6 Alasan Kenapa Memory Card Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer

Kayeols

6 Alasan Kenapa Memory Card Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer – Memori handphone atau yang sering disebut dengan Micro SD ini merupakan sebuah tempat penyimpanan eksternal file/dokumen yang dipasang pada handphone, dan peran kartu memori ini sangat penting untuk handphone.

Memang sekarang ini smartphone memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, sehingga 50% dari seluruh pengguna smartphone tidak membutuhkan penyimpanan ekstra. Namun apa jadinya jika handphone mereka adalah handphone yang memiliki penyimpanan kecil?, pastinya mereka membutuhkan kartu memori ini.

Dan biasanya mereka membutuhkan memori untuk menyimpan file seperti musik, video, foto, dan sebagainya. Namun bagaimana jika suatu saat kartu memori mereka rusak sedangkan mereka sangat membutuhkan file di dalamnya?. Jadi, sebelum itu terjadi, kita harus mengetahui tanda-tanda kerusakannya.

Untuk mencegahnya, sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa membantu anda mengetahui kapan dan apa saja penyebab mengapa kartu memori anda tidak terdeteksi di handphone maupun di laptop/komputer. Langsung saja berikut adalah faktor-faktor penyebab rusaknya kartu memori.

Alasan Kenapa Memory Card Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer

1. Fisik Memori Yang Rusak (Retak, Patah, & Kerusakan Fisik Lainnya)

Faktor pertama adalah karena kerusakan fisik, dan ini merupakan hal utama yang dilalaikan oleh pengguna handphone yang memasang kartu memori pada handphone mereka. Tahukah anda bahwa kerusakan seperti retak bahkan sekecil apapun bisa mengakibatkan kerusakan permanaen pada kartu memori.

Baca Juga:  Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Beserta File Obb di Android

Selain retak, kerusakan pada kuningan memori juga akan mengakibatkan kerusakan permanen. Cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali akibat kerusakan fisik ini sangat sulit sekali ya teman-teman. Mungkin anda bisa membawanya ke konter servis handphone terdekat.

2. Terdapat Virus Dalam Memori

virus in memory card

Untuk solusi yang satu ini sangat mudah penyelesaiannya, yakni anda harus menghapus virus yang ada dalam memori tersebut. Namun masalahnya disini adalah memori anda yang tidak bisa terdeteksi di handphone maupun komputer, jadi anda bisa mencobanya di handphone lain kemudian instal antivirus dan kemudian hapus virus dalam memori tersebut.

3. Terdapat File Yang Rusak

Faktor kenapa memory card tidak terbaca di hp dan komputer selanjutnya yakni karena ada file yang rusak. File yang rusak seperti foto atau video yang tidak bisa dibuka bisa mengakibatkan memori tersebut error. Ada baiknya sebelum memori handphone anda rusak, hapus file tersebut dan cobalah untuk memindahkan file tersebut ke komputer.

Baca Juga:  7 Cara Mempercepat Google Chrome Di Semua Windows & Android

Karena biasanya ada file yang tidak bisa dibuka di handphone, namun masih bisa dibuka di laptop/komputer. Jadi solusinya adalah anda harus sesegera mungkin memindahkan file tersebut ke komputer sebelum memori tersebut benar-benar tidak terdeteksi di handphone maupun komputer.

4. Card Reader Penghubung Ke Komputer Rusak

card reader

Selain karena faktor kartu memori yang rusak, faktor eksternal bisa menjadi penyebab mengapa kartu memori tidak terdeteksi di komputer, salah satunya yakni card reader penghubung yang rusak. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan card reader baru, atau anda bisa menghubungkan hp yang sudah terpasang kartu memori menggunakan kabel data.

Baca Juga :

5. Slot Memori Handphone Rusak

Jika pada poin nomor 4 kartu memori tidak bisa terdeteksi di komputer karena card reader yang rusak, sekarang kartu memori juga tidak bisa terdeteksi dikarenakan slot memori handphone android anda rusak. Jadi, jangan selalu menyalahkan kerusakan pada kartu memori.

Baca Juga:  Cara Menggunakan WiFi Master Key Pada Smartphone

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mencoba memasang kartu memori tersebut ke handphone lain. Jika anda enggan menggunakan handphone bekas, cobalah handphone baru milik teman atau keluarga anda yang tentunya belum memiliki kerusakan. Jika masih belum bisa, anda bisa membawanya ke konter servis handphone terdekat.

6. Terlalu Sering Mencabut Dan Memasang Memori Dari Satu HP Ke HP Lainnya

mencabut micro sd

Nah, inilah faktor terakhir yang paling banyak disalah gunakan. Banyak dari pemilik kartu memori selalu mencabut kartu memori mereka, kemudian memasangnya pada handphone lain. Setelah selesai, mereka mencoba mencabut kartu memori tersebut dan memasangnya pada handphone pertama.

Jadi, kegiatan mencabut dan memasang kembali kartu memori ini bisa mengakibatkan kerusakan fisik memori seperti retak, patah, tergores, dan masih banyak hal beresiko lainnya. Jadi, ingat satu hal, jika tidak terlalu penting, cobalah untuk tidak mencabut kartu memori. Jika penting sekali, anda bisa mengirim file menggunakan share it baik di hp maupun di komputer, karena sekarang share it sudah ada versi dekstopnya.

Itulah beberapa alasan kenapa memory card tidak terbaca di hp dan komputer yang menurut saya masuk akal. Jika anda memiliki pendapat/saran yang berbeda dengan saya, anda bisa menambahkannya pada kolom komentar. Memang kebanyakan faktor kerusakan suatu benda karena penggunaan manusianya.

Jadi, kita sebagai pengguna harus menjaga baik-baik barang tersebut, apalagi kartu memori yang sangat rentan kerusakannya. Oke, sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa kembali lagi.

 

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

5 pemikiran pada “6 Alasan Kenapa Memory Card Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer”

  1. memoryku rusak karena yang ke 6. 🙁
    kalo dilihat2 sih masih bagus2 aja. kuningannya juga masih mulus. trus masalahnya di mana ya?

  2. Baru beli memori card tp tidak kebaca, di pindahin ke hp yg satunya mlh kebaca.
    Solusinya apa ya?

  3. Great post! I was wondering what was wrong with my memory card not being recognized by my laptop, and this blog really helped me understand the issue. The part about corrupt file system really made sense to me and I’ll make sure to format my card properly from now on.

  4. Thank you for sharing your expertise! I’ve had the same issue with my memory card not being recognized by my laptop and this article really helped me to understand the problem. The solution you mentioned about using a card reader worked like a charm for me. Keep up the good work!

Tinggalkan komentar