Restart Berulang ulang) Setelah Update Windows

Masalah yang paling banyak dialami pengguna setelah melakukan update windows yakni Reboot Loop yang berarti suatu kejadian di mana komputer/laptop mengalami restart yang tak kunjung selesai dan berulang-ulang. Dan yang membuat kesal yaitu fitur tersebut tidak bisa dimatikan.

Jika komputer atau laptop anda tersambung internet, maka otomatis akan terjadi upgrade windows dengan sendirinya, dan kemungkinan besar gara-gara hal tersebut reboot loop akan terjadi. Lalu, cara apa yang biasanya digunakan untuk mengatasi permasalahan ini?, berikut cara menanganinya.

  1. Disable/matikan Update Windows dengan mengatur tipe jaringan berbasis kuota.
  2. Dengan menonaktifkan Windows Update di control panel. Caranya yakni dengan membuka control panel, kemudian pengaturan firewall, lalu klik disable update, lalu restart komputer atau laptop anda.

3. Komputer Restart Secara Terus Menerus

laptop restart terus menerus

Kemungkinan yang terjadi jika komputer restart secara terus menerus adalah terlalu sering digunakan sampai komputer tersebut tidak punya waktu untuk mendinginkan mesinnya, Selain itu hal ini biasanya disebabkan karena adanya file sistem yang rusak. Cara mengatasinya permasalahan ini yakni :

  1. Dengan memastikan apakah windows sudah dalam versi terbaru.
  2. Update Antivirus.
  3. Berikan istirahat pada komputer atau laptop anda, karena jika terjadi overheat, maka akan sangat berbahaya bagi komputer anda.
  4. Bersihkan pendingin/kipas pada komputer anda jika terlalu banyak kotoran yang menempel.
  5. Update driver laptop anda. Driver yang bermasalah juga bisa menimbulkan komputer restart secara terus menerus, untuk itu sering-seringlah update driver laptop anda.
  6. Itulah tutorial cara memperbaiki laptop yang sering restart.

4. USB Tidak Terdeteksi

usb device not recognized

Banyak sekali yang mengeluh dengan masalah USB yang tidak terdeteksi pada komputer atau laptop. Tandanya yakni jika anda mencolokkan usb (flashdisk atau card reader pada) pada laptop. Nantinya akan muncul notifikasi di bawah kanan layar komputer yang bertuliskan USB device not recognized.

Hal itu biasanya terjadi saat anda memasukan kabel USB ke port usb pada komputer anda baik itu flashdisk, card reader, ataupun dan lainya. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini langsung saja berikut beberapa cara penanganannya.

  1. Pastikan driver di Universal Serial Bus komputer anda dalam keadaan normal, atau dalam versi yang paling baru.
  2. Restart komputer, jika menggunakan laptop lepas baterai selama kurang lebih 30 menit, lalu coba nyalakan kembali.

5. Program Terpaksa Berhenti (Force Close)

program stopped working

Program yang tiba-tiba berhenti seperti ini bisa saja terjadi karena program yang berjalan tidak kompatibel dengan perangkat komputer atau laptop anda, Untuk mengatasi masalah ini berikut beberapa cara mengatasinya, simak baik-baik ya.

1. Menggunakan “Run As Administrator”, caranya klik kanan dan klik pada Run As Administrator.

2. Mengatur mode kompatibel di menu properties.

3. Dengan menggunakan Advanced System Setting, caranya yakni membuka control panel, lalu buka lagi system and security, pilih menu system, setelah itu pilih Advanced System Setting, selanjutnya, pilih tab performance dan klik setting, setelah itu, ke data execution prevention.

Untuk mengaktifkannya centang tulisan Turn On DEP, lalu tambahkan program yang bermasalah dengan meng klik add program, setelah itu klik apply, lalu ok. Biasanya cara ini dapat mengatasi masalah pada program yang force close. Itulah langkah-langkah cara memperbaiki laptop yang sering not responding.

Banyak sekali yang menjadi masalah yang terjadi pada laptop atau komputer selain 5 hal diatas seperti Wi-Fi bermasalah, System Corrupt atau error, dan lainya. Jika terjadi kerusakan maka jangan dibiarkan karena nanti kerusakan tersebut akan menjalar ke komponen lainnya di komputer atau laptopmu.

Semoga artikel mengenai cara memperbaiki laptop dan komputer yang rusak ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan permasalahan pada laptop. Jagalah laptop atau komputer anda dengan baik. Sekian, terima kasih atas kunjungannya dan semoga anda betah.

Related Posts

About The Author

Add Comment

error: Content is protected !!