5 Penyebab Baterai HP Melembung Pada Android Yang Harus Anda Tahu!

5 Penyebab Baterai HP Melembung Pada Android Yang Harus Anda Tahu! – Kondisi handphone yang normal entah fisik, daya tahan atau lainnya memang sulit dipertahankan. Pemakaian secara terus – menerus setiap harinya, sering kali mengubah kondisi handphone dari segala perubahan.

Salah satu yang sering terjadi adalah pada penyimpanan daya yaitu baterai. Yang mana, baterai mengalami perubahan fisik yaitu melembung karena pemakaian yang tidak baik. Lalu, apa penyebab baterai hp melembung lainnya yang bisa mencegah anda mengalami kejadian seperti ini.

Baterai yang melembung berarti menandakan kalau baterai sudah mengalami gangguan di dalamnya entah adanya gas atau hal lainnya. Dari kejadian ini juga akan mempengaruhi hal lainnya, seperti tidak bisa tertutup pada bagian belakang hp.

Kondisi baterai yang sudah seperti ini biasanya kualitas yang dimiliki sudah sangat menurun hal ini ditandakan dengan daya yang cepat habis alias drop. Kalau sudah begini, tidak hanya baterai yang rusak namun handphone yang anda miliki juga bisa mengalami kerusakan.

Penyebab Baterai HP Melembung

Karena ketika baterai handphone sudah mulai melembung tentu dampak buruk akan timbul dari baterai yang cepat habis atau timbulnya kerusakan pada hp. Kejadian ini tentu tidak mau di alami pada perangkat handphone yang kita sayangi-kan, maka.

Anda harus mengetahui berbagai asal usul mengapa baterai bisa berubah menjadi melembung yaitu penyebab. Apabila anda tidak mengetahui penyebabnya, pas sekali berikut ini beberapa penyebab mengapa baterai handphone anda melembung.

1. Usia Baterai Yang Sudah Tua

Usia menjadi pengaruh yang paling mendasar, selain usia manusia usia baterai juga bisa mempengaruhi kualitas dari si baterai sendiri. Semakin tua, maka bahan yang ada di dalamnya sangat mudah mengalami perubahan atau kerusakan.

Akibatnya, bisa saja sewaktu – waktu bahan – bahan di dalamnya bukannya menyimpan daya listrik malah menghasilkan gas. Pada akhirnya membuat baterai menjadi melembung karena adanya gas yang membuat lapisan pada baterai tidak dapat menahan keberadaan gas yang berlebihan.

2. Charging Yang Berlebihan

cas hp berlebihan

Apakah anda menjadi salah seorang yang sering mengisi daya baterai dibiarkan berlarut – larut atau pengisian daya yang berlebihan. Jika iya, maka wajar kalau baterai handphone yang anda miliki menjadi melembung akibat kejadian tersebut.

Kemungkinan besar, sel – sel di dalam baterai tidak mampu menerima daya listrik yang terlalu berlebihan. Sehingga memaksa lapisan baterai melembung supaya daya bisa terisi dengan baik di dalam baterai, bila terus terjadi baterai bisa saja meledak.

Baca Juga : 5 Penyebab Baterai Handphone Cepat Habis & Cara Mengatasinya.

3. Terlambat Mengisi Daya

Penggunaan handphone yang terlalu lama, hingga anda tidak memperhatikan daya yang ada bisa juga mempengaruhi kualitas baterai. Ketika anda menggunakan handphone hingga daya tersisa 5% dan tidak dilakukan pengisian daya maka tak khayal baterai anda cepat rusak.

Kerusakan ini bisa saja berupa fisik maupun kualitas dari baterai itu sendiri. Kalau segi fisik, baterai akan berubah menjadi bantal alias melembung. Sedangkan segi kualitas, baterai akan menurun bahkan akan cepat habis alias sering drop.

4. Penyebab Baterai HP Melembung – Penggunaan Saat Charging

ngecas hp sambil digunakan

Pemakaian handphone memang memiliki pengaruh besar terhadap perubahan dari handphone itu sendiri. Apalagi pada saat dilakukan charge anda malah menggunakan untuk berbagai kegiatan seperti bermain game hingga berlarut – larut.

Apabila aktivitas ini terus dilakukan, maka pengisian daya tentu akan mengalami berbagai gangguan dari mulai daya tidak segera penuh atau lainnya. Bahkan bila terlalu sering bisa saja membuat baterai berubah menjadi melembung seperti bantal.

5. Penggunaan Charger/Cas Yang Salah

Saat melakukan pembelian terhadap handphone pasti sudah disertakan dengan berbagai alat tambahan seperti charge. Penggunaan charge ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan dari handphone tersebut dan bisa menjaga keawetan-nya.

Namun, apabila anda menggunakan charge yang tidak sesuai atau tidak direkomendasikan seperti tegangan yang terlalu tinggi. Maka, dampak yang diberikan bisa berupa kerusakan pada baterai entah menjadi cepat habis atau bahkan melembung seperti bantal.

Nah, itulah beberapa penyebab baterai hp melembung yang sebagian besar dipengaruhi oleh berbagai aktivitas buruk terhadap hp itu sendiri. Apabila tidak dilakukan perawatan yang baik pada handphone maka akan memperburuk keadaan.

Jadi, apabila anda tidak menginginkan hal ini terjadi pada handphone anda maka anda bisa mencegahnya dengan menghindari kejadian tersebut. Sekianlah ulasan yang bisa kami berikan semoga bisa menambah wawasan anda semua.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *