Apa Itu NFC, Cara Menggunakan NFC Beserta Penjelasannya Lengkap

Apa Itu NFC, Cara Menggunakan NFC Beserta Penjelasannya Lengkap – Jika kalian pernah berkunjung ke situs ini sebelumnya dan melihat beberapa spesifikasi smartphone terbaru, pasti kalian pernah melihat tulisan “NFC”. Apabila saya tanya satu persatu mungkin masih banyak yang belum tahu apa sih NFC ini, kira kira bagaimana cara menggunakannya serta kelebihan apa yang bakal kita peroleh dari fitur ini.

Perlu kita ketahui memang NFC sendiri tidak semua smartphone memiliki fitur tersebut, hanya beberapa smarthone yang memiliki fitur yang menurut saya cukup canggih ini. Langsung aja kita akan bahas mengenai apa itu NFC.

Apa Itu NFC?

Jadi NFC sendiri merupakan singkatan dari Near Field Commmunication, ini memiliki manfaat untuk menghubungkan ataupun menyambungkan dua perangkat dengan cara mendekatkan dua perangkat tersebut. Jadi apabila kalian ingin mengirimkan sebuah file entah itu, gambar, foto, dan video, apabila kalian tidak berjarak jauh. Maka cukup dekatkan saja handphone kalian untuk mengirimnya.

Seperti kita ketahui walau saat ini sudah ada aplikasi banyak fitur pengiriman seperti ShareIt dan bluetooth, namun, dengan adanya NFC ini kita bisa lebih terbantu. Maka dari itu dengan adanya NFC ini cukup membantu dalam mengirim file penting kalian. Tidak hanya itu saja, NFC ini juga berperan penting dalam transaksi keuangan loh seperti cek saldo atm dan sebagainya.

Pada umumnya, NFC ini sendiri ada dan tersedia khususnya hp flagship atau hp kelas atas dengan harga yang lumayan mahal. Agar NFC bisa digunakan, tentu saja NFC tersebut harus diaktifkan, lalu bagaimana cara menggunakannya?, berikut di bawah ini silahkan simak mengenai cara mengaktifkan NFC.

Cara Mengaktifkan Dan Menggunakan NFC

Sebelum itu, untuk mengetahui kira kira ponsel anda ada NFC atau tidak. kalian bisa cek pada bagian belakang smartphone kalian. Seperti salah satunya yang mudah untuk mengetahuinya dengan melihat huruf N di balik hp, salah satu contoh yang ada yakni Sony Xperia.

Apabila ada maka itu sudah pasti mendukung NFC, jika masih ragu juga kalian bisa cek lewat situs tentang spesifikasi. Biasanya keterangan NFC pasti ada. Jika tidak tertulis maka secara otomatis hp tersebut tidak mendukung NFC. Berikut terdapat 2 cara mengaktifkannya :

1. Lewat Pengaturan

Untuk cara yang pertama ini kita akan memanfaatkan menu pengaturan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama silahkan masuk ke Setting
  • Jika sudah, silahkan pilih Pengaturan Tambahan atau jika pakai bahasa inggris pilih More Settings
  • Setelah itu silahkan kalian klik Aktifkan NFC

Perlu kalian ketahui juga bahwa di beberapa hp android yang lain NFC berada di pengaturan jaringan. Setiap handphone memiliki pengaturan yang berbeda-beda.

Fungsi & Manfaat NFC

1. Cek Saldo

Di sini saya akan memberikan contohnya dalam transaksi e-money BRI.

  • Pertama silahkan aktifkan NFC terlebih dahulu
  • Setelah itu siapkan kartu e-money BRI dan aplikasi BRI Mobile
  • Dilanjut menempelkan kartu e-money tersebut ke belakang bagian hp
  • Setelah itu akan muncul pop up , kalian pake apa, di sini BRI maka klik BRI
  • Dan akan muncul jumlah saldo sesuai jumlah saldo kalian.

2. Memasangkan 2 Gadget

Selain untuk cek saldo, NFC juga digunakan untuk memasangkan dua gadget, hal ini dilakukan untul bertukar dat, seperti fungsi bluetooth dan Share ut. Tak hanya antar ponsel, tetapi juga dengan perangkat lain, contohnya antara ponsel dengan printer, ponsel dengan kamera, dan perangkat lain yang support NFC.

Yang perlu diingat, NFC bukanlah alat untuk transfer data, tetapi merupakan protokol untuk menyambungkan dua peangkat. Sementara untukproses pemindahan datanya dilakukan dengan bluetooth atau wifi.

Baca Juga :

3. Melakukan Pembayaran

Fungsi NFC lainnya adalah sebagai metode pembayaran. Anda bisa menyimpan informasi kartu kredit dalam aplikasi seperti Samsung Pay atau Paypal, dan tinggal mendekatkan ponsel ke dekat NFC saar melakukan pembayaran. Kelebihan dari penggunaan NFC untuk pembayaran yakni kalian bisa melakukan pembayaran tanpa harus mengeluarkan kartu fisik.

Apakah aman?, sudah pasti aman kok. Ini dikarenakan pengguna yang ingin melakukan pembayaran harus membuka aplikasi payment seperti Samsung Pay terlebih dahulu. Jika anda sudah menggunakan NFC, tetapi anda tidak membuka aplikasinya, transaksi tetap tidak bisa berjalan.

Selain itu, untuk bisa menggunakan NFC, anda harus berada dalam jarak yang sangat dekat dengan NFC, minimal 4 cm.

4. Kirim File

Seperti yang sudah saya  jelaskan di atas, salah satu fitur yang bisa dilakukan oleh NFC ini yakni bisa digunakan untuk mengirim file antar 1 gadget dengan gadget lainnya yang support juga dengan NFC. Jadi, untuk menggunakan fitur ini, kedua gadget harus aktif dan memiliki NFC.

5. Memberitahukan Lokasi

Sama seperti fitur Lokasi di handphone, NFC ini juga bisa menginformasikan lokasi saat ini kepada orang lain. Untuk cara kerjanya sendiri anda bisa menggunakan Location Based Service pada NFC untuk memberitahukan lokasi terkini.

Fitur NFC ini merupakan salah satu fitur yang cukup bagus saat ini, melihat perkembangan handphone yang semakin hari semakin bagus. Ada kemungkinan di masa depan, fitur NFC ini akan diperbarui sedemikian rupa sehingga anda tidak perlu lagu menggunakan NFC. Banyak sekali handphone yang support dengan NFC.

Jadi itulah cara menggunakan NFC untuk setiap keperluan. Semoga bermanfaat untuk anda semua, apabila ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar. Terima kasih, jangan lupa kembali lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *