oleh

6 Cara Mengatasi HP Mati Total Khusus Android Dengan Mudah

6 Cara Mengatasi HP Mati Total Khusus Android Dengan Mudah – Pernahkan handphone android ada rusak?. Kerusakan pada handphone android sangatlah banyak, mengetahui handphone android memiliki sistem operasi yang menurut saya mudah error, terutama pada sistemnya.

Selain itu, kerusakan juga bisa terjadi karena beberapa faktor seperti handphone jatuh ke air atau terbanting dengan keras. Cara memperbaiki hp mati total karena jatuh memang sedikit rumit, karena bisa saja kerusakan terjadi pada hardware yang mewajibkan untuk menggantinya.

Jika handphone anda sudah rusak pada hardwarenya, maka salah satu hal yang tidak diinginkan adalah handphone anda akan mati total, atau sering disebut dengan istilah matot. Jika sudah matot, banyak memang kemungkinan yang bisa menyebabkan hal tersebut.

Penyebab hp mati total paling banyak dikarenakan salah instal aplikasi dan kerusakan sistem yang bisa diperbaiki dengan sendiri. Cara memperbaiki hp android mati sendiri bisa dilakukan dengan flash ulang, namun jika sudah parah, anda bisa membawanya ke tukang servis. Lebih jelasnya, coba anda baca artikel berikut ini.

Cara Mengatasi HP Mati Total Khusus Android

1. Cas Handphone

ces handphone

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memastikan handphone anda benar-benar mati. Dalam arti disini anda harus mengecas/charge handphone android anda. Karena biasanya ada handphone android yang rewel, dalam arti sekarang tidak bisa di cas, tetapi nantinya bisa. Ya, mungkin saja.

2. Jika Masih Mati, Lepaskan Baterai Kemudian Pasang Kembali

Jika masih mati ketika anda cas, coba lepaskan baterai dan pasang kembali kemudian cas. Biasanya handphone android yang mati total bisa dikarenakan bug. Dan bug tersebut bisa diatasi dengan mematikan aliran listrik dalam handphone, caranya yakni dengan melepaskan baterai, kemudian memasangnya kembali.

3. Coba Baterai Baru

baterai hp android baru

Jika masih belum bisa menyala setelah melepaskan baterai dan memasangnya kembali kemudian di cas. Cobalah beli baterai baru, usahakn beli baterai original dari handphone anda, dan kurangi penggunaan baterai Double Power. Karena hal ini bisa merusak sistem, dan baterai jenis tersebut tidak tahan lama.

4. Lakukan Factory Reset

Jika setelah mengganti baterai baru handphone anda masih saja belum menyala, coba lakukan factory reset. Untuk melakukan factory reset caranya berbeda-beda tergantung merek handphone. Ada yang menggunakan tombol Power + Volume Atas, Power + Volume Bawah, & Power + Volume Atas Bawah.

5. Flash Ulang

factory reset

Handphone android anda masih mati total setelah factory reset?. Mungkin terdapat suatu sistem yang error pada handphone android anda, dan untuk mengatasi hal ini anda bisa flash ulang handphone anda. Baik anda flash ulang sendiri atau membawanya ke tukang servis.

Jika handphone anda merek samsung, anda bisa mengikuti tutorial instal ulang handphone samsung semua tipe dengan mudah dan cepat. Dijamin setelah mengikuti tutorial di bawah ini, handphone samsung anda pasti akan kembali seperti sedia kala.

6. Terakhir, Bawa Ke Tukang Servis

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan ketika handphone android anda masih tetap saja error meskipun telah mencoba langkah-langkah di atas adalah dengan membawanya ke tukang servis. Menurut saya ini adalah solusi yang tepat dan cepat daripada anda harus mengeceknya sendiri.

Karena jika kita tidak tahu mengenai komponen dalam handphone dan mengutak-atiknya tanpa tahu ilmu servis handphone, mungkin kita justru bisa merusak handphone tersebut. Ya, meskipun harus membayar, setidaknya handphone kita bisa kembali normal seperti sedia kala.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi hp mati total khusus handphone android. Semoga artikel ini bisa membantu anda mengatasi solusi pada handphone android yang mati total. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *