oleh

5 Cara Mengatasi Koneksi Wifi Yang Tidak Stabil & Sering Gangguan

5 Cara Mengatasi Koneksi Wifi Yang Tidak Stabil & Sering Gangguan – Di era modern seperti saat ini koneksi internet memang merupakan suatu hal yang dibutuhkan kebanyakan orang. Dapat dipastikan kebutuhan internet dibutuhkan setiap hari. Baik untuk sekedar hiburan, mencari informasi, komunikasi hingga urusan pekerjaan.

Mengingat manfaatnya yang tidak bisa terlepas dengan kehidupan sehari-hari membuat orang banyak memanfaatkan jaringan WiFi untuk memudahkan mengakses internet. Namun sering kali dalam mengakses internet melalui WiFi terjadi gangguan ketika sedang asik digunakan. Oleh sebab itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi koneksi WiFi yang sering mengalami gangguan.

Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi koneksi WiFi maka akan dijelaskan terlebih dahulu apa itu WiFi dan mengapa sering mengalami gangguan?. Wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yang memiliki arti sekumpulan standar untuk Jaringan Lokal Nirkabel yang didasari pada spesifikasi IEEE 802. 11.

Mekanisme kerjanya seperti perangkat ponsel. Dimana jaringan WiFi menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan informasi pada jaringan. Perangkat computer yang memiliki adaptor nirkabel akan menerjemahkan data yang dikirim dalam bentuk sinyal radio. Langsung saja, berikut cara mengatasi sinyal wifi yang tidak stabil.

Cara Mengatasi Koneksi Wifi Yang Sering Gangguan

1. Cek Posisi Router

Router merupakan alat yang digunakan untuk mengirimkan paket data melalui jaringan internet. Alat ini bekerja untuk mengirimkan sinyal ke semua arah. Oleh sebab itu router harus terletak pada posisi yang strategis. Pemasangan router yang efektif biasanya dipasang di tengah ruangan.

Usahakan jangan memasang router pada sisi jendela, hal ini dapat menyebabkan sinyal yang dikirimkan router keluar. Lebih baik pasang router di tempat dimana Anda biasa menggunakan internet. Hal ini bertujuan agar perangkat Anda dapat menangkap sinyal dari router dengan maksimal.

Baca Juga : Tips Memilih & Membeli Router Yang Baik Dan Benar.

2. Pasang Di Tempat Terbuka

ruangan terbuka

Selain posisi router yang harus diperhatikan, gangguan pada koneksi WiFi juga kerap dialami karena pemasangan router yang tidak tepat. Untuk mendapatkan sinyal yang optimal maka sebaiknya letakkan router di tempat terbuka.

Jangan letakkan router di antara mebel atau perabotan rumah tangga yang berukuran besar dan dinding. Jangan pula meletakkan router di dalam lemari. Hal ini akan menyebabkan sinyal yang akan diterima menjadi terhalang. Untuk itu pasanglah router yang terbebas dari himpitan benda apapun.

3. Jauhkan Dari Perangkat Yang Menghasilkan Gelombang Elektromagnetik

Cara mengatasi koneksi WiFi yang sering mengalami gangguan dapat dilakukan dengan menjauhkan router dari perangkat yang menghasilkan gelombang elektromagnetik. Sebab berbagai perangkat yang menghasilkan gelombang elektromagnetik dapat melemahkan sinyal WiFi. Oleh sebab itu sebiknya hindari router dari berbagai perangkat tersebut seperti microwave, TV, telepon nirkabel dan berbagai perangkat lainnya.

4. Cara Mengatasi Koneksi Wifi Dengan Speed Test

speed test

Speed test digunakan untuk mengukur kecepatan koneksi internet yang digunakan. Hasil kecepatan yang dihitung dapat memberi gambaran mengenai kualitas internet. Untuk mengetahui masalah pada koneksi internet, Anda dapat memeriksa speed test untuk mengetahui letak masalah koneksi internet Anda.

Untuk memeriksa speed test bisa dilakukan dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya pertama, restart perangkat, baik modem, router, computer maupun smartphone. Kedua, jangan gunakan koneksi untuk aplikasi lain, ini dilakukan agar bisa mendapatkan hasil tes yang sebenarnya. Ketiga, bersihkan cache, jika sudah ada berkas yang tersimpan di dalam perangkat maka hasil test tidak bisa berjalan dengan akurat.

5. Ganti Router

Jika sudah melakukan hal-hal di atas namun koneksi internet tetap juga mengalami gangguan, maka ada kemungkinan perangkat routernya memang mengalami kerusakan. Salah satu cara yang bisa dilakukan jika hal ini terjadi maka Anda dapat mengganti router. Cara terakhir ini bisa ditempuh jika semua cara sudah dicoba dan hasilnya tetap sama saja.

Beberapa tips dan cara mengatasi koneksi WiFi di atas bisa Anda lakukan untuk memastikan masalah yang terjadi pada koneksi WiFi Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu. Dan jangan lupa berkunjung kembali untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *