oleh

3 Cara Mengecek Saldo Jamsostek Atau BPJS Dengan Mudah

3 Cara Mengecek Saldo Jamsostek Atau BPJS Dengan Mudah – Bagi seorang pekerja, tentu saja harus mendapatkan sebuah jaminan sosial. Hal ini berguna supaya, apabila terjadi sesuatu maka kita sebagai pekerja bisa mendapatkan sebuah jaminan berupa bantuan. Bantuan yang diberikan bisa bermacam – macam sesuai dengan pekerja tersebut alami.

Di Indonesia sendiri, sudah memberikan sebuah layanan atau jaminan kepada para pekerja-nya. Jaminan tersebut melalui perantara pemilik usaha yang diberikan kepada pekerja nantinya. Bentuk jaminan sekarang ini adalah Jamsostek atau BPJS yang dibuat menjadi kartu.

Di dalamnya biasanya terdapat saldo untuk keperluan kesehatan atau sosial pekerja. Lalu seperti apa cara mengecek saldo Jamsostek atau BPJS ini?. Dengan BPJS ini, seorang pekerja tentu akan mendapatkan keuntungan nantinya, sebab mereka memiliki sebuah jaminan kerja.

Cara Mengecek Saldo Jamsostek

Sebagai peserta BPJS, pekerja atau pegawai juga turut diharuskan membayar iuran yang diberlakukan. Menurut peraturan, peserta BPJS perlu membayar iuran kurang lebih sebesar 10% dari pendapatan yang mereka dapatkan. Namun, bukan pegawai saja loh yang menanggung iuran tersebut.

Melainkan, iuran dibayar oleh perusahaan serta pegawai itu sendiri alias pembagian pembayaran iuran. Besaran pembayaran iuran, tergantung pada jaminan yang diberikan entah itu pensiun, kecelakaan kerja, kematian dan hari tua. Rata – rata, pegawai harus membayar 3% dari kewajiban membayar iuran BPJS.

Setelah kita membayar terus menerus setiap bulan, tentu saldo yang di dapat akan terkumpul cukup banyak. Dan ini cukup baik untuk digunakan atau berjaga – jaga apabila terjadi sesuatu. Apabila kita ingin mengetahui saldo yang ada, tenang ada cara mengecek saldo BPJS atau Jamsostek dengan mudah.

1. Melalui Website BPJS Ketenagakerjaan

Langkah pertama yang bisa dicoba adalah melalui situs resmi dari BPJS Keteagakerjaan. Di situs tersebut kita bisa melakukan dan mengetahui berbagai layanan. Salah satunya ya jaminan bagi kita tenaga kerja entah daftar, cek saldo, claim, cek kartu dan lainnya. Dan bagi kita yang ingin tahu saldo kita, yuk ikuti langkah – langkah berikut untuk mengecek saldo BPJS.

  • Buka website resmi BPJS Ketenagakerjaan di sini https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Setelah terbuka, di halaman utama silakan kita scroll dan cari layanan peserta. bjps ketenagakerjaan
  • Kemudian, ada beberapa pilihan menu apabila anda pegawai klik masuk pada tenaga kerja lanjut pilih BPJSTKU.tenaga kerja
  • Di sini, kita akan buat akun dan silakan login. Setelah login kita bisa cari tahu deh atau cek saldo kita.

2. Melalui Aplikasi BPJSTKU Mobile

Untuk lebih mempermudah lagi, maka pihak penyedia jaminan melakukan reformasi kemudahan. Yaitu dengan meluncurkan aplikasi mobile untuk kebutuhan BPJS yang kita miliki. Hadirnya aplikasi ini tentu membawa angin segar, bagi mereka yang ingin tahu jumlah saldo tanpa ke kantor. Langsung aja nih, ikut-in langkah – langkah berikut ini.

  • Pertama, kita harus instal terlebih dahulu aplikasi BPJSTKU Mobile di Playstore atau App store.
  • Lakukan pendaftaran apabila belum ada akun atau pun login dengan email gmail kita.
  • Setelah pendaftaran dengan email, akan ada kode yang dikirim ke email kita sebagai verifikasi.
  • Masukan kode verifikasi ke dalam aplikasi.
  • Buat pin dan masukan kembali pin tersebut sebagai password login.
  • Setelah itu, masukan nama, tanggal lahir, no ktp, no kpj, dan nomor handphone.
  • Akan ada kode verifikasi yang masuk di sms, masukan kode verifikasi tersebut.
  • Selesai, anda sudah bisa masuk untuk cek saldo.

Baca Juga : Syarat Membuat NPWP Karyawan Yang Wajib Anda Ketahui!.

3. Cara Mengecek Saldo Jamsostek Lewat SMS

Selain beberapa cara di atas, ada cara termudah yang bisa kita gunakan yaitu melalui sms. Apabila kita sedang gak punya kuota internet tapi punya pulsa, maka cara ini solusinya. Untuk pengoperasiannya, sebetulnya terbilang mudah. Kita hanya perlu daftar dan cek saldo BPJS dan selesai kita pun bisa mengetahui jumlah saldo. Langsung saja berikut ini langkah – langkahnya.

  • Langkah pertama, daftarkan diri melalui sms dengan format sebagai berikut DAFTAR <spasi> SALDO#Nomor KTP#Tanggal Lahir (DD-MM-YYYY)#No Peserta kirim ke 2725.layanan sms bpjs ketenagakerjaan
  • Setelah terdaftar, selanjutnya cek saldo yang ada dengan format berikut SALDO #Nomor Peserta kirim ke 2725.

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengetahui saldo yang kita miliki. Ada banyak fungsi dengan kita mengetahui saldo BPJS tersebut. Mulai dari mengetahui seberapa banyak jumlah saldo yang ada, memprediksi apakah cukup untuk jaminan nantinya dan lainnya.

Apabila kita enggan menggunakan berbagai cara di atas sebetulnya ada satu lagi. Cara mengecek saldo jamsostek atau BPJS bisa juga dilakukan melalui kantor BPJS terdekat. Dengan begitu, kita juga bisa menanyakan sesuatu yang belum banyak kita pahami.

Menurut anda sebagai peserta BPJS, cara – cara di atas cukup membantu anda tidak?. Pelayanan di atas diadakan, supaya pelayanan dapat dilakukan dengan cepat tanpa perlu ke kantor BPJS secara langsung. Sekianlah ulasan di atas semoga bisa membantu anda semua.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *